Home Keuangan Melunasi Hutang Bank Sebelum Jatuh Tempo, Hitung Potongan Yang Anda Dapat

Melunasi Hutang Bank Sebelum Jatuh Tempo, Hitung Potongan Yang Anda Dapat

9 min read
0
0
Melunasi Hutang Bank Sebelum Jatuh Tempo, Hitung Potongan Yang Anda Dapat

Bagi Anda yang meminjam uang di bank pastinya mempunyai keinginan untuk melunasi pinjaman tersebut sebelum jatuh tempo. Sebelum Anda meminjam uang di bank pastinya ada syarat dan ketentuan dalam kontrak yang akan menentukan tanggal jatuh tempo pelunasan hutang Anda.

Bagi Anda yang belum mengetahui sebaiknya lebih baik melunasi hutang sebelum jatuh tempo atau sesudah jatuh tempo? Mari simak artikel ini yang akan membahas mengenai melunasi hutang bank.

Artikel kali ini tentang melunasi hutang bank sebelum jatuh tempo. Ada bank yang melakukan denda jika Anda melakukan pelunasan hutang lebih cepat. Sebelum Anda melakukan pembayaran lebih cepat ada baiknya Anda membaca surat perjanjian kontrak kredit. Sebelum Anda meminjam uang ke bank ada baiknya Anda mengecek setiap ketentuan termasuk biaya atau denda pelunasan dipercepatnya hutang tersebut.

Advertisements

Jika Anda akan melakukan pelunasan hutang sebelum jatuh tempo maka Anda tidak akan mendapat potongan tetapi akan mendapat kerugian yang dihitung berdasarkan masa tenor dan jumlah pinjaman.

Kerugian tersebut dihitung berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing bank. Melunasi hutang bank sebelum jatuh tempo akan menimbulkan kerugian dan keuntungan tersendiri bagi peminjam hutang. Baca Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan SK

Keuntungan Dari Pelunasan Hutang Yang Lebih Cepat

Dana yang dikeluarkan untuk melunasi hutang bank sebelum jatuh tempo akan lebih besar karena ada biaya kerugian dibandingkan dengan mencicil setiap bulan sesuai dengan perjanjian yang ditetapkan. Membayar hutang bank sebelum jatuh tempo merupakan pilihan bagi peminjam hutang namun ada resiko yang harus ditanggung jika ingin melunasi hutang tersebut sebelum jatuh tempo.

Selain kerugian dari pelunasan hutang yang lebih cepat terdapat juga keuntungan dari pelunasan hutang yang lebih cepat yaitu :

  1. Keuntungan bagi bank tersebut yaitu mendapat pengembalian uang lebih cepat dari tanggal jatuh tempo dari peminjam. Bank akan mendapat pengembalian uang lebih cepat dan tidak perlu menunggu lama untuk peminjam melunasi semua hutangnya. Bank juga akan memperoleh keuntungan dengan adanya biaya administrasi, biaya penalti, biaya kerugian jika peminjam melakukan pelunasan hutang sebelum jatuh tempo.
  2. Keuntungan bagi peminjam yaitu hutang akan cepat lunas dan tidak ada tanggungan biaya lagi untuk melunasi hutang tersebut. Jika Anda melunasi hutang lebih cepat sebelum jatuh tempo akan meringankan finansial Anda dan Anda bisa membeli barang yang Anda inginkan jika Anda memiliki uang lebih.
  3. Keuntungan bagi bank yaitu dapat memutar uang investasi kepada peminjam lain. Semakin cepat uang dari peminjam yang kembali maka akan semakin banyak bank melakukan investasi kepada pihak lain.

Sebelum Anda melunasi hutang bank sebelum tanggal jatuh temponya ada baiknya Anda memperhitungkan kerugian yang didapat serta keuntungannya. Baca 5 Solusi Terlilit Hutang Bank

Advertisements

Prosedur Dan Sistem Pelunasan Kredit BRI Sebelum Jatuh Tempo

Bagi Anda yang mempunyai hutang di bank pastinya menginginkan untuk melunasi hutang tersebut sehingga tidak mempunyai beban tanggungan setiap bulannya yang dikeluarkan untuk membayar cicilan. Untuk Anda yang mempunyai hutang di bank BRI dan belum mengetahui sistem pelunasan kredit sebelum jatuh tempo maka Anda harus menyimak artikel berikut ini.

Artikel kali ini akan membahas tentang prosedur dan sistem pelunasan kredit BRI sebelum jatuh tempo. Masing-masing bank mempunyai peraturan yang berbeda tentang sistem pelunasan kredit sebelum waktunya. Apakah pelunasan kredit yang lebih cepat di bank BRI sebelum jatuh tempo akan mendapat potongan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian berikut

Ketentuan bank BRI sama seperti ketentuan yang telah ditetapkan oleh BI. Rekalkulasi angguran bank BRI menggunakan kurva gunung maksudnya yaitu apabila Anda ingin melunasi hutang di awal atau akhir bulan bunga yang harus dibayarkan semakin kecil.

Tetapi jika Anda ingin melakukan pelunasan di tengah tanggal jatuh tempo maka biaya rekalkulasi akan semakin besar. Bank BRI tidak akan memberikan potongan sebelum tanggal jatuh tempo tetapi Anda akan diberikan denda karena tidak memenuhi kontrak kredit.

Prosedur Pelunasan Kredit Sebelum Jatuh Tempo

Bagi Anda yang ingin melakukan pelunasan kredit sebelum waktunya sebaiknya Anda melakukan perhitungan biaya penalti, biaya kerugian, biaya administrasi yang harus dikeluarkan jika Anda akan melakukan pelunasan kredit sebelum waktunya. Baca Jika Tidak Membayar KUR Bank

Jangan sampai Anda menyesal karena telah melunasi hutang tersebut sebelum tanggal jatuh temponya. Berikut ini adalah prosedur pelunasan kredit sebelum jatuh tempo yaitu :

  1. Meminta pihak bank untuk menjelaskan kepada Anda tentang sisa hutang Anda, biaya kerugian, biaya penalti, biaya administrasi yang harus dibayarkan. Dicermati hasil perhitungan tersebut agar Anda tidak salah mengambil keputusan.
  2. Membuat surat pemberitahuan kepada kepala cabang bank jika akan menyelesaikan kredit sebelum tanggal jatuh tempo. Surat tersebut berisi berapa biaya yang harus Anda bayar untuk melunasi semua hutang Anda.
  3. Jika ada surat jaminan sebelum Anda melakukan kredit maka Anda harus mengambil surat jaminan tersebut sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pelunasan kredit tersebut. Surat yang menjadi jaminan biasanya berupa surat tanah, BPKB motor, dll.
  4. Jika Anda sudah melakukan pelunasan maka Anda harus minta surat keterangan lunas dari bank yang bersangkutan. Dengan adanya surat tersebut maka dapat dijadikan pertimbangan bank lainnya untuk meminjami kredit ke Anda nantinya.

Sebaiknya Anda melakukan pelunasan kredit sesuai tanggal jatuh tempo untuk menghindari kredit macet. Sistem pelunasan kredit penting untuk mengetahui bagaimana penerapan denda sistem pelunasan hutang dan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin melunasi hutang sebelum jatuh tempo.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan