Home Keuangan Pinjaman Bank Syariah Untuk Beli Rumah 2018,Bisa Berapa Juta Ya?

Pinjaman Bank Syariah Untuk Beli Rumah 2018,Bisa Berapa Juta Ya?

5 min read
0
0
Pinjaman Bank Syariah Untuk Beli Rumah,Bisa Berapa Juta Ya?

Banyak orang yang bertanya lebih baik mengajukan pinjaman bank syariah untuk beli rumah atau mengajukan ke bank konvensional saja?

Pertanyaan tersebut muncul karena banyak yang beranggapan bahwa mengajukan pinjaman ke bank syariah itu bunganya lebih rendah.

Kami yakin Anda sudah mengetahui perbedaan membeli KPR dengan bank konvensional dan syariah terletak di bagian akadnya. Pada bank konvensional, kontraknya itu akan berdasarkan suku bunga yang sifatnya floating atau fluktuatif.

Advertisements

Kemudian jika KPR di bank syariah akan berdasarkan prinsip murabahah atau tidak menggunakan bunga. Sehingga proses transaksi nantinya tidak berbentuk uang, akan tetapi dalam bentuk barang yang diinginkan.

Prinsip dalam Membeli KPR dengan Meminjam Bank

Jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan pinjaman bank syariah untuk beli rumah maka ada sejumlah prinsip yang perlu diperhatikan dengan baik. Baca Cicilan,Bunga Dan Simulasi KPR Mandiri

Jika Anda sudah mengetahui prinsip-prinsipnya maka kami yakin dalam melakukan pelunasan menjadi lebih mudah.

Sekarang banyak orang yang semangat untuk mengajukan pinjaman, akan tetapi setelah berjalan selama beberapa bulan, mereka justru tidak semangat dalam mengembalikan uang yang sudah dipinjam. Hal tersebut tentu dikarenakan beberapa macam faktor.

Jika sampai uang pelunasan tersendat, bisa saja KPR yang sudah ditinggali selama beberapa bulan akan ditarik oleh bank. Untuk itu Anda perlu membaca sejumlah prinsip dalam membeli KPR bank seperti berikut ini.

Advertisements
  • Harus menyesuaikan dengan kemampuan

Apapun sistem yang akan diterapkan oleh pihak bank, Anda harus benar-benar memastikan bahwa kredit yang diambil itu tidak akan terlalu berat.

Sehingga tidak akan berhenti di tengah jalan nantinya. Jika memang tidak ingin cicilannya terlalu berat, Anda harus membayarkan uang muka yang besar. Dengan begitu uang cicilan akan lebih kecil dan Anda bisa menyisihkan uang gaji per bulannya untuk keperluan yang lain. Baca Tabel Angsuran KPR Mandiri

Selain itu Anda pun tak boleh membeli KPR terlalu mahal jika memang gaji per bulan masih tergolong kecil.

  • Lakukan survey dahulu ke beberapa KPR Syariah

Meski sekarang Anda sudah menggunakan bank tertentu dan bank tersebut memiliki syariah, akan tetapi survey tetap harus dilakukan.

Pasalnya ada beberapa bank syariah yang menerapkan prinsip berbeda dengan kemudahan pencicilan berbeda pula.

Semakin banyak bank syariah yang tersedia, akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan survey dan dapatkan bank yang paling tepat untuk mengambil cicilan KPR.

  • Harus memastikan bahwa ada sertifikatnya

Membeli sebuah KPR tidak boleh gegabah. Anda itu harus melihat, apakah ada sertifikatnya atau tidak. Jika membeli tanah namun tidak ada sertifikatnya, tentu akan merugikan pihak Anda.

Untuk itu lebih teliti lagi ketika akan membeli. Kemudian lihat dengan baik juga di dalam SHM atau SHGBnya, bahwa ada nama Anda yang tertera di dalamnya. Baca Pinjaman Bank Mandiri Syariah PNS, Pegawai

Inilah prinsip terpenting dalam mengajukan pinjaman bank syariah untuk beli rumah.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan