Segini kisaran Bunga Kredit Pintar Jika Telat Bayar

Segini kisaran Bunga Kredit Pintar Jika Telat Bayar

Diposting pada
Advertisements

Kredit Pintar adalah salah satu perusahaan fintech yang memberikan pinjaman secara online dengan syarat yang sangat mudah. Hanya dengan KTP dan foto selfie, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman pada Kredit Pintar. Tapi, kamu juga harus tepat waktu dalam membayar pinjaman, agar tidak terbebani dengan bunga kredit pintar telat bayar.

Perusahaan fintech kredit pintar merupakan salah satu penyedia layanan peminjaman online dengan bunga yang tidak terlalu besar. Sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh Otoritas jasa keuangan, bunga yang dibebankan pada nasabah tidak melebihi 0,8% dari pinjaman yang diajukan oleh nasabah.

Advertisements

Sebenarnya persoalan bunga ini tidak hanya ada pada perusahaan penyedia peminjaman online saja, tetapi juga peminjaman melalui bank konvensional. Pada saat melakukan pinjaman, cicilan yang harus kamu bayar per bulan tentunya akan ditambah dengan bunga. Bedanya, penyedia peminjaman online menyediakan tenor dalam waktu singkat,  sehingga bunganya lebih kecil. Baca Aplikasi Kredit Pintar Review Kelebihan dan Kekurangan

Di kredit pintar, kamu tidak bisa meminjam hingga puluhan juta seperti pada bank konvensional. Untuk peminjaman online tentu saja resikonya besar jika memberikan plafon (jumlah pinjaman) yang besar. Selain jangka waktunya yang lama, resiko lainnya adalah rawan terjadi penipuan. Bisa saja nasabah memalsukan identitas lalu menghilang dengan pinjaman yang sangat banyak.

Segini kisaran Bunga Kredit Pintar Jika Telat Bayar

Nah, Jika kamu telat membayar, maka bunganya pun akan ikut bertambah. Meskipun bunga kredit pintar telat bayar tidak melebihi 0,8%, tetap saja ini akan menjadi dana tambahan yang harus kamu siapkan. Oleh karena itu, satu-satunya cara agar bunga kredit pintar telat bayar tak semakin menumpuk adalah dengan rajin membayar cicilan.

Nah, berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan saat terpaksa harus telat bayar

  1. Jangan terlalu lama menunda pembayaran

Seperti yang sedikit saya singgung diatas, semakin lama menunggak pembayaran cicilan bulanan, maka dana yang harus disiapkan juga semakin besar, karena kamu harus membayar cicilan ditambah dengan bunga dan denda akibat telat membayar. Baca 4 Penyebab Pengajuan Pinjaman Kredit Pintar Selalu Ditolak

Jika memang terpaksa harus terlambat membayar, misalnya karena tiba-tiba uang terpakai untuk berobat ke rumah sakit dan sebagainya, maka jangka waktu pembayaran jangan terlalu lama dari waktu jatuh tempo. Oleh karena itu, sediakan dana tambahan setiap bulan. Ini bertujuan untuk bersiap jika terjadi keadaan darurat. Sehingga uang cicilan tetap aman.

  1. Atur ulang roda keuangan

Cara kedua ketika kamu belum bisa membayar cicilan adalah mengatur ulang keuangan kamu. Hitung ulang berapa pemasukan yang kamu terima setiap bulan dan berapa yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan. Pangkas pengeluaran untuk hal yang dirasa kurang penting.

Jika memungkinkan, potong dulu pemasukan yang kamu terima untuk cicilan yang harus dibayar. Sisanya gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jika masih ada, simpan sebagai tabungan darurat yang digunakan jika ada keadaan darurat saja.

Dengan mengelola keuangan, bunga kredit pintar telat bayar tak akan semakin menggunung dan membuat pengeluaranmu semakin membengkak. Biasanya kredit pintar akan memberi peringatan jika sudah waktunya membayar. Saat pihak kredit pintar menghubungi, kamu bisa menanyakan pada petugas tentang besaran cicilan, denda dan bunga yang harus kamu bayar. Baca Ini Nomor WA Kredit Pintar Untuk Keluhan Nasabah

Satu tips terakhir, sesuaikan besar pinjaman dengan pemasukan yang kamu dapatkan. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan mencari dana untuk membayar cicilan. Oke, sampai disini artikel kali ini, terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, dan semoga bermanfaat.

IKUTI KAMI DI YOUTUBE

Tinggalkan Balasan