Home Panduan Ini Dokumen Plus Syarat Untuk Mengajukan Kredit Mobil

Ini Dokumen Plus Syarat Untuk Mengajukan Kredit Mobil

6 min read
0
0
Ini Dokumen Plus Syarat Untuk Mengajukan Kredit Mobil

Mengajukan Kredit Mobil – Kredit mobil adalah solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil idaman namun belum memiliki dana untuk membeli secara tunai. Mengajukan kredit mobil bukanlah hal yang sulit, namun tidak dapat dianggap sepele juga.

Persyaratan untuk mengajukan kredit mobil harus dipenuhi agar dapat segera disetujui oleh perusahaan pembiayaan. Apa saja syarat untuk mengajukan kredit mobil? Simak daftarnya di bawah ini.

Memenuhi persyaratan individu

Persyaratan individu yang harus dipenuhi oleh pemohon adalah:

Advertisements
  1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia),
  2. Berusia minimal 21 tahun ketika pengajuan kredit dan maksimal adalah 60 tahun ketika kredit lunas,
  3. Memiliki pekerjaan tetap atau penghasilan tiap bulannya,
  4. Memiliki domisili atau tempat tinggal yang jelas,
  5. Telah bekerja selama kurun waktu tertentu, biasanya minimal 1 tahun (tergantung ketentuan dari perusahaan pembiayaan)

Memenuhi persyaratan dokumen

Persyaratan dokumen dalam pengajuan kredit ini berlaku sebagai bukti otentik pemohon. Tiap perusahaan pembiayaan memiliki persyaratan dokumennya sendiri-sendiri. Namun secara umum dokumen yang harus disiapkan saat mengajukan kredit mobil adalah sebagai berikut:

  • Kartu pengenal diri, bisa berupa KTP atau SIM,
  • Slip gaji, sebagai bukti pekerjaan atau pendapatan,
  • Kartu Keluarga,
  • Bukti domisili, bisa berupa PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), rekening listrik maupun PDAM,
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (jika ada),
  • Foto tempat usaha beserta fotokopi SIUP (jika pemohon merupakan wiraswasta dan profesional),
  • Surat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak),
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.

Membayarkan Uang Muka

Uang muka harus dibayarkan oleh debitur sebelum kredit mobil benar-benar bisa dimulai. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, besarnya uang muka yang harus dibayarkan saat kredit mobil adalah sebesar 20-25%. Baca Kenali Apa Saja Syarat untuk Mengajukan Kredit Motor?

Namun besarnya uang muka yang harus dibayarkan juga tergantung dari kebijakan perusahaan pembiayaan. Sebagai contoh, Adira menetapkan uang muka sebesar 30% untuk kredit mobil. Jadi semisal Anda mengajukan kredit mobil senilai 300 juta rupiah, Anda harus membayarkan uang muka sebesar 90 juta rupiah.

Membayarkan Biaya Administrasi

Biaya administrasi adalah biaya yang dibayarkan peminjam untuk peningkatan pelayanan administrasi. Besarnya biaya administrasi yang dikenakan oleh perusahaan pembiayaan jumlahnya berbeda-beda. Sebagai contoh, Adira menetapkan biaya administrasi sebesar Rp.20.000 per transaksi.

Advertisements

Membayarkan Biaya Asuransi

Asuransi memberikan keuntungan pada debitur apabila hal tidak diinginkan terjadi pada mobil pada saat kredit sedang berlangsung, semisal kecelakaan maupun kehilangan. Ada 2 jenis asuransi untuk kredit mobil, yakni asuransi TLO (Total Loss Only) dan All Risk.

TLO berarti Anda hanya bisa mengklaim asuransi jika mobil mengalami kerusakan sebesar 75% atau lebih, dan jika mobil hilang karena pencurian maupun perampasan. Sementara All Risk berarti Anda dapat mengklaim asuransi untuk kasus mobil mulai dari kerusakan yang kecil seperti lecet, hingga kehilangan mobil.

Ini Dokumen Plus Syarat Untuk Mengajukan Kredit Mobil

Tentu harga yang dibayarkan untuk asuransi All Risk lebih mahal dari asuransi TLO. Selain jenis asuransi, biaya asuransi juga ditentukan dari harga mobil. Biaya asuransi kredit mobil biasanya berlaku untuk periode 1 tahun. Jadi premi asuransi ini harus dibayarkan lagi pada tahun berikutnya jika tetap ingin mengasuransikan mobil. Baca yang Diperlukan untuk Kredit Motor

Itulah syarat-syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan kredit mobil. Pastikan Anda telah memenuhi ketentuan individu dan juga menyiapkan persyaratan dokumennya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajukan kredit mobil:

  1. Pilihlah perusahaan pembiayaan yang menawarkan suku bunga paling rendah, periode pembayaran yang fleksibel, dan uang muka yang kompetitif. Jangan segan untuk melakukan riset tentang berbagai perusahaan pembiayaan yang tersedia.
  2. Ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan perusahaan pembiayaan sehingga Anda mengetahui skema kredit yang hendak dijalani. Kredit tentu akan mempengaruhi keputusan keuangan Anda pada periode kredit. Mengetahui skema kredit akan membantu untuk melakukan perencanaan yang baik.
  3. Jadilah debitur yang disiplin. Dengan begitu reputasi sebagai debitur yang baik akan tetap terjaga sehingga pengurusan kredit di masa depan tidak akan bermasalah.
Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan