Home Keuangan Solusi Jika Tidak Sanggup Bayar KUR Di Bank Bagi Yang Terdesak

Solusi Jika Tidak Sanggup Bayar KUR Di Bank Bagi Yang Terdesak

5 min read
0
0
Solusi Jika Tidak Sanggup Bayar KUR Di Bank Bagi Yang Terdesak

Artikel kali ini akan membahas tentang solusi jika tidak sanggup bayar KUR di bank. Ketika Anda mengajukan KUR mungkin saja Anda sudah membuat perencanaan bisnis Anda sematang mungkin.

Anda sudah memikirkan setiap hal detail bahkan untuk kemungkinan untuk dan ruginya. Tetapi perencanaan hanyalah perencanaan, dalam praktiknya mungkin Anda mengalami beberapa kesulitan.

Kesulitan yang dapat berujung kerugian usaha Anda bahkan kebangkrutan membuat Anda merasa dirugikan terkait modal yang sudah Anda keluarkan.

Advertisements

Terlebih jika Anda mendapatkan modal ini melalui pinjaman dengan bank dimana Anda harus membayarkan angsuran beserta dengan bunganya. Tentu akan semakin memberatkan Anda yang berada dalam keadaan sulit.

Solusi Jika Tidak Sanggup Bayar KUR Di Bank

Dalam keadaan seperti ini, Anda tidak perlu panik dahulu dan menyerah dengan keadaan Anda. Anda dapat mempertimbangkan solusi jika tidak sanggup bayar KUR di bank yang akan dijelaskan berikut ini.

Persyaratan Kembali atau Restructuring

Anda harus memastikan bahwa segala kondisi yang menyebabkan pembayaran kredit Anda menjadi terhambat diketahui oleh pihak bank.

Pertimbangkan untuk secara legawa memberitahukan kondisi usaha Anda yang sebenarnya dan kemudian mintalah persyaratan kembali kepada pihak bank. Setelah itu, bank akan menaksir kemungkinan-kemungkinan sesuai dengan kondisi Anda tersebut sehingga kredit dapat diatur ulang.

Penjadwalan Kembali atau Rescheduling

Jika Anda selalu tidak dapat membayarkan angsuran Anda dengan tepat waktu karena tergantung dari kondisi keuangan usaha Anda. Maka Anda dapat mengajukan penjadwalan kembali jatuh tempo untuk membayar angsuran Anda kepada pihak bank.

Advertisements

Bahkan Anda dapat mengajukan penambahan waktu jatuh temponya sesuai dengan kemampuan Anda. Biasanya dalam hal ini akan selalu ada peringatan untuk Anda membayarkan angsuran Anda.

Jika Anda sudah sering kali mendapatkan peringatan ini lebih baik Anda atur ulang penjadwalan jatuh tempo pembayaran angsuran Anda.

Penambahan Fasilitas Kredit

Walaupun kredit usaha rakyat dibuat untuk dapat meringankan masyarakat untuk memiliki usaha dengan pembiayaan modal yang dapat diangsur. Hal ini tidak berarti bahwa Anda selalu mampu untuk membayar angsuran Anda tersebut.

Terlebih yang namanya usaha tentu ada pasang surutnya tergantung keadaan. Lakukan konsultasi dengan bank jika Anda sudah merasa bahwa membayar angsuran tersebut memberatkan Anda.

Sehingga Anda dapat meminta untuk bank menambah fasilitas kredit misalnya dengan membagi pembayaran angsurannya menjadi lebih kecil.

Pembebasan Biaya Bunga Debitur

Jika Anda memang sudah tidak bisa membayarkan angsuran Anda, maka biasanya bank dapat menghapuskan bunga yang dibebankan kepada Anda. Baca Denda Telat Bayar KUR BRI

Hal tersebut akan membuat Anda hanya membayar sisa pinjaman pokok Anda. Namun cara ini biasanya akan melalui proses yang panjang dan memastikan bahwa usaha Anda memang dalam keadaan yang benar-benar sulit.

Demikian artikel tentang solusi jika tidak bayar KUR di bank yang dapat menjadi alternatif bagi Anda yang dalam keadaan terdesak. Semoga artikel ini bermanfaat Anda.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan