Home Keuangan Pinjaman KTA Karyawan Tanpa Kartu Kredit, Kenali Beberapa Resikonya Dulu

Pinjaman KTA Karyawan Tanpa Kartu Kredit, Kenali Beberapa Resikonya Dulu

9 min read
0
0
Pinjaman KTA Karyawan Tanpa Kartu Kredit, Kenali Beberapa Resikonya Dulu

Artikel kali ini akan membahas tentang pinjaman KTA karyawan.Sebagian besar syarat pengajuan KTA yaitu memiliki kartu kredit tetapi ada juga bank yang tidak mewajibkan kartu kredit sebagai syarat pengajuan KTA.

Proses pinjaman KTA juga prosesnya mudah dan cepat. Peminjaman KTA memang tidak membutuhkan jaminan tetapi tentu ada syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mengajukan KTA.

Tentunya Anda mempunyai rekening tabungan bukan? Nah bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit dapat memanfaatkan rekening bank yang Anda miliki. Jika Anda ingin mencari pinjaman tanpa kartu kredit maka Anda bisa menghubungi bank tempat Anda menabung.

Advertisements

Bank tempat Anda menabung bisa jadi mempunyai layanan peminjaman KTA yang dapat Anda manfaatkan. Pinjaman KTA karyawan ini semakin memudahkan karyawan yang akan meminjam uang di bank.

Resiko jika ingin mengajukan KTA yang tidak memiliki kartu kredit sering terhambat karena bank akan sulit dalam melakukan penilaian kemampuan bayar Anda. Jika Anda tidak memiliki kartu kredit akan menghambat pinjaman KTA dalam waktu cepat. Dokumen lain yang digunakan sebagai pengganti kartu kredit yaitu rekening tabungan, angsuran kredit rumah, kredit mobil dalam beberapa bulan terakhir.

Kenali Dan Pahami Kekurangan dari KTA

Dengan semakin meningkatnya biaya hidup yang tidak seimbang dengan pendapatan per bulan maka sebagian orang memilih untuk mengajukan pinjaman ke bank. Baca 5 Solusi Terlilit Hutang Bank

Tuntutan untuk memenuhi gaya hidup seiring dengan perkembangan jaman membuat seseorang cenderung untuk sesegera mungkin memenuhi kebutuhannya. Kredit tanpa agunan memudahkan masyarakat namun ada beberapa kekurangan dari kredit tanpa agunan ini yaitu :

  1. Bunga bank yang relatif lebih tinggi. Suku bunga yang ditawarkan bank cukup tinggi yang merupakan konsekuensi dari pengganti jaminan. Sebagian masyarakat tidak masalah dengan adanya suku bunga yang tinggi karena tidak adanya jaminan aset yang digunakan sebagai syarat dari pinjaman bank.
  2. Pinjaman berdasarkan status profesi dan penghasilan. Sebagian bank hanya akan memberikan pinjaman kepada pegawai tetap, karyawan tetap, dan pengusaha yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Ada juga bank yang memberikan KTA kepada karyawan kontrak. Bank akan memberikan pinjaman bagi Anda yang mempunyai penghasilan tetap dengan minimal penghasilan sebesar 2 juta setiap bulannya.
  3. Tenor yang terbatas. Jumlah uang yang dipinjamkan oleh bank tidak lebih dari 300 juta dengan tenor yang terbatas. Dengan tenor yang pendek dan jumlah uang yang dipinjam tidak banyak.

Kelebihan dari KTA yaitu praktis dan tidak adanya jaminan aset. Proses pencairan dana KTA yang cepat dan mudah akan memudahkan masyarakat yang memerlukan dana secara mendadak seperti biaya pendidikan, biaya pengobatan, dan lain-lain. Pinjaman KTA karyawan semakin diminati masyarakat karena proses peminjaman yang mudah.

Tahapan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Untuk Karyawan

Dalam KTA ini tidak harus membawa aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Bagi Anda yang membutuhkan banyak uang untuk biaya sekolah dan  biaya kebutuhan sehari-hari yang pastinya membuat Anda pusing maka dengan adanya KTA dapat meringankan beban Anda.

Advertisements

Pinjaman KTA ini hanya berdasarkan pada riwayat kredit dari si peminjam kredit apakah dia pernah memiliki kredit macet atau tidak. Syarat untuk memperoleh KTA tidaklah sulit dengan pilihan tenor hingga 60 bulan. Baca Melunasi Hutang Bank Sebelum Jatuh Tempo

Pinjaman yang diberikan juga cukup besar kepada peminjam. Bunga bank yang harus dibayar juga tidak banyak sehingga semakin memudahkan karyawan kontrak untuk meminjam uang.

Kredit tanpa agunan sangat diminati masyarakat karena syaratnya mudah. Saat meminjam KTA maka Anda harus mempunyai kartu kredit. Semakin meningkatnya minat masyarakat untuk meminjam KTA maka semakin banyak keuntungan yang diperoleh bank. KTA memiliki risiko yang besar untuk kredit macet karena bank tidak menyediakan jaminan apa pun dalam meminjamkan uangnya.

Proses Pengajuan Dan Verifikasi Kredit

Karyawan kontrak semakin dimudahkan dengan adanya KTA ini karena dapat menjadi solusi dalam masalah ekonomi.

Nah sebelum Anda meminjam uang dengan KTA maka Anda harus mengerti cara pengajuan dan verifikasi pinjaman Anda. Berikut adalah ulasan mengenai proses pengajuan dan verifikasi kredit yaitu :

  1. Anda harus melakukan pendaftaran. Dalam tahap ini maka Anda harus mengisi formulir tentang data diri dan melampirkan syarat yang diberikan oleh pihak bank secara lengkap. Biasanya bank menyediakan formulir dalam bentuk offline maupun online untuk memudahkan Anda dalam melakukan pinjaman.
  2. Dokumen diverifikasi. Bank akan melakukan verifikasi setelah menerima berkas pendaftaran. Verifikasi tersebut dengan cara mengecek keaslian berkas yang diserahkan dan mengecek dokumen penting lainnya.
  3. Melakukan wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui karakter sifat dari calon peminjam KTA apakah dia berisiko untuk kredit macet atau tidak. Bank akan melakukan verifikasi dengan cara wawancara dengan calon peminjam KTA.

Dana pinjaman tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya pendidikan, kesehatan, modal usaha, kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain. Syarat yang harus Anda penuhi jika akan mengajukan kredit tanpa agunan yaitu mempunyai kewarganegaraan Indonesia, berusia minimal 21 tahun, tidak memiliki riwayat kredit yang buruk. Baca Pelunasan KTA Mandiri Sebelum Jatuh Tempo

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KTA yaitu persyaratan pengajuan, dokumen penting yang dibutuhkan, dan kartu kredit. Jika Anda akan mengajukan KTA maka Anda wajib memiliki kartu kredit.

Kelengkapan dokumen penting sangat diperlukan oleh bank untuk memverifikasi dokumen Anda. Jika Anda memenuhi syarat pengajuan KTA maka KTA Anda akan diterima oleh bank.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan