Home Keuangan Sudah Jatuh Tempo Angsuran KUR BRI, Saya Harus Bagaimana?

Sudah Jatuh Tempo Angsuran KUR BRI, Saya Harus Bagaimana?

5 min read
0
0
Sudah Jatuh Tempo Angsuran KUR BRI, Saya Harus Bagaimana?

Artikel kali ini akan membahas tentang apa yang harus Anda lakukan ketika sudah sampai pada masa jatuh tempo angsuran KUR BRI. Sering kali jika Anda melakukan peminjaman kepada bank utamanya untuk KUR, ketika jatuh pada masa tempo Anda akan merasa panik. Bagaimana tidak? Anda diharuskan untuk membayar angsuran beserta dengan bunganya.

Terlebih dalam dunia usaha, Anda memang tidak dapat memastikan alur keuangan Anda apakah akan terus stabil atau naik turun.

Ketika Anda mengalami penurunan pemasukan keuangan tentu jatuh tempo angsuran pengembalian dana modal membuat Anda panik. Bank tidak akan menyita aset Anda untuk dilelang ketika Anda telat membayarkan angsurannya.

Advertisements

Tetapi bank akan terlebih dahulu melakukan survei dengan usaha Anda. Oleh karena itu, Anda harus dapat bekerja sama dengan pihak bank jika Anda benar-benar sudah tidak mampu membayar angsuran. Walaupun begitu, hal tersebut tidak membuat Anda menjadi tenang.

Jatuh Tempo Angsuran KUR BRI

Tentu saja Anda masih tetap panik akan jatuh tempo angsuran KUR BRI, simak beberapa tips untuk Anda berikut ini agar Anda tidak terlalu merasa panik.

Utamakan Soal Membayar Angsuran KUR

Jika Anda memiliki pinjaman yang cukup besar maka hal ini akan membuat Anda menjadi putus asa dan malas untuk membayar angsuran Anda. Padahal dengan mengabaikan hal tersebut, masalah Anda dari jatuh tempo angsuran tidaklah akan selesai.

Anda harus selalu mengutamakan untuk membayar tanggungan Anda tersebut dengan bersikap tanggung jawab. Anda perlu membuat suatu langkah untuk menyelesaikan angsuran Anda dengan tepat waktu.

Advertisements

Misalnya dengan selalu menyisihkan uang Anda setiap harinya sedikit demi sedikit untuk membayar angsuran, dengan catatan pembagian Anda menyisihkan uang haruslah sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Hemat dan Manfaatkan Pemasukan Anda

Hingga pinjaman modal usaha Anda yang dipinjamkan melalui bank benar-benar lunas, cobalah Anda untuk hidup lebih hemat. Jangan gunakan uang laba Anda untuk kebutuhan Anda pribadi atau bahkan untuk berfoya-foya.

Anggaplah selama angsuran Anda belum selesai, Anda hanya mendapatkan laba yang sangat sedikit yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari Anda.

Sedangkan sisanya digunakan untuk disimpan dan dibayarkan pada tanggal jatuh tempo angsuran atau bahkan sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Mencari Solusi Dengan Pihak Bank

Jika Anda selalu panik dengan tanggal jatuh tempo angsuran dengan alasan bahwa usaha Anda benar-benar dalam keadaan pasang surut. Baca Denda Telat Bayar KUR BRI

Anda dapat menghubungi pihak bank dan berkonsultasi mengenai keadaan Anda yang sebenar-benarnya. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan solusi seperti penjadwalan kembali tanggal jatuh tempo angsuran sesuai dengan kemampuan Anda.

Kemudian Anda juga dapat mengajukan syaratnya kembali dengan pihak bank yang tidak terlalu memberatkan Anda.

Demikian artikel tentang apa yang harus Anda lakukan ketika sudah sampai pada tanggal jatuh tempo angsuran KUR BRI. Pada intinya adalah Anda harus tetap tenang dalam menghadapi tanggal tersebut agar bisa mendapatkan solusinya dengan tepat.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan