Home Keuangan Wajib Tahu Apakah Bisa Jika Pinjaman Karyawan Jaminan ATM Gaji

Wajib Tahu Apakah Bisa Jika Pinjaman Karyawan Jaminan ATM Gaji

7 min read
0
0
Wajib Tahu Apakah Bisa Jika Pinjaman Karyawan Jaminan ATM Gaji

Pinjaman Karyawan Jaminan ATM Gaji – Ada berbagai barang yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman uang. Salah satunya adalah ATM Gaji. ATM Gaji adalah ATM yang digunakan karyawan untuk menerima gaji per bulannya. Dimanakah kira-kira karyawan bisa menggunakan ATM Gaji sebagai jaminan pinjaman?

Lembaga keuangan yang menerima jaminan ATM Gaji untuk mencairkan pinjaman adalah koperasi. Saat ini, tidak ada bank manapun yang menerima ATM gaji sebagai jaminan. Jadi, jika ingin memperoleh pinjaman dengan jaminan ATM gaji, bisa diajukan di koperasi di lingkungan Anda. Hampir semua koperasi menerima jaminan ATM gaji untuk mencairkan pinjaman.

Syarat-syarat Mengajukan Pinjaman Jaminan ATM Gaji di Koperasi

Berikut adalah syarat-syarat yang biasa dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman uang dengan jaminan ATM Gaji di koperasi :

Advertisements
  1. Kartu ATM Gaji dan buku tabungan
  2. Fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir
  3. Fotokopi KTP pemohon dan pasangan
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi akta nikah
  6. Materai
  7. Pas foto

Proses Pengajuan Pinjaman Jaminan ATM Gaji di Koperasi

Pengajuan pinjaman jaminan ATM Gaji di koperasi tergolong mudah dan cepat apabila dibandingkan dengan pinjaman di bank. Berikut langkah-langkahnya : Baca Mudah Kok Gadai SK Karyawan Tetap di BCA , Ini Dia Persyaratannya

  1. Persiapkan syarat dokumen yang diperlukan
  2. Datangi koperasi di lingkungan Anda
  3. Ajukan pinjaman untuk karyawan dengan jaminan ATM Gaji
  4. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman dengan jaminan ATM Gaji
  5. Petugas akan memproses pinjaman Anda
  6. Beberapa koperasi bisa langsung mencairkan dana pinjaman pada hari pengajuan

Fitur Pinjaman dengan Jaminan ATM Gaji di Koperasi

Dengan jaminan ATM Gaji, jumlah pinjaman yang diperoleh biasanya berkisar antara Rp 1 juta – Rp 10 juta. Namun hal tersebut tentu bervariasi adanya di tiap koperasi. Jangka waktu pengembalian yang ditawarkan adalah mencapai 6 bulan. Jenis pinjaman yang diberikan koperasi ini adalah pinjaman jangka pendek. Kelebihan

Biaya yang Dikenakan dalam Pinjaman dengan Jaminan ATM Gaji di Koperasi

Biasanya ada beberapa biaya yang dikenakan pada pinjaman. Di koperasi, biaya yang dikenakan pada pinjaman bisa berupa bunga dan biaya administrasi. Biasanya besar bunga yang dikenakan oleh koperasi adalah 7% per tahun. Besar bunga yang dikenakan tiap koperasi tentu berbeda-beda.

Advertisements

Ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu bunga yang dikenakan sebelum mengajukan pinjaman di koperasi. Besar biaya administrasi yang dikenakan oleh koperasi juga berbeda-beda, namun biasanya besar biaya administrasi adalah 2% dari jumlah pinjaman. Baca 7 Situs Penyedia Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat

Kelebihan Pinjaman di Koperasi

Berikut kelebihan yang dapat dirasakan saat meminjam uang di koperasi :

  1. Syarat pengajuan pinjaman lebih sederhana dibanding di bank

Bank dikenal dengan syarat pinjamannya yang cukup lengkap sehingga beberapa orang kemungkinan tidak dapat memenuhi syarat tersebut.

  1. Bunga pinjaman di koperasi umumnya adalah 7% per tahun

Pada tahun 2017, Kementrian Koperasi dan UKM telah menurunkan suku bunga bank dari 9% menjadi 7% per tahunnya. Jumlah tersebut tentu tergolong kecil. Sebab biasanya bank mengenakan suku bunga lebih dari 10% per tahun untuk pinjamannya.

  1. Proses pencairan dana yang relatif cepat

Biasanya pencairan dana pinjaman di bank membutuhkan waktu 7 – 14 hari. Dengan kurun waktu itu, pinjaman bank menjadi kurang cocok bagi orang-orang yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Hal itu yang menjadi kelebihan dari koperasi. Pinjamannya dapat cair dalam waktu sehari jika pengajuan pinjaman telah memenuhi ketentuan yang ada.

  1. Kemungkinan dapat diajukan oleh kalangan masyarakat yang lebih luas

Pinjaman bank hanya dapat diakses oleh golongan tertentu saja. Itu karena bank menerapkan ketentuan gaji minimal serta dokumen tertentu. Sementara pinjaman di koperasi tergolong mudah diakses oleh berbagai kalangan masyarakat.

Kekurangan Pinjaman di Koperasi

  1. Fitur pinjaman terbatas apabila dibandingkan dengan bank

Dibanding pinjaman di bank yang bisa mencairkan pinjaman hingga ratusan juta, jumlah uang yang dapat dipinjam di koperasi tergolong kecil. Baca Pinjaman Karyawan Jaminan Jamsostek Dimana Saya Harus Mengajukan?

  1. Beberapa penipuan dilakukan atas nama koperasi

Meminjam di koperasi mesti hati-hati. Cek selalu kredibilitas serta badan hukum koperasi sebelum mengajukan pinjaman, karena ada beberapa penipuan berkedok koperasi.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan