Home Keuangan Yuk Hitung Bunga Pegadaian Emas Per Tahun

Yuk Hitung Bunga Pegadaian Emas Per Tahun

5 min read
0
0

Berminat gadai emas di Pegadaian tapi ragu mengenai jumlah bunga pegadaian emas per tahun? Hal tersebut memanglah cukup wajar terjadi ketika Anda pertama kali mencoba jasa Pegadaian. Bunga yang ditetapkan oleh pegadaian sudah pasti berbeda dengan pihak bank mengingat Pegadaian adalah lembaga keuangan non bank milik pemerintah.

Pegadaian memang dibuat untuk membantu masyarakat dalam memberikan bantuan pinjaman uang melalui jasa gadai sehingga jelas memiliki perbedaan mengenai perhitungan bunga. Untuk mengetahui secara rinci mengenai tarif bunga gadai emas di Pegadaian, maka Anda bisa melihatnya pada artikel ini.

Bunga Gadai Emas Di Pegadaian

Hal paling awal untuk Anda ketahui adalah setiap jenis layanan Pegadaian menerapkan jenis aturan berbeda, termasuk juga tentang harga sewa modal. Untuk kredit emas di Pegadaian, Anda akan bisa menemukan layanan khusus yang bernama KRASIDA.

Advertisements

KRASIDA memiliki kepanjangan Kredit Gadai Sistem Angsuran. Ini adalah kredit angsuran model bulanan diberikan UMKM bagi pengembangan usaha melalui sistem gadai. KRESIDA hanyalah menerima bentuk jaminan berupa perhiasan emas dan kendaraan bermotor saja. Baca Segini Harga Gadai Laptop HP Di Pegadaian

Keuntungan ikut program KRESIDA Pegadaian

Sebelum masuk membahas tentang bunga pegadaian emas per tahun, izin kan  kami terlebih dahulu memberikan keterangan info mengenai keuntungan ikut KRESIDA. Beberapa keuntungan yang Anda dapat dari KRESIDA antara lain adalah:

Yuk Hitung Bunga Pegadaian Emas Per Tahun

Advertisements
  • Taksiran nilai pinjaman yang cukup tinggi. Anda akan mendapatkan nilai taksiran pinjaman hingga mencapai 95% dari jaminan emas yang dimiliki.
  • Pengajuan pinjaman yang cukup besar, yaitu antara 1.000.000 hingga maksimal 250.000.000.
  • Jangka waktu yang cukup variatif dan lama. Beberapa pilihan jangka waktu yang Anda dapat antara 6 ulan, 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.
  • Nilai bunga yang relatif rendah dengan besar cicilan tetap setiap bulannya.

Tarif Sewa Modal Atau Bunga Pegadaian Emas Per Tahun

Untuk nilai atau tarif bunga yang dibebankan akan bergantung dari lamanya waktu pinjaman. Aturan yang ditetapkan antara lain adalah:

  • Tarif bunga dengan pinjaman gadai jangka waktu 6-12 bulan adalah sebesar 1.25% x UP.
  • Tarif bunga dengan pinjaman gadai jangka waktu 13-24 bulan adalah 1.30% x UP.
  • Tarif bunga dengan pinjaman gadai jangka waktu 25-36 bulan sebesar 1.40% x UP.

Itu adalah tarif sewa modal atau bunga yang dibebankan untuk 1 bulan. Bagi Anda yang ingin tahu tentang bunga pegadaian emas per tahun, maka tinggal mengalikannya dengan 12 saja. Dengan info di atas, Anda tentu bisa paham jika perbedaan mampu terjadi mengenai nilai bunga antar nasabah.

Hal tersebut dimungkinkan karena perbedaan jangka waktu peminjaman gadai. Agar lebih jelas, kami akan memberikan penjelasan berupa contoh perhitungannya.

Contoh Perhitungan Bunga Gadai Emas

Kasus: Anda gadai emas senilai 30 gram selama 1 tahun di Pegadaian. Emas ditaksir dengan nilai 30 juta. Berapa nilai bunga emas yang Anda dapat? Baca Bisakah Gadai Laptop Di Pegadaian Tanpa Kwitansi Pembelian

Pembahasan:

KRESIDA adalah layanan gadai yang dimiliki PT Pegadaian dengan sistem angsur. Akan tetapi nasabah juga diberikan kebebasan untuk melunasi kredit kapan saja selama jangka pinjaman. Nilai bunga yang didapat adalah 1, 25 x 30.000.000 (besarnya uang pinjaman), yaitu 375.000. Itulah beban bunga yang harus Anda tanggung.

Ketika Anda belum paham, maka akan lebih baik jika langsung pergi ke kantor Pegadaian dan bertanya dengan petugas tentang nilai bunga gadai emas. Bisa saja bunga pegadaian emas per tahun mengalami update atau pembaharuan.

Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan