Home Keuangan Pinjam Nama Teman, Saudara Untuk Mengajukan KPR 2018, Bisa Gak Ya?

Pinjam Nama Teman, Saudara Untuk Mengajukan KPR 2018, Bisa Gak Ya?

5 min read
0
0
Pinjam Nama Teman, Saudara Untuk Mengajukan KPR, Bisa Gak Ya?

Sekarang ini semakin banyak orang yang memiliki kendala saat akan melakukan pembangunan rumah serta renovasi rumah.

Sebagian besar dari mereka memiliki masalah pada dana. Tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah ataupun melakukan renovasi rumah.

Kebanyakan dari mereka adalah masyarakat golongan ekonomi ke menengah ke bawah. Bagi masyarakat dengan golongan ekonomi atas mungkin tidak ada masalah dengan masalah biaya pembangunan dan renovasi rumah.

Advertisements

Akan tetapi bagi mereka tentu butuh waktu untuk mengumpulkan uang atau menabung hingga dapat digunakan untuk melakukan membangun atau renovasi rumah.

Untuk mempercepat terkumpulnya dana, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Baca Agunan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Nama Orang Lain Untuk Mengajukan KPR,Bisa Tidak??

KPR merupakan jenis pinjaman yang menggunakan rumah sebagai jaminannya. Untuk mengajukan KPR, maka anda harus melengkapi data diri anda.

Ada banyak orang yang bertanya apakah pinjam nama teman, saudara untuk KPR diperbolehkan atau tidak. Mereka yang bertanya hal ini biasanya sudah memiliki pinjaman di tempat lain sehingga tidak dapat menggunakannya untuk peminjaman KPR.

Pada dasarnya untuk dapat pinjam nama teman, saudara untuk KPR, anda harus memilih terlebih dahulu pihak yang akan memberikan pinjaman.

Anda dapat menemukan beberapa bank di Indonesia yang akan memberikan pinjaman KPR. Anda harus memilih salah satu dari mereka yang tentu akan memberikan keuntungan bagi anda dan tentunya tidak merugikan pihak yang anda pinjam namanya. Baca Syarat Gadai Sertifikat Tanah di Bank

Advertisements

Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti biaya untuk pengajuan KPR, lama pemrosesan KPR, lama pinjaman KPR yang diberikan, biaya penalti saat pelunasan KPR, perhitungan suku bunga, serta besarnya platform kredit.

Selain memperhatikan berbagai hal tersebut, anda juga harus memenuhi syarat dalam pengajuan KPR. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat anda akan mengajukan KPR adalah:

  1. WNI
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Memiliki pekerjaan sebagai pegawai tetap minimal selama 2 tahun
  4. Usia harus di bawah 50 tahun saat pengajuan KPR

Lalu bagaimana? Apakah pinjam nama teman, saudara untuk KPR dapat dilakukan? Jawabnya adalah bisa, akan tetapi tidak semua orang dapat anda pinjam namanya untuk mengisi data KPR.

Hanya mereka yang memiliki hubungan secara vertikal dengan anda yang dapat digunakan namanya saat pengisian KPR.

Sebagai contoh anda dapat menggunakan nama anak anda untuk digunakan saat peminjaman KPR atau meminjam nama mertua anda. Biasanya pihak yang memberikan pinjaman akan meminta si pemilik nama untuk menulis surat pernyataan.

Surat pernyataan tersebut harus ditandatangani oleh dirinya dan anak yang lain serta harus dilegalisir oleh notaris. Baca Harga Gadai Ijazah di Pegadaian

Surat tersebut menyatakan bahwa dirinya sebagai pemilik sertifikat bersedia untuk menjadi jaminan KPR. Selain itu mereka juga akan diminta untuk datang saat proses penandatanganan akad.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan