Home Keuangan Syarat Pengajuan KPR Komersial 2018 (Pengalaman Kami)

Syarat Pengajuan KPR Komersial 2018 (Pengalaman Kami)

5 min read
0
0
Syarat Pengajuan KPR Komersial (Pengalaman Kami)

Pengajuan KPR Komersial – Segera miliki rumah idaman agar keluarga kecil yang Anda bina bisa hidup dengan aman dan nyaman.

Untuk membeli rumah secara tunai memang agak berat bagi sebagian orang. Tetapi tenang saja, Anda dapat tetap membeli rumah dengan cara kredit.

Anda dapat melakukan pengajuan KPR atau kredit kepemilikan rumah. Mengapa kredit KPR ini sangat penting bagi Anda? Anda tentunya mau untuk memiliki rumah sendiri bukan? Oleh karena itu belilah rumah atas kepemilikan pribadi.

Advertisements

Jika tidak dengan cara tunai maka Anda dapat memilih melalui kredit kepemilikan rumah. Untuk melakukan kredit kepemilikan rumah tentunya tidak sembarangan ya, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Apa saja syarat-syarat mengajukan KPR secara komersial? akan dibahas di uraian berikutnya.

Miliki Rumah Idaman dengan Pengajuan KPR, Apa Saja Syarat-Syaratnya?

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk memiliki rumah pribadi, maka Anda harus tahu terlebih dahulu persyaratan untuk pengajuan KPR atau kredit kepemilikan rumah. Baca Belum Menikah Apakah Bisa Mengajukan KPR

Berikut ini akan dijelaSKan mengenai apa saja yang harus Anda persiapkan untuk dapat mengajukan KPR.

Setelah Anda menemukan rumah yang Anda inginkan, kemudian ada beberapa tahap atau persyaratan yang harus Anda penuhi sebagai berikut;

  • Anda perlu melengkapi dokumen yang dipersyaratkan

Sebelum mengajukan ke bank maka Anda harus mempersiapkan dokumen pribadi dan dokumen rumah.

Dokumen pribadi seperti KTP dan kartu keluarga, NPWP, Buku nikah, Slip gaji, Surat keterangan bekerja bagi pegawai dan rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir.

Advertisements

Sementara dokumen rumah yaitu salinan sertifikat tanah, salinan surat tanda jadi baik dari developer atau penjual rumah yang menyetujui menjual rumah.

  • Tahap selanjutnya adalah proses appraisal

Setelah lolos dari pengecekan BI dan telah dianggap layak untuk mendapat pinjaman, bank akan melanjutkan proses mengenai pengajuan KPR. Baca Syarat Pengajuan KPR Bersubsidi

Jika Anda membeli rumah melalui pihak developer maka pihak bank biasanya sudah menyetujui harga rumah, jadi tidak perlu menilai kembali harga rumah yang dijadikan jaminan kredit.

Beda halnya dengan membeli rumah bekas atau rumah baru, maka bank akan menilai rumah, sebab developer tidak bekerja sama dengan bank.

Untuk tahap appraisal ini Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa petugas appraisal. Pembayaran untuk petugas tergantung kebijakan dari bank. Sementara jika Anda mengajukan KPR ke bank syariah, maka biaya appraisal gratis.

  • Tahap selanjutnya adalah kalkulasi penawaran bank

Setelah bank menyetujui pencairan pinjaman KPR, maka ada beberapa poin yang wajib untuk Anda perhatikan.

Point-point ini sangat penting mengingat KPR merupakan perjanjian dalam waktu yang tidak singkat (baca:panjang).

Maka penawaran suku bunga harus Anda perhatikan. Suku bunga yang ditawarkan bank biasanya kompetitif misalnya 9% per tahun.

Setelah perjanjian, bunga akan mengikuti bunga pasar. Sedangkan bunga pasar acuannya dari BI rate. Sementara jika BI rate tinggi maka suku bunga KPR juga akan tinggi. Baca Cara Kredit Rumah BTN

Padahal jika BI rate turun suku bunganya, bank belum tentu menurunkan suku bunga kredit. Ini merupakan risiko jika Anda meminjam dana kredit kepemilikan rumah ke bank.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan