Home Keuangan Panduan Lengkap Mematikan Mesin EDC BCA Agar Tidak Mudah Rusak

Panduan Lengkap Mematikan Mesin EDC BCA Agar Tidak Mudah Rusak

4 min read
0
0
Panduan Lengkap Mematikan Mesin EDC BCA Agar Tidak Mudah Rusak

Mematikan Mesin EDC BCA – Mesin EDC merupakan singkatan dari Electronic Data Capture. Mesin ini biasanya terdapat di supermarket atau minimarket yang ada di daerah Anda.

Jika Anda termasuk pemilik toko yang menggunakan alat ini, sekarang akan dijelaskan mengenai cara mematikan mesin edc bca agar tidak mudah rusak.

Sebelum mengetahui cara mematikan mesin edc tersebut, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai fungsinya. Fungsi dari mesin edc adalah untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu atm.

Advertisements

Caranya yaitu dengan menggesekkan kartu tersebut dan memasukkan pinnya dengan menekan tombol yang berada dibawahnya. Mesin edc ini biasanya menggunakan bank bca atau mandiri. Dengan adanya mesin ini, pembayaran yang kita lakukan jadi lebih praktis dan efisien waktu.

Selain itu, mesin ini telah menjadi mesin yang sangat berguna mengikuti perkembangan zaman, karena di zaman sekarang pembayaran di supermarket sudah dengan kartu kredit atau emoney.

Tips Mematikan Mesin EDC BCA

Lalu bagaimana cara mematikan mesin edc bca agar tidak mudah rusak?

  1. Nonaktifkan SIM Card yang Terdapat di Dalam Mesin

Cara paling mudah untuk menonaktifkan mesin edc bca ialah Anda tinggal nonaktifkan saja sim card di dalamnya.

Karena biasanya sebelum meng-apply di mesin tersebut Anda harus memasukkan sim card milik Anda. Caranya yaitu tinggal mencabutnya keluar dari bagian belakang mesin. Sebelumnya Anda harus membuka bagian belakangnya terlebih dahulu. Baca Aktivasi Layanan Finansial M-BCA

Advertisements
  1. Mematikan GPRS

Jika Anda mempunyai mesin edc yang menggunakan GPRS. Baik itu GPRS biasa ataupun mobile, cara mudahnya yaitu Anda hanya tinggal mematikan sambungan GPRS nya dan cabut kabel yang tersambung di mesin edc Anda.

Namun jika Anda menggunakan mobile gprs, biasanya mesin edc mobile gprs ini menggunakan baterai dan sinyal GPRS.

Nah cara mematikannya yaitu Anda harus mencabut baterainya dan matikan sambungan GPRS nya.

  1. Langsung Hubungi Kantor Bank BCA

Jika Anda masih takut untuk menonaktifkan mesin edc ini sendiri, Anda bisa mencoba menghubungi kantor BCA via telepon atau mendatanginya langsung.

Bisa menghubungi customer service nya dan menanyakan bagaimana cara menonaktifkannya. Biasanya dari pihak bca akan secara otomatis mematikan mesin Anda sehingga tidak bisa dipergunakan lagi dalam jangka waktu tertentu.

Atau Anda bisa mendatangi kantor cabangnya langsung dengan membawa mesin edc yang dimiliki.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan mesin edc. Selain dengan cara menonaktifkan, agar tidak mudah rusak Anda harus senantiasa memakainya dengan hati-hati.

Selalu cek baterai yang ada, jika mesin yang Anda miliki menggunakan baterai. Selain itu, rutin melakukan restart agar mesin tidak rusak karena terlalu sering dipakai. Baca Menonaktifkan SMS Banking Mandiri

Semoga ulasan tentang bagaimana cara mematikan mesin edc bca agar tidak mudah rusak ini dapat memberikan solusi bagi Anda sekalian.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan