Home Panduan Perhitungan Denda Angsuran FIF Jika Telat Bayar Angsuran

Perhitungan Denda Angsuran FIF Jika Telat Bayar Angsuran

9 min read
0
0
Perhitungan Denda Angsuran FIF Jika Telat Bayar Angsuran

FIF adalah salah satu lembaga yang menyediakan cicilan untuk pembelian sepeda motor. Kini perhitungan denda angsuran FIF banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat. Ada yang mengatakan pembayaran denda telat angsuran di FIF lumayan murah namun ada juga yang kurang cocok dengan jumlah denda yang telah disepakati.

Sebelum kita membahas mengenai biaya denda yang harus diangsurkan kita perlu tahu sebenarnya apa yang menyebabkan kita didenda.

Mengapa kita terkena denda?

Denda ini diberlakukan untuk menertibkan masyarakat agar mereka melakukan pembayaran angsuran secara tepat waktu. Jadi untuk mereka yang banyak menunda membayar angsuran maka mereka akan dikenakan denda.

Advertisements

Sebenarnya perhitungan denda yang diminta oleh pihak FIF sudah disepakati sebelum mereka menerima jumlah angsuran yang mereka terima. Perhitungan denda angsuran FIF ditetapkan oleh perusahaan dan disepakati oleh nasabah.

Berapa besar denda yang harus dibayarkan?

Besaran denda yang dibayarkan terbilang murah yaitu sekitar lima persen dari jumlah uang yang harus diangsurkan. Denda sejumlah itu masih terbilang murah dibanding dengan yang lain.

Jika kita melihat perusahaan lain ada yang menetapkan denda bisa sampai dengan sepuluh persen. Perhitungan denda angsuran ini juga sudah sesuai dengan aturan syariah yang berlaku.

Bagaimana cara pembayaran angsuran?

Semakin majunya jaman, pembayaran angsuran kini kian dimudahkan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan pembayaran angsuran. Jasa FIF ini sudah banyak bekerja sama dengan beberapa perusahaan dengan cara di tiap tempat memiliki cara tersendiri.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memudahkan kalian dalam pembayaran angsuran agar tidak terkena denda angsuran.

  • Datang langsung ke FIF

Hal yang pasti bisa kita lakukan adalah datang langsung ke kantor FIF. Namun sayangnya kantor FIF ini tidak pasti terdapat di kota kita. Biasanya FIF ini hanya berada di kota tertentu. Baca

  • Melakukan pembayaran via minimarket

Sambil berbelanja, kita juga bisa sambil membayar angsuran. Kita bisa langsung menghubungi kasir untuk melakukanbeberapa transaksi yang berkaitan dengan pembayaran angsuran FIF. Namun biasanya pembayaran ini juga hanya terdapat di beberapa minimarket saja. Kita bisa menanyakan terlebih dulu terkait dengan pembayaran angsuran.

  • Pembayaran melalui ATM

Selain kedua cara di atas kalian juga bisa melakukan pembayaran melalui mesin ATM. Mesin ATM kini banyak tersebar di beberapa daerah. Tidak hanya itu, dengan kita menggunakan ATM  juga akan mudah, karena tidak perlu memandang waktu.

Kita bisa melakukan transaksi selama dua puluh empat jam. Perhitungan denda angsuran FIF bisa berubah-ubah, maka dari itu sebelum ada kesepakatan kita tanyakan terlebih dulu.

Mudahkan untuk membayar angsuran, maka dari itu jangan sampai kita telat untuk membayar angsuran agar tidak terkena denda.

Bisa Gak Sih Melunasi Cicilan Motor Sebelum Waktunya??

Anda mempunyai cicilan motor tapi ingin segera melunasinya karena mempunyai uang yang lebih? Kira-kira bisa atau tidak ya?Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para kreditor kendaraan bermotor. Jawabannya adalah bisa.

Advertisements

Hal tersebut dikarenakan kredit kendaraan bermotor mempunyai sistem, yang membebaskan kreditornya untuk melunasi cicilan motor sebelum waktunya. Berbeda dengan pihak bank yang justru akan menerapkan penalti bagi para nasabahnya apabila melakukan pelunasan di awal angsuran.

Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui Ketika Melunasi Cicilan Motor

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kreditor ingin melakukan pelunasan kredit kendaraan bermotornya sebelum tenggat jatuh tempo. Mulai dari memiliki dana yang berlebih, enggan untuk melakukan angsuran, atau bahkan beranggapan untuk mengurangi bunga angsuran, atau bahkan mendapat potongan angsuran. Baca 5 Solusi Terlilit Hutang Bank

Tetapi pada kenyataannya, tidak ada perbedaan yang berarti antara melakukan pelunasan di awal dengan tetap mengangsur seperti biasa. Apabila Anda ingin melakukan pelunasan cicilan motor sebelum waktunya, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Angsuran tetap

Mungkin sebagian Anda berpikir bahwa jika Anda melakukan pelunasan di awal maka akan diberikan potongan angsuran. Tetapi yang perlu Anda ingat adalah pihak perusahaan tidak akan memberikan potongan angsuran, atau bahkan cashback. Jadi, Anda tetap membayar sejumlah angsuran yang telah disepakati di awal perjanjian.

  • Perhatikan Perjanjian Awal

Jika Anda melunasi cicilan motor sebelum waktunya maka Anda harus memperhatikan perjanjian di awal untuk menghindari timbulnya kesalahpahaman.

Biasanya perjanjian awal juga memuat terkait pelunasan dan pemberian surat-surat kelengkapan dari motor tersebut. Pastikan juga semua dokumen yang Anda jaminkan juga telah kembali ke tangan Anda.

  • Periksa kelengkapan Dokumen

Sebelum pelunasan kredit kendaraan bermotor Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen tertentu yang harus dipenuhi sebagai syarat pelunasan kredit bermotor Anda. Setiap Finance ataupun Leasing tentu mempunyai syarat-syarat yang berbeda apabila berkaitan dengan syarat-syarat pelunasan kredit kendaraan bermotor sebelum waktunya.

  • Tanyakan apakah ada biaya penalti atau tidak

Bagi perusahaan leasing motor tertentu, kreditor harus membayarkan dana penalty sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Tidak sedikit yang mengeluh akibat adanya biaya penalti ini. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan perjanjian awal dengan leasing yang tidak memberikan biaya penalti bagi pelunasan yang lebih tepat dari masa jatuh tempo.

Apabila sudah terlanjur mengadakan perjanjian dengan pihak leasing yang memberikan penalti, maka keputusan akan ada ditangan Anda. Apakah akan lanjut melunasi atau melakukan angsuran tiap bulannya seperti biasa. Baca Mengatasi Kredit Macet Di Bank

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pelunasan kredit bermotor dan kisaran denda telat bayar angsuran di fif . Setelah mengetahuinya, maka Anda dapat melakukan pertimbangan. Yaitu tetap melunasi cicilan motor sebelum waktunya atau mengangsur sebagaimana mestinya.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan