Home Keuangan Pembayaran Angsuran BRI Telat, Berapa Denda Yang Harus Saya Bayar?

Pembayaran Angsuran BRI Telat, Berapa Denda Yang Harus Saya Bayar?

5 min read
0
0
Pembayaran Angsuran BRI Telat, Berapa Denda Yang Harus Saya Bayar?

Artikel kali ini akan membahas tentang denda jika angsuran BRI telat. Apabila Anda meminjam uang ke bank tentu saja hal ini tidak serta merta dengan mudah Anda dipinjami. Anda perlu memenuhi persyaratan sesuai dengan kebijakan bank yang berlaku.

Selain itu, ketika mencicil angsurannya pun Anda akan dikenakan biaya bunga yang besarannya tergantung kebijakan bank pula.

Terlebih jika Anda telat membayarkan angsuran Anda, tentu saja Anda akan dikenakan denda atau penalti, misalnya pada penggunaan kartu kredit.

Advertisements

Kartu kredit dapat dikatakan bentuk pinjaman karena Anda akan menggunakan uang bank untuk keperluan Anda kemudian Anda mengangsurnya setiap bulannya.

Solusi Pembayaran Angsuran BRI Telat

Denda jika angsuran BRI telat dalam hal penggunaan kartu kredit adalah sebesar 3% dari total tagihan Anda setiap bulannya. Aturan ini  berlaku sejak adanya regulasi pada tanggal 7 Juni 2012. Tetapi jumlah denda tidak akan lebih dari 150 ribu jika Anda telat membayar tagihan kartu kredit.

Aturan kartu kredit ini berlaku di semua bank termasuk bank BRI karena aturan ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Untuk angsuran kartu kredit ini memang tidak dikeluarkan oleh bank secara personal.

Tetapi bukan berarti Anda menyepelekan akan denda ini, usahakan Anda selalu tepat waktu untuk melunasi tagihan Anda tersebut. Berikut ini cara menghindari denda keterlambatan bank.

Membayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Membayar tagihan akan lebih nyaman jika Anda membayarkannya sebelum jatuh masa temponya. Jika Anda membiarkan tagihan Anda dibayarkan dengan cara menunggu jatuh tempo tagihan Anda.

Advertisements

Maka Anda akan merasa terburu-buru untuk membayarnya, sedangkan misalnya waktu Anda tidak fleksibel di hari dimana jatuh tempo tagihan Anda.

Oleh karena itu, Anda akan membayarnya keesokan harinya atau sesempatnya waktu Anda. Hal tersebut akan membuat denda atau penalti tagihan Anda semakin membengkak jika dibiarkan begitu saja.

Bayarkan Dengan Jumlah yang Tepat

Membayar tagihan kartu kredit dengan jumlah yang tepat merupakan cara untuk menghindari denda keterlambatan bank.

Pastikan jumlahnya pas dan sesuai jangan kelebihan karena merugikan Anda atau bahkan jika Anda membayarkannya kurang dari nominal tagihan.

Jika Anda membayarkannya kurang dari nominal tagihan maka akan membuat Anda dikenakan denda karena Anda belum membayarkannya secara penuh dan sesuai tagihan Anda.

Tagihan Lewat Email

Billing kartu kredit sering kali justru dikirimkan melalui pos ke alamat rumah Anda, sehingga dapat membuat Anda telat membayarkan tagihan angsuran kartu kredit Anda.

Bagaimana tidak? Anda belum tentu saat billing dikirimkan sedang berada di rumah atau mungkin saja billing yang dikirimkan tidak sampai ke tangan Anda. Baca Denda Telat Bayar KUR

Sehingga Anda perlu menggantinya dengan menggunakan email, sehingga billing tagihan Anda akan selalu Anda baca sebagai pengingat.

Demikian artikel tentang denda jika angsuran BRI telat pada angsuran penggunaan kartu kredit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda agar tidak dikenakan biaya denda atau penalti.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan