Home Panduan Ini Tahapan Proses Pengajuan Kredit Mobil Sampai Serah Terima

Ini Tahapan Proses Pengajuan Kredit Mobil Sampai Serah Terima

6 min read
0
0
Ini Tahapan Proses Pengajuan Kredit Mobil Sampai Serah Terima

Proses Pengajuan Kredit Mobil – Kredit mobil bisa menjadi solusi untuk mendapatkan mobil idaman secara cepat. Nah kira-kira bagaimanakah proses pengajuan kredit mobil? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pilih jenis mobil yang diinginkan

Dalam memilih jenis mobil, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Apakah mobil akan digunakan untuk tujuan produktif (usaha) atau pemakaian pribadi? Berapa cicilan yang mampu Anda bayarkan dengan pengambilan tenor maksimal?

  1. Pilih perusahaan pembiayaan

Ada banyak perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan kredit mobil, baik bank maupun non bank. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih perusahaan pembiayaan adalah besar uang muka, suku bunga yang dikenakan, dan jangka waktu pengembalian yang diberikan.

Advertisements

Pelajari juga skema kredit yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan. Jangan ragu untuk melakukan riset terlebih dahulu sehingga dapat menemukan perusahaan pembiayaan yang paling cocok untuk kondisi keuangan Anda.

  1. Siapkan persyaratan dan ajukan ke bank atau perusahaan pembiayaan

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit mobil adalah persyaratan individu dan persyaratan dokumen. Secara umum, pemohon kredit mobil harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia),
  • Berusia minimal 21 tahun ketika pengajuan kredit dan maksimal adalah 60 tahun ketika kredit lunas,
  • Memiliki pekerjaan tetap atau penghasilan tiap bulannya,
  • Memiliki domisili atau tempat tinggal yang jelas,
  • Telah bekerja selama kurun waktu tertentu, biasanya minimal 1 tahun (tergantung ketentuan dari perusahaan pembiayaan)

Sementara itu, secara umum persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit adalah:Baca Besar Uang Muka yang Harus Disiapkan untuk Kredit Mobil?

  • Kartu pengenal diri, bisa berupa KTP atau SIM,
  • Slip gaji, sebagai bukti pekerjaan atau pendapatan,
  • Kartu Keluarga,
  • Bukti domisili, bisa berupa PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), rekening listrik maupun PDAM,
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (jika ada),
  • Foto tempat usaha beserta fotokopi SIUP (jika pemohon merupakan wiraswasta dan profesional),
  • Surat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak),
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.

Lakukan pengajuan pada perusahaan pembiayaan dengan membawa persyaratan dokumen. Pemohon akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kredit mobil. Selain itu biasanya pemohon harus membayarkan booking fee sekitar Rp.5.000.000 untuk mendapat antrean pemesanan.

Advertisements
  1. Penentuan diterima atau ditolaknya pengajuan kredit mobil

Setelah mengajukan kredit mobil, perusahaan pembiayaan akan memproses pengajuan Anda. Ada kemungkinan petugas dari perusahaan pembiayaan datang melakukan verifikasi untuk menentukan kelayakan calon debitur.

Jika pemohon memiliki riwayat yang bersih terkait kredit, persyaratannya lengkap dan diyakini mampu menjalani kredit, maka perusahaan pembiayaan dapat menyetujui permohonan kredit. Proses ini berlangsung selama 3 – 7 hari kerja.

  1. Membayar uang muka

Uang muka harus dibayarkan sebelum kredit bisa dilaksanakan. Tiap perusahaan pembiayaan menetapkan besaran uang muka yang berbeda-beda. Baca Bagaimana Menghitung Cicilan Kredit Mobil?

Besarnya uang muka biasanya adalah sekitar 20 – 30% dari harga mobil. Sangat penting untuk memilih perusahaan pembiayaan yang menawarkan besaran uang muka paling kompetitif.

  1. Proses pengurusan Plat Nomor dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Setelah pembayaran uang muka, plat nomor dan STNK mobil akan diurus. Lama pengurusan plat nomor dan STNK ini sangatlah bervariasi. Proses ini membutuhkan waktu paling cepat sekitar 8 hari.

Ini Tahapan Proses Pengajuan Kredit Mobil Sampai Serah Terima

  1. Pengiriman mobil

Mobil dapat dikirim ke rumah debitur dalam kurun waktu 7 sampai 14 hari sejak pembayaran uang muka. Namun tentu mobil ini belum bisa langsung dipakai.

Sebab debitur perlu menunggu plat nomor dan STNK-nya selesai diproses. Kalau tidak, siap-siap saja ditilang oleh polisi saat mengendarainya di jalan raya.

Itu tadi proses pengajuan kredit mobil yang perlu Anda ketahui. Cukup mudah bukan? Kredit mobil memang dikenal dengan prosesnya yang mudah. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapat mobil baru dengan kredit pun tergolong cepat. Baca Lihat Tabel Kredit Motor di Pegadaian

Secara keseluruhan lama waktu pemrosesan kredit mobil mulai dari pemesanan hingga pengiriman mobil adalah 2 – 4 minggu. Pastikan saja Anda telah menyiapkan seluruh persyaratan dokumen dan biaya yang diperlukan. Dengan begitu proses pengajuan kredit mobil idaman Anda bisa berjalan lancar.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan