Home Keuangan UPDATE Saat Ini Bisa Gak Ya Gadai SK PNS di Pegadaian?

UPDATE Saat Ini Bisa Gak Ya Gadai SK PNS di Pegadaian?

7 min read
0
0
UPDATE Saat Ini Bisa Gak Ya Gadai SK PNS di Pegadaian?

SK PNS atau Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil adalah surat yang dapat membuktikan apakah individu itu benar-benar seorang PNS. SK PNS dikenal manfaatnya salah satunya sebagai jaminan saat meminjam uang di bank. Namun, bagaimana dengan lembaga keuangan pegadaian. Apakah SK PNS ini dapat dijadikan jaminan di Pegadaian?

Dilansir dari situs resminya, ternyata SK PNS tidak dapat dijadikan sebagai jaminan di pegadaian. Barang yang dapat digadaikan adalah perhiasan, barang elektronik dan kendaraan bermotor.

Sementara, untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) yang menjadi jaminan adalah dokumen kepemilikan kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotokopi STNK serta faktur pembelian.

Advertisements

Kenali Produk pinjaman pegadaian ??

Berikut adalah jenis-jenis produk dengan jaminan perhiasan maupun barang elektronik yang ditawarkan oleh pegadaian :

  1. Kredit Cepat dan Aman (KCA)

KCA adalah pinjaman yang ditujukan untuk keperluan konsumtif maupun produktif seperti pengembangan usaha. Sepertin namanya, proses kredit ini cepat dan aman. Nasabah cukup membawa agunan seperti perhiasan, kendaraan bermotor maupun barang elektronik. Baca Gadai Jamsostek di Pegadaian, Saat Ini Bisa Gak

Plafon pinjaman KCA berkisar antara Rp.50.000 – Rp.500.000 atau bahkan lebih, tergantung dari nilai barang agunan. Pengembalian pinjaman mencapai 4 bulan dan bisa diperpanjang dengan membayar sewa modal. Untuk mendapat kredit ini, nasabah tidak perlu memiliki rekening bank apapun.

  1. Kreasi

Kreasi adalah kredit yang ditujukan pada Usaha Kecil dan Menengah  (UKM) untuk pengembangan usahanya. Jaminan kredit ini adalah BPKB kendaraan bermotor, sehingga saat meminjam Kreasi, kendaraan bermotor masih bisa digunakan untuk proses usaha.

Pinjaman yang diberikan Kreasi mulai dari Rp.1.000.000 – Rp.200.000.000. Pengembalian pinjaman bisa dalam jangka waktu 12 – 36 bulan. Kreasi ini sangat cocok untuk UKM karena proses pencairan dananya hanya dalam waktu 3 hari saja.

  1. Krasida (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Krasida adalah kredit dengan jaminan berupa emas. Krasida dapat digunakan untuk tujuan kebutuhan konsumtif atau keperluan produktif. Dana yang diberikan adalah senilai 95% dari nilai emas yang diagunkan. Sementara itu masa pengembalian yang disediakan adalah 6, 12, 24 dan 36 bulan.

Advertisements
  1. AMANAH

AMANAH adalah Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang tidak menerapkan sistem bunga. Uang muka yang harus dibayarkan adalah 20%. Karena menerapkan sistem bunga, maka biaya yang dibayarkan adalah biaya pemeliharaan atau biaya mu’nah. Biaya mu’nah harus dibayarkan oleh nasabah tiap bulannya. Besar biaya mu’nah adalah 0,9% dari harga kendaraan. Baca Lihat Tabel Kredit Motor di Pegadaian dan Angsuran

  1. Konsinyasi Emas

Konsinyasi emas adalah layanan penitipan dan penjualan emas batangan di pegadaian. Konsinyasi emas merupakan salah satu bentuk investasi. Pegadaian akan mengelola emas batangan milik nasabah. Dengan sistem syariah, akan dilakukan bagi hasil ketika emas batangan berhasil dijualkan oleh pegadaian.

  1. Multi Pembayaran Online

Multi Pembayaran Online adalah layanan untuk pembayaran tagihan bulanan rumah tangga seperti listrik, air, telepon hingga pembelian tiket kereta api. Seperti namanya, pembayaran ini dilakukan secara online. Layanan ini tidak mengharuskan nasabahnya untuk memiliki rekening tabungan.

  1. MULIA

MULIA adalah layanan pembelian emas batangan di Pegadaian dengan pembayaran tunai maupun angsuran. Pembelian emas juga dapat dilakukan secara kolektif atau bahkan arisan. Dengan MULIA, nasabah dimudahkan untuk berinvestasi emas, karena dapat diangsur dari 3 – 36 bulan.

Lalu, ketika angsuran selesai, emas batangan dapat dibawa oleh nasabah. Uang muka MULIA adalah 10 – 20% dari nilai emas batangan.

  1. Tabungan Emas

Tabungan Emas adalah layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan. Jadi, nasabah melakukan pembelian emas dengan menyetorkan sejumlah uang. Satuan pada tabungan adalah dalam bentuk gram emas, bukan nominal rupiah. Baca Gadai SK Pegawai Swasta di Bank Apa Bisa

Semisal, Anda ingin menabung emas sejumlah 1 gram dan pada hari itu harga emas adalah 6000 per 0,01 gram. Maka, Anda harus menyetor uang senilai Rp.600.000. Emas di tabungan dapat diambil dengan membayar biaya percetakan.

  1. ARRUM Haji

ARRUM Haji merupakan layanan untuk nasabah yang ingin pergi haji dengan pembiayaan dari Pegadaian. Jaminan layanan ini adalah emas. Dengan jaminan emas minimal 7 juta rupiah beserta buku tabungan dan bukti SA BPIH SPPH, nasabah bisa mendapat uang 25 juta rupiah dalam bentuk tabungan haji.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan