Update Syarat Gadai AJB di Bank CIMB Niaga

Diposting pada
Advertisements

Gadai AJB yang merupakan singkatan dari akta jual beli merupakan salah satu jenis surat berharga yang bisa dijadikan jaminan ketika hendak meminjam dana dari bank. Akta jual beli ini dapat berupa tanah maupun rumah serta properti lain yang berharga dan memiliki nilai investasi.

Syarat Menjadi Debitur Bank CIMB Niaga

Nasabah atau seseorang yang hendak meminjam sejumlah dana dari bank dapat disebut sebagai debitur dan pihak bank kemudian disebut sebagai kreditur. Bank CIMB Niaga merupakan bagian dari bank raksasa di Indonesia dengan berbagai layanan dan prestasi yang telah dimiliki.

Advertisements

Lebih dari setengah abad bank ini berdiri dan melayani pelanggan di Indonesia sehingga membuatnya semakin memiliki banyak kepercayaan dari nasabah.

Bank CIMB Niaga menjadi salah satu bank kuat yang mampu melewati masa krisis moneter yang mengganggu perekonomian Indonesia saat itu. Bagi Anda yang membutuhkan aliran dana segera dengan prosedur yang murah, Bank CIMB Niaga merupakan salah satu pilihan yang tepat. Prosedur dan syarat yang mudah bisa membuat Anda mendapatkan aliran dana segar dengan segera.

  • Nasabah perorangan berusia min 21 tahun.
  • WNI yang berdomisili di Indonesia atau WNA yang memiliki izin menetap di Indonesia.
  • Jaminan milik debitur, pasangan nikah atau anak.
  • Hasil cek di Sistem Informasi Debitur adalah positif.

Sebelum datang ke kantor cabang CIMB Niaga yang telah tersebar di seluruh Indonesia, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa Anda lolos syarat yang diajukan oleh bank. Beberapa syarat gadai AJB di Bank CIMB Niaga adalah berstatus sebagai warga negara Indonesia atau dapat pula warga negara asing yang memiliki surat izin menetap dari pemerintah setempat.

Selain itu Anda juga minimal berusia dua puluh satu tahun ketika mengajukan pinjaman dana ke bank, serta memiliki pekerjaan tetap dengan gaji minimal sebesar tiga juta rupiah per bulannya.

Perhatikan Akta Jual Beli yang Hendak Anda Gadaikan Kepada Bank

Akta jual beli merupakan suatu surat pernyataan serah terima atau dapat disebut pula dengan surat tanda jual beli atas suatu tanah, rumah, maupun properti lainnya. Kekuatan akta jual beli memang belum sebanding dengan sertifikat, namun dapat Anda gunakan sebagai jaminan ketika hendak mengajukan pinjaman ke bank.

Update Syarat Gadai AJB di Bank CIMB Niaga

Karena kedudukannya yang tak sekuat sertifikat, maka Anda harus memperhatikan syarat gadai AJB di Bank CIMB Niaga sebab tidak semua bank menerima akta jual beli sebagai jaminan. Beberapa persyaratan yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menggadaikan akta jual beli tanah, rumah maupun properti lainnya yaitu.

  • Akta Jual Beli Harus Dibuat Oleh Notaris

Kekuatan akta jual beli baik itu tanah, rumah, maupun properti lain tidak sejajar dengan sertifikat. Sertifikat kepemilikan terhadap suatu bidang tanah, rumah, maupun yang lain biasanya menjadi jaminan yang diterima hampir oleh semua bank.

Selain sertifikat kepemilikan, terdapat juga sertifikat bangunan, serta jenis investasi lain yang diakui oleh hukum di negara Indonesia ini. Namun jangan risau jika Anda ingin menjadikan akta jual beli sebagai jaminan, Anda tinggal memastikan bahwa akta yang Anda miliki dibuat oleh notaris yang diakui oleh negara.

  • Keaslian Dokumen Saat Anda Mengajukan Peminjaman Dana

Hal ini sangat penting karena sangat erat kaitannya dengan kelanjutan pembayaran hutan piutang antara Anda dengan pihak bank. Apabila dikemudian hari Anda tidak lagi mampu untuk membayar hutang.

Maka pihak bank berhak langsung melakukan eksekusi atau penyitaan terhadap aset yang tercantum pada akta jual beli yang telah Anda gadaikan. Namun jika syarat gadai AJB di CIMB Niaga ini tak terpenuhi, maka Anda lebih baik mencari aset lain yang dapat dijadikan sebagai jaminan

Tinggalkan Balasan