Melihat Prosedur Penagihan Kredit Pintar ke Rumah

Melihat Prosedur Penagihan Kredit Pintar ke Rumah

Diposting pada
Advertisements

Belakangan ini marak kabar yang mengungkapkan tentang “bahayanya” meminjam uang melalui aplikasi peminjaman online. Dari kabar yang beredar, semua kontak yang ada di ponsel nasabah akan dihubungi. Padahal, tidak semua penyedia pinjaman online seperti itu. Kredit pintar salah satunya. Sebelum menghubungi nomor darurat, akan dilakukan penagihan kredit pintar ke rumah.

Nomor darurat yang dimaksud adalah nomor kontak opsional yang dimasukkan oleh nasabah ketika mengajukan pinjaman. Itupun dilakukan jika setelah penagihan kredit pintar ke rumah nasabah tetap tidak mau membayar. Tapi, sebelum semua itu ada prosedur yang diterapkan oleh kredit pintar yang pastinya tidak akan membuat malu nasabah.

Advertisements

Sebelum petugas melakukan penagihan kredit pintar ke rumah, nasabah akan terlebih dahulu dihubungi, baik melalui pesan teks maupun telepon. Langkah ini dilakukan jika nasabah tidak melakukan pembayaran hingga jatuh tempo. Setiap nasabah diberi jangka waktu 1 bulan sejak disetujuinya peminjaman untuk membayar cicilan bulanan

Sebelum melakukan penagihan kredit pintar ke rumah, inilah beberapa hal yang dilakukan oleh pihak kredit pintar

  1. Peringatan via SMS/ Whatsapp

Ketika tiba waktunya membayar cicilan, kredit pintar akan mengingatkan nasabah dalam bentuk pesan teks, bisa SMS atau whatsapp. Pesan ini dikirim kepada nomor nasabah yang bersangkutan. Dan bukan semua kontak yang ada di ponsel nasabah

  1. Penagihan melalui telepon

Jika setelah diperingatkan pihak kredit pintar melalui SMS atau whatsapp nasabah belum juga membayar cicilan, maka nasabah akan dihubungi via telepon. Sekali lagi, nomor telepon yang dihubungi pihak kredit pintar adalah nomor telepon nasabah yang dimasukkan pada saat pengajuan pinjaman, dan bukan nomor darurat Baca Nomor Call Center Kredit Pintar 24 Jam Layanan Pelanggan

  1. Penagihan melalui kunjungan langsung

Jika melalui pesan teks maupun telepon belum berhasil, barulah dilakukan penagihan kredit pintar ke rumah nasabah yang bersangkutan. Bukan hanya rumah, pihak kredit pintar juga bisa menagih langsung ke tempat kerja, toko, atau lokasi usaha nasabah.

Jika setelah penagihan kredit pintar ke rumah nasabah terus menunggak hutang lalu “menghilang” barulah kredit pintar menghubungi kontak yang dicantumkan sebagai nomor darurat oleh nasabah. Tujuannya bukan untuk meminta pelunasan, tetapi untuk mengetahui keberadaan nasabah.

Pihak kredit pintar akan bertanya kepada kontak darurat tentang informasi terkini nasabah. Baik nomor yang bisa dihubungi, alamat saat ini, atau jika ternyata nasabah diketahui sudah meninggal dunia, maka kredit pintar akan bertemu ahli waris untuk membicarakan hutang yang belum dilunasi.

Jika nasabah diketahui keberadaannya, nasabah tidak ada niat baik untuk melunasi hutang atau bisa dibilang dengan sengaja mengabaikan peringatan yang diberikan oleh pihak kredit pintar, maka pihak kredit pintar akan menghubungi kontak darurat untuk menanyakan kelanjutan pinjaman. Karena biasanya yang dicantumkan sebagai kontak darurat adalah keluarga.

Hal terakhir yang dilakukan pihak kredit pintar jika peringatan berkali diabaikan, penagihan kredit pintar  ke rumah juga gagal, nasabah menghilang tanpa jejak atau tak ada niat baik untuk membayar cicilan, dan kontak darurat juga tidak mengetahui kelanjutannya, maka pihak kredit pintar akan membawa kasus ini sebagai penipuan dan melapor pada pihak berwajib. Baca Tutorial Bayar Tagihan Kredit Pintar Lewat M-Banking BCA

Sebagai nasabah, kamu juga wajib hati-hati dengan perusahaan fintech penipuan. Agar lebih aman, pastikan perusahaan fintech sudah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan) seperti perusahaan kredit pintar. Bayar cicilan bulanan tepat waktu agar tak sampai ada penagihan kredit pintar ke rumah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan