Home Keuangan Syarat KPR Rumah Second di Berbagai Bank Terbaru Update 2018

Syarat KPR Rumah Second di Berbagai Bank Terbaru Update 2018

5 min read
0
0
Syarat KPR Rumah Second di Berbagai Bank Terbaru Update

Syarat KPR Rumah Second – Bagi Anda yang ingin membeli rumah, Anda dapat membelinya secara tunai atau dengan kredit.

Memang tidak semua orang dapat membeli rumah secara tunai oleh karena itu pengajuan rumah secara kredit dapat dilakukan. Membeli rumah kredit juga tidak harus rumah baru. Rumah baru memiliki harga yang cenderung lebih mahal.

Sedangkan rumah second, jika Anda bijak, maka Anda dapat memilih dengan harga terbaik. Lalu bagaimana untuk mengajukan KPR rumah second? Tentunya tidak dapat sembarangan.

Advertisements

Anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Banyak yang mengatakan bahwa untuk mengurus hal mengenai pengajuan kredit pemilikan rumah second panjang dan ribet. Lalu cek saja uraian berikut ini.

Apa Saja Syarat KPR Rumah Second?

Tentunya Anda mempunyai keinginan untuk memiliki rumah idaman. Rumah idaman second juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan rumah baru.

Jika Anda ingin membeli rumah second dengan mengajukan KPR rumah second, maka berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan;

Terlebih dahulu agar Anda mencari rumah yang sesuai dengan kesepakatan dengan pihak penjual. Sedangkan untuk mencari rumah yang sesuai dapat membutuhkan waktu, karena ini tidak mudah.

Bisa saja ketemu dengan rumah yang bagus akan tetapi harganya ketinggian sehingga cukup membutuhkan waktu untuk menemukan rumah yang cocok.

Setelah Anda menemukan rumah yang Anda inginkan, segeralah untuk membuat deal atau kesepakatan dengan penjual. Baca Syarat Pengajuan KPR Bersubsidi

Advertisements

Kemudian Anda perlu mencari KPR yang sesuai yaitu sangat perlu untuk mencari bank yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan selama di bank misalnya NPWP, kartu keluarga, KTP, slip gaji 3 bulan terakhir, surat nikah, rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat keterangan kerja.

Kemudian Anda juga perlu membawa dokumen lengkap terkait rumah. Beberapa dokumen rumah yang biasanya dibutuhkan adalah fotokopi izin mendirikan, fotokopi sertifikat, surat kesepakatan jual beli yang tentunya harus ditandatangani dan dibubuhi materai dan bukti telah membayar PBB tahun terakhir.

Proses selanjutnya adalah proses penilaian (Appraisal). Di proses ini, pengajuan telah diterima pihak bank dan dilanjutkan dengan menilai kelayakan debitur.

Umumnya pengecekan dilakukan dengan pengecekan kondisi finansial. Hal ini dilakukan pihak bank, untuk mengatasi adanya kredit macet.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengurus surat perjanjian kredit atau SPK. Dalam pembuatan SPK, Anda juga perlu melakukan pengecekan yang ada di dalamnya. Baca Cara Kredit Rumah BTN

Beberapa poin yang dapat Anda misalnya mengenai suku bunga yang ditetapkan, kemudian denda pelunasan yang semakin dipercepat, biaya lain yang muncul misalnya biaya administrasi, biaya asuransi, biaya notaris, biaya pajak, Anda juga perlu memberikan spesifikasi untuk notaris yang Anda perlukan.

Demikian beberapa hal yang terkait dengan KPR rumah second, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan