Home Panduan Lihat 10 Keuntungan Investasi dan Tabungan Emas di Pegadaian

Lihat 10 Keuntungan Investasi dan Tabungan Emas di Pegadaian

7 min read
0
0
Lihat 10 Keuntungan Investasi dan Tabungan Emas di Pegadaian

Investasi Tabungan Emas – Emas adalah salah satu pilihan investasi yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung biasa. Wajar saja, karena tiap tahun terjadi penurunan nilai mata uang, sementara nilai emas cenderung naik tiap tahunnya.

Salah satu lembaga yang melayani investasi dan tabungan emas adalah Pegadaian. Pegadaian memiliki produk investasi emas seperti Mulia (https://www.pegadaian.co.id/produk/mulia), Tabungan Emas (https://www.pegadaian.co.id/produk/tabungan-emas), maupun Konsinyasi Emas (https://www.pegadaian.co.id/produk/konsinyasi-emas).

Dengan produk tersebut, Pegadaian melayani pembelian, penjualan, dan penitipan emas. Pegadaian bisa menjadi salah satu pilihan saat ingin investasi emas. Tapi kenapa harus investasi dan menabung emas di Pegadaian sih? Apa untungnya?

Advertisements
  1. Pembelian emas bisa dicicil, tidak harus membeli secara tunai

Menabung emas di Pegadaian bisa dimulai dengan nominal yang tidak memberatkan. Menabung emas di Pegadaian bisa dimulai dengan nominal minimal adalah 0,01 gram.

Sementara untuk berinvestasi emas, pembeliannya tidak harus dilakukan secara tunai. Pegadaian menyediakan layanan angsuran pembelian emas dengan periode 3 – 36 bulan. Nasabah membayarkan uang muka pembelian emas sebesar 20% dari harga emas.

Dengan fasilitas cicilan, tentu memudahkan nasabah yang tidak memiliki uang tunai untuk memulai investasi emas. Selain dicicil, pembelian emas di Pegadaian ini bisa dilakukan secara kolektif atau arisan.

  1. Penjualan (buyback) emas di Pegadaian lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan emas di pasar biasa

Dilansir dari situs resminya, menjual kembali emas di Pegadaian diklaim lebih menguntungkan. Itu karena Pegadaian membeli emas dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasaran. Baca 7 Situs Penyedia Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat

  1. Investasi emas yang produktif

Dengan menggunakan layanan Konsinyasi Emas, nasabah bisa menjual emas disaat nilainya sudah naik. Proses penjualan emas bisa diserahkan langsung ke Pegadaian. Sehingga, 1/3 bagian keuntungan akan diberikan kepada nasabah.

  1. Emas disimpan secara aman

Menyimpan emas sendiri cenderung beresiko. Entah itu dicuri atau hilang. Keuntungan menginvestasikan dan menabung emas di Pegadaian adalah emas dijamin aman. Nasabah hanya memegang buku rekening tabungan emas sehingga berbagai resiko dapat dihindari.

Advertisements
  1. Biaya administrasi dan penitipan yang murah

Biaya pendaftaran investasi dan tabungan emas di Pegadaian tergolong murah. Nasabah cukup membayar Rp.10.000 saat pendaftaran. Sementara jika ingin menggunakan layanan penitipan emas di Pegadaian, nasabah dikenakan biaya Rp.30.000 per tahun.

  1. Emas dapat dijual sewaktu-waktu

Emas termasuk sebagai investasi yang paling aman dan stabil. Saat berinvestasi dan menabung emas di Pegadaian, nasabah bisa mencairkan tabungan emas sewaktu-waktu dan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Proses pencairan. Baca 5 Kelebihan Beli Emas di Pegadaian Secara Tunai

  1. Menabung emas bisa dilakukan lewat ATM maupun secara online

Investasi dan tabungan emas di Pegadaian memungkinkan nasabah untuk menyetorkan tabungan lewat ATM atau lewat aplikasi Pegadaian yang bisa diakses di smartphone. Nasabah pun bisa menabung kapan saja tanpa harus mendatangi Pegadaian.

  1. Persyaratannya mudah

Untuk berinvestasi atau menabung emas di Pegadaian, syaratnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas seperti KTP, SIM atau paspor yang masih berlaku. Setelah itu, tinggal mengisi formulir pengajuan investasi atau tabungan emas.

  1. Pilihan investasi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat

Tidak dibutuhkan banyak uang ketika ingin berinvestasi atau menabung emas di Pegadaian. Cukup menyisihkan uang senilai 0,01 gram untuk saldo awal, maka nasabah sudah bisa memulai berinvestasi emas. Layanan Pegadaian seperti ini memungkinkan berbagai kalangan masyarakat untuk berinvestasi emas.

  1. Emas dapat dicetak sewaktu-waktu

Selain pembelian, penjualan dan penitipan emas, Pegadaian juga menyediakan layanan percetakan emas. Pilihan keping emas tersedia mulai 5gr, 10gr, 25gr, 50gr hingga 100gr. Percetakan emas di Pegadaian dikenakan biaya cetak sesuai dengan pilihan keping emas.

Itulah 10 keuntungan yang bisa diperoleh saat berinvestasi atau menabung emas di Pegadaian. Di Pegadaian, ada 3 jenis produk investasi emas, yakni Mulia, Tabungan Emas dan Konsinyasi Emas. Apa tepatnya perbedaan ketiga produk tersebut? Baca Kenali 4 Produk Pegadaian Syariah Untuk Pinjam Uang

Jika ingin membeli emas dengan tunai maupun cicil, maka pilihlah produk Mulia. Sementara jika ingin menabung emas, maka bisa memilih produk Tabungan Emas. Yang terakhir adalah Konsinyasi Emas, yakni layanan penjualan emas dengan sistem bagi hasil diantara pihak Pegadaian dan nasabah.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan