Home Keuangan Pelunasan KTA Mandiri Sebelum Jatuh Tempo, Untung dan Ruginya

Pelunasan KTA Mandiri Sebelum Jatuh Tempo, Untung dan Ruginya

9 min read
0
0
Pelunasan KTA Mandiri Sebelum Jatuh Tempo, Untung dan Ruginya

Bagi Anda yang memiliki angsuran pada sebuah bank ataupun perusahaan leasing tentu berkeinginan untuk segera melunasi hutangnya. Selain hutang dapat membawa perasaan yang tidak nyaman, hutang juga membawa beban psikologis bagi siapa pun yang menanggungnya.

Adanya stigma negatif yang berkembang  di masyarakat terhadap orang yang memiliki hutang juga turut berpengaruh terhadap pelunasan KTA mandiri sebelum jatuh tempo.

Akan tetapi pelunasan kredit sebelum jatuh tempo tentu membawa dampak bagi kreditornya baik dampak positif (untung) maupun dampak negatif (rugi).

Advertisements

Untung dan Ruginya Pelunasan KTA Mandiri Sebelum Jatuh Tempo

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan melunasi semua kreditnya di awal maka akan memberikan ketenangan lahir dan batinnya dalam menjalani hidup. Akan tetapi hal tersebut tentu akan membawa dampak baik itu dari segi positif atau keuntungan bagi para kreditor maupun dampak negatif yaitu kerugian tang ditimbulkan.

Berikut adalah pemaparan dari untung dan rugi yang dapat kreditor terima apabila melakukan pelunasan KTA mandiri sebelum jatuh tempo:

  • Keuntungan

Keuntungan yang diperoleh dari pelunasan KTA mandiri sebelum jatuh tempo yaitu adanya ketenangan bagi para kreditor. Serta kebebasan untuk tidak membayar angsuran tiap bulannya. Akan tetapi Anda tentu harus menyediakan biaya yang cukup banyak untuk melunasi angsuran sebelum jatuh tempo.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan syarat-syarat pelunasan KTA yang harus Anda penuhi sebelum melakukan pelunasan.

  • Kerugian

Jika Anda melakukan pelunasan kredit tanpa agunan, tentu Anda akan mengalami beberapa kerugian, yaitu sebagai berikut : Baca Mengatasi Kredit Macet Di Bank

  • Mendapatkan penalti

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah penalti dalam dunia perkreditan bukan? Ya, penalti merupakan sebuah hukuman yang diberikan dari pihak Bank karena Anda melakukan pelanggaran terhadap kesepakatan di awal yaitu dengan melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo.

  • Angsuran tetap

Apabila Anda melakukan pelunasan terhadap kredit yang Anda miliki tetapi sebelum jatuh tempo maka biaya yang akan Anda bayarkan akan tetap sama seperti biaya yang Anda angsurkan tiap bulannya bahkan ditambah dengan biaya penalti maupun biaya administrasinya.

  • Biaya yang dikeluarkan lebih besar

Akibat dari mendapatkan penalti maupun karena tidak adanya potongan dalam angsuran maka Anda harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk melunasi angsuran Anda di awal angsuran. Bahkan bunga yang diterima akan lebih berat dibandingkan dengan pembayaran angsuran di tiap bulannya.

Demikianlah beberapa keuntungan dan kerugian yang dapat Anda terima apabila melakukan pelunasan kredit lebih awal. Meski demikian, akan lebih banyak kerugian yang akan Anda dapatkan apabila melakukan pelunasan kredit sebelum jatuh tempo. Tetapi kembali lagi, pilihan akan ada ditangan Anda, apakah akan melakukan pelunasan KTA mandiri sebelum jatuh tempo atau tidak.

Jika Terkena Penalti Pelunasan Kredit Mandiri, Saya Harus Bagaimana?

Bagi Anda yang menggunakan jasa Kredit Tanpa Agunan (KTA) tentu waktu terasa bergulir begitu cepat. Apalagi ketika tiba waktunya membayar angsuran dan Anda belum memiliki dana untuk mengangsur kredit.

Advertisements

Beberapa orang mungkin merasa menyesal telah mengajukan kredit sehingga tidak jarang yang melunasinya sebelum jatuh tempo. Jika hal tersebut terjadi, Anda dikenakan penalti pelunasan kredit mandiri. Baca Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan SK PNS

Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Terkena Penalti

Sebagian orang mungkin menganggap pemberian penalti adalah hal yang tidak wajar. Bagaimana tidak, nasabah yang ingin melunasi hutangnya justru dipersulit dan bahkan diberikan penalti dari pihak bank. Akan tetapi hal tersebut ternyata telah dipertimbangkan dari berbagai sisi oleh pihak bank yang tentunya tidak mau merugi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan apabila terkena penalti pelunasan kredit mandiri :

  1. Tinjau kembali perjanjian dengan bank

Untuk Anda yang telah terkena penalti pelunasan kredit oleh bank sebaiknya langsung meninjau perjanjian awal dengan pihak bank untuk memperjelas proses pembayaran. Beberapa jenis bank menetapkan kesepakatan di awal perjanjian dengan nasabah mulai dari angsuran hingga penalti yang mungkin diberikan apabila nasabah melanggar perjanjian dengan pihak bank.

  1. Hitung semua angsuran yang akan dibayarkan berikut dengan penaltinya

Setelah mengetahui kesepakatan awal dengan pihak bank terutama terkait, maka langkah selanjutnya yaitu menghitung total biaya. Total biaya terdiri dari gabungan keseluruhan angsuran yang akan dilunasi ditambah dengan biaya penalti juga biaya administrasi.

Biasanya biaya yang dibayarkan untuk melunasi angsuran ditambah dengan biaya penalti jauh lebih besar dibandingkan dengan pelunasan dengan tetap mengangsur setiap bulannya.

  1. Segera bayarkan biaya pelunasan Anda ke Bank

Langkah selanjutnya apabila Anda telah mantap untuk melunasi semua kredit Anda berikut penalti yang harus dibayarkan adalah melakukan pembayaran.

Semakin cepat Anda melakukan pembayaran, maka semakin cepat pula proses pelunasan Anda. Hal ini dikarenakan proses pelunasan tentu membutuhkan persetujuan dari pihak bank serta proses administrasi yang cukup panjang.

  1. Cek kembali kelengkapan berkas Anda

Sewaktu Anda melakukan perjanjian kredit di awal tentu sudah membicarakan jaminan dan berkas-berkas yang Anda urus. Setelah proses pelunasan, pastikan semua berkas yang Anda jaminkan telah dikembalikan oleh pihak bank. Hal tersebut bertujuan untuk menjamin semua berkas jaminan Anda aman dan tidak disalah gunakan. Baca Melunasi Hutang Bank Sebelum Jatuh Tempo

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika Anda terkena penalti pelunasan kredit oleh pihak bank. Tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar daripada biaya yang Anda keluarkan ketika mengangsur setiap bulannya.

Hal tersebut dikarenakan pihak bank juga tidak mau merugi karena kehilangan nasabahnya. Oleh karena itu pilihan ada ditangan Anda. Apakah akan tetap melunasinya tetapi terkena penalti pelunasan kredit mandiri atau tetap mengangsurnya seperti biasa.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan