Home Panduan Kenali Apa Saja Syarat untuk Mengajukan Kredit Motor?

Kenali Apa Saja Syarat untuk Mengajukan Kredit Motor?

6 min read
0
0
Kenali Apa Saja Syarat untuk Mengajukan Kredit Motor?

Syarat untuk Mengajukan Kredit Motor – Kredit motor adalah salah satu cara yang disukai oleh masyarakat untuk memperoleh motor idaman. Pasalnya, tidak semua orang mampu membeli motor secara tunai.

Nah, saat hendak mengajukan kredit motor, ada baiknya untuk mempersiapkan persyaratan kredit motor supaya pengajuan kredit diterima.

Lalu apa saja persyaratan untuk mengajukan kredit motor? Simak 7 syarat untuk mengajukan kredit motor berikut.

Advertisements
  1. Memenuhi persyaratan individu

Untuk mengajukan kredit motor, seseorang harus merupakan Warga Negara Indonesia. Selain itu, pemohon juga harus memenuhi persyaratan umur. Di semua kredit, minimal pemohon harus berumur minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan pemohon dalam bertanggungjawab dan melunasi kredit. Baca Pinjam Uang Tanpa Syarat Langsung Cair

  1. Persyaratan dokumen lengkap

Tiap institusi pemberi kredit atau kreditur menetapkan syarat dokumen yang berbeda-beda. Namun secara umum dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit motor adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP pemohon dan suami atau istri pemohon sebagai penjamin (bila sudah menikah).
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Surat akta nikah
  • Surat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), biasanya dibutuhkan apabila pembiayaan bernilai lebih dari 50 juta rupiah
  • Rekening tabungan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir
  • Asli slip gaji atau bukti pendapatan
  • Foto tempat usaha beserta fotokopi SIUP (jika pemohon merupakan wiraswasta dan profesional)
  • Dokumen lain yang diperlukan
  1. Memiliki pekerjaan tetap atau pendapatan

Dalam pengajuan kredit apapun, pemohon diharuskan memiliki pekerjaan tetap atau pendapatan. Jika tidak, dikhawatirkan peminjam nantinya tidak dapat melunasi kredit. Kreditur biasanya mengharuskan pemohon untuk minimal telah bekerja selama 3 bulan.

Ada juga yang mengharuskan pemohon untuk telah bekerja selama 1 tahun, seperti yang ditetapkan oleh Adira. Pekerjaan pemohon akan dibuktikan dengan slip gaji atau bukti pendapatan lainnya.

  1. Memiliki tempat tinggal yang jelas

Pemohon kredit motor, atau kredit apapun, biasanya diharuskan memiliki alamat tempat tinggal yang jelas dan nyata. Hal ini sebagai penjamin bagi bank agar dapat mengunjungi rumah debitur sewaktu-waktu terjadi suatu masalah.

Advertisements

Tempat tinggal pemohon dibuktikan dengan fotokopi bukti kepemilkan rumah atau bukti tempat tinggal seperti rekening listrik, telepon, PAM (Perusahaan Air Minum), PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) atau AJB (Akta Jual Beli). Baca Mengajukan KUR BRI Jaminan BPKB Motor

  1. Pastikan riwayat Anda bersih

Saat mengajukan kredit apapun, pihak bank akan melakukan pengecekan pada riwayat kredit Anda. Ada sistem informasi antar bank yang memungkinkan bank mengetahui apakah pemohon memiliki riwayat kredit yang buruk. Jika pemohon sudah masuk blacklist, kecil kemungkinan pengajuan kredit motor akan diterima.

  1. Membayarkan uang muka

Saat melakukana akad perjanjian kredit, pemohon diharuskan membayar uang muka. Besarnya uang muka pada kredit motor berbeda-beda. Contohnya untuk kredit motor di Adira, besar uang muka yang dibayarkan adalah 15% untuk jenis motor bebek, motor matic, dan motor sport berkapasitas sampai dengan 500 cc.

Kenali Apa Saja Syarat untuk Mengajukan Kredit Motor?

Anda bisa membayarkan uang muka lebih dari ketentuan yang ditetapkan. Malahan, dengan begitu, Anda dapat memperkecil jumlah cicilan kredit yang harus dibayarkan tiap bulannya. Jumlah cicilan juga tergantung dari suku bunga dan masa pengembalian pinjaman yang Anda pilih.

  1. Syarat umur kendaraan

Umur kendaraan juga menjadi pertimbangan kreditur untuk menerima atau menolak permohonan kredit. Umur kendaraan ini berlaku apabila motor yang hendak dibeli merupakan motor bekas. Di Adira misalnya, motor bekas yang dibiayai maksimal adalah berumur 12 tahun sampai akhir tenor.

Itulah persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan kredit motor. Sebelum mengajukan kredit motor, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang disebutkan sehingga kemungkinan permintaan kredit disetujui akan semakin tinggi. Baca Pelunasan Kredit Motor Sebelum Jatuh Tempo

Nah, setelah persyaratan itu terpenuhi, pengajuan kredit dapat disetujui dan proses kredit motor pun segera berlangsung. Biasanya institusi pemberi kredit akan meminta jaminan atau agunan kredit motor. Yang menjadi jaminan pada kredit motor biasanya adalah BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor). Jika kredit telah terselesaikan, barulah BPKB motor akan dikembalikan kepada debitur.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan