Home Keuangan Ini Lho Tahapan Menjaminkan Sertifikat Atas Nama Orang Lain Di Bank

Ini Lho Tahapan Menjaminkan Sertifikat Atas Nama Orang Lain Di Bank

5 min read
0
0
Ini Lho Tahapan Menjaminkan Sertifikat Atas Nama Orang Lain Di Bank

Gadai sertifikat rumah di bank memang menjadi pilihan yang wajar saat kondisi kita sedang sangat sulit.

Terutama ketika sedang terkena musibah seperti mendadak membutuhkan biaya untuk pengobatan atau karena musibah besar lainnya.

Selain itu melakukan kredit bank juga bisa menjadi solusi yang baik bagi mereka yang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis.

Advertisements

Namun, akan menjadi masalah ketika sertifikat atas nama orang lain. Hal ini disebabkan karena beberapa pihak bank tidak akan menerima nasabah yang menggunakan jaminan sertifikat dengan nama orang lain.

Jika Anda mengalaminya, maka ada beberapa proses yang harus Anda jalankan agar bisa melanjutkan proses peminjaman dana bank dengan menggunakan sertifikat tanah yang Anda miliki. Bagaimana caranya?

Ingin Kredit Bank Dengan Jaminan Sertifikat Atas Nama Orang Lain? Ini Dia Caranya

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, proses peminjaman uang di bank memang diharuskan menggunakan jaminan sertifikat atas nama sendiri. Lalu, bagaimana jika sertifikat tanah yang kita miliki masih menggunakan nama pemilik lama?

Apakah itu artinya kita tidak dapat melakukan kredit di bank dengan menggunakan sertifikat tanah yang kita miliki? Tentu saja tidak demikian.

Dengan beberapa proses yang harus Anda jalankan maka Anda bisa segera melakukan kredit di bank dengan menggunakan sertifikat tanah tersebut. Bagaimana caranya?

Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah mengganti sertifikat atas nama orang lain menjadi nama Anda sendiri. Baca Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua

Advertisements

Beberapa bank biasanya bersedia membantu nasabahnya yang hendak melakukan proses balik nama sertifikat untuk proses peminjaman uang di bank. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri tanpa melalui bantuan pihak bank, yaitu dengan mendatangi kantor pertahanan atau mengajukannya ke Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Proses balik nama sertifikat tanah biasanya disertai dengan sejumlah biaya tertentu. Meskipun demikian, biaya yang dikeluarkan tentu tidak sebanding dengan manfaat yang akan kita terima.

Dengan memiliki sertifikat tanah atas nama pribadi maka kita menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai proses yang membutuhkan surat sertifikat tanah tersebut.

Namun, proses balik nama sertifikat tidak perlu Anda lakukan jika sertifikat atas nama orang lain tersebut adalah milik orang tua Anda sendiri.

Ya, beberapa bank memang telah memfasilitasi para nasabahnya yang ingin melakukan kredit bank dengan menggunakan sertifikat tanah atas nama orang tua. Namun, proses kredit bank dengan jaminan sertifikat tanah atas nama orang tua juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu syaratnya adalah bahwa semua anggota keluarga baik kakak atau adik telah setuju dengan pengajuan atau permohonan peminjaman uang tersebut. Baca Gadai Sertifikat Tanah Atas Nama Orang

Selain itu proses ini juga membutuhkan tanda tangan orang tua untuk menandatangani berbagai berkas atau dokumen yang diperlukan. Nah, demikian uraian mengenai cara kredit bank dengan jaminan sertifikat atas nama orang lain.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan