Home Keuangan Resiko Telat ,Tidak Membayar Angsuran KTA Hal Ini Wajib Anda Tahu

Resiko Telat ,Tidak Membayar Angsuran KTA Hal Ini Wajib Anda Tahu

9 min read
0
0
Resiko Telat ,Tidak Membayar Angsuran KTA Hal Ini Wajib Anda Tahu

Saat ini jika kita membutuhkan dana cepat sangatlah mungkin karena ada banyak kebutuhan hidup yang harus terpenuhi saat itu juga. Namun sayangnya dengan adanya kita mudah melakukan pencairan KTA ini membuat banyak orang yang justru tidak bayar KTA walaupun tagihan yang diberikan lumayan ringan.

Namun itu semua kembali ke diri kita sendiri sebagai manusia yang bertanggungjawab. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap kehidupan kita.

Beberapa resiko jika kita tidak membayar KTA

  • Akan membebankan kepada jumlah angsuran selanjutnya

Jika di bulan ini kita tidak sanggup membayar KTA kita akan membayar tagihan bulan ini bersama dengan tagihan di bulan selanjutnya. Hal ini justru akan membuat kita merasa lebih terbebani.

Advertisements

Karena pematokan tagihan ini juga disesuaikan dengan penghasilan kita tiap bulannya,Maka dari itu jangan sampai kita telat dalam melakukan angsuran KTA.

  • Akan dikenakan denda

Jika kita tidak bayar KTA sesuai waktu yang ditetapkan kita akan dikenakan teguran dan bahkan kita akan berlanjut dan dikenakan denda. Denda yang diajukan sebenarnya sesuai dengan kesepakatan yang kita lakukan sebelumnya.

Namun sayangnya jika kita melanggar waktu pembayaran KTA sesuaidengan yang ditetapkan, kita juga akan dikenakan denda yang lebih dan bahkan jika semakin lama kita menunda pembayaran KTA akan menambah jumlah dendanya juga.

  • Akan dikenakan blacklist dari pihak bank

Jika kita tetap tidak akan membayar tagihan KTA sesuai dengan yang disepakati, kita akan dikenakan blacklist oleh pihak bank. Kita tidak lagi bisa melakukan transaksi di bank tersebut utamanya dalam melakukan pencairan KTA.

Jadi jika kita akan melakukan pencairan KTA kita datang ke bank lain yang sekiranya belum tahu jika kita pernah tidak melakukan pembayaran KTA  di bank tersebut. Baca Kredit Mikro Bank Mandiri

  • Penyitaan barang yang telah disepakati

Saat kita akan melakukan pencairan dana KTA biasanya kita ada kesepakatan terkait barang yang bisa menjadi jaminan jika kita tidak sanggup melakukan pelunasan terhadap tagihan yang telah disepakati. Biasanya barang yang bisa mulai dari BPKB motor, sertifikat tanah, sertifikat rumah dan lainnya.

  • Akan berkelanjutan dengan lembaga hukum

Jika kita tidak membayar KTA dan bahkan lari dari tanggung jawab kita juga bisa diadukan kepada lembaga hukum yang berhak mengadili. Kita sama saja dengan melakukan tindakan ingkar terhadap perjanjian. Karena saat kita melakukan pencairan KTA kita ada perjanjian di atas hukum yang terkait.

Akankah kalian berhubungan dengan lembaga hukum jika kalian enggan membayar KTA? Membayar cicilan KTA adalah kewajiban kita jika kita telah sepakat dengan pencairan KTA di bank tersebut.

Lalu jika kita melanggarnya, dari pihak pencair dana KTA juga memiliki hak untuk menuntut jika kita tidak bayar KTA. Maka dari itu, sebelum kita melakukan pencairan KTA lebih baiknya kita menyesuaikan penghasilan dan jumlah tagihan KTA yang harus kita bayarkan.

Jika Tidak Bisa Bayar KTA, Saya Harus Bagaimana?

Resiko Telat ,Tidak Membayar Angsuran KTA Hal Ini Wajib Anda Tahu

Advertisements

KTA adalah salah satu cara mendapatkan pinjaman uang dengan cara yang cepat dan mudah. Kita bisa melakukan pencairan KTA melalui bank dan beberapa lembaga yang bersedia juga. Untuk tagihan yang diberikan juga berbeda-beda antara satu lembaga dengan lembaga yang lain.

Namun banyaknya tagihan KTA membuat sebagian masyarakat tidak bisa bayar KTA sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tentu saja mereka akan dikenakan teguran dan bahkan jika sudah tidak bisa menanganinya, kalian akan dikenakan denda sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Apa saja penyebab tidak mampu membayar KTA?

Banyak sekali penyebab kita tidak mampu membayar KTA. Salah satunya adalah kita tidak memiliki cukup uang untuk membayar tagihan sesuai yang telah disepakati. Baca Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Kontrak

Hal ini memiliki alasan tersendiri yang berbeda permasalahannya tiap masyarakat. Selain itu, mungkin juga kurangnya perencanaan untuk membayar tagihan sesuai dengan jumlah yang telah disepakati.

Bagaimana cara mengatasi jika kita tidak bisa melakukan pembayaran KTA?

  • Mencari kreditor

Jika kita dirasa tidak sanggup untuk membayar tagihan, segeralah kita mencari kreditor yang bisa menalangi seluruh tagihan keuangan kita. Kita bisa melakukan kesepakatan dengan kreditor.

Kita bisa melakukan kesepakatan dengan kreditor terkait dengan lamanya kita sanggup untuk melunasi tagihan KTA. Namun biasanya lumayan sulit untuk menemukan kreditor.

  • Membayar tagihan dalam jumlah yang minimal

Semakin lama tunggakan kita akan membuat tagihan semakin membengkak. Belum lagi sebagian ada yang menambah persentase denda jika kita telat dalam melakukan tagihan. Jika kita tidak bisa bayar KTA tepat waktu, kita bisa membicarakan untuk melakukan pembayaran dengan jumlah tagihan yang minimal.

  • Negosiasi waktu

Kita bisa melakukan negosiasi terkait waktu pembayaran. Kita bisa melakukan penambahan waktu kesanggupan kita untuk segera membayar tagihan KTA. Namun hal ini juga akan membuat kita terkena denda dengan jumlah yang lebih banyak dibanding jika kita membayar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

  • Mengalami pailit

Jika kita sudah benar tidak sanggup untuk membayar KTA kita akan mengalami pailit. Kita bisa melakukan pelunasan tagihan dengan memberikan saham dan surat berharga lainnya seperti sertifikat. Kita dianggap sudah tidak memiliki apa pun, karena semua barang yang kaitan miliki untuk mengganti tagihan kredit yang sebenarnya. Baca Pembayaran Yang Telat Di Bank BRI

Sungguh tidak enak jika kita mengalami pailit. Kita sudah tidak memiliki apa pun dan belum lagi kita akan dikenakan omongan dari beberapa orang di sekitar kita. Maka dari itu, sebelum kita terkena tagihan kredit yang lumayan besar kita sebaiknya mengatur benar mengenai keuangan kita.

Sehingga kita bisa melakukan pembayaran KTA tepat pada waktunya. Selain itu, kita juga bisa memiliki lembaga pencairan KTA yang sesuai dan mudah dinegosiasi sehingga kita terhindar dari masalah tidak bisa bayar KTA.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan