Home Panduan Hitungan Denda Telat Bayar Cicilan Motor FIF

Hitungan Denda Telat Bayar Cicilan Motor FIF

7 min read
0
0
Hitungan Denda Telat Bayar Cicilan Motor FIF

Telat Bayar Cicilan Motor FIF – Federal International Finance (FIF) Group adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembelian bagi masyarakat. Pembelian menggunakan layanan FIF ini bisa membeli banyak jenis barang, bisa berupa kendaraan bermotor atau bisa juga untuk membeli alat elektronik. Tentunya layanannya memiliki nama yang berbeda di FIF.

Untuk pembelian kendaraan bermotor bisa menggunakan layanan FIF Astra dan untuk pembelian alat elektronik menggunakan layanan FIF Spektra. Keduanya memiliki syarat dan ketentuan yang kurang lebih sama. Tidak banyak yang berbeda dari kedua layanan tersebut, mulai dari proses pengajuannya hingga pembayarannya lunas.

Seperti pada berbagai jenis pembayaran pembelian kendaraan bermotor lain, FIF Astra memberikan ketentuan denda jika telat bayar cicilan. Misalkan anda membeli motor menggunakan layanan dari FIF Astra, maka anda akan dikenakan denda akibat dari pembayaran yang terlambat ini.

Advertisements

Kebanyakan orang tidak mengetahui berapa besar denda yang harus dibayarkan, sehingga ketika akan terlambat membayar barulah sibuk mencari informasi dengan bertanya jika telat bayar cicilan motor FIF kenda denda berapa ya. Anda bisa mengetahui informasi tersebut melalui pembahasan pada bagian di bawah ini.

Bagian berikut ini akan menginformasikan pada anda bahwa suatu cicilan pembelian motor yang terlambat pasti dikenakan denda dan berapa denda yang dikenakan tersebut pun akan dibahas dengan jelas dan lengkap. Baca 4 Keuntungan Pelunasan Kredit Motor Sebelum Jatuh Tempo

Sebelumnya, tentu anda perlu mengetahui bahwa besar denda akibat telat bayar cicilan motor di FIF ini bergantung pada besar cicilan per bulan yang dibebankan pada anda dan berapa lama anda telat bayar cicilan tersebut. Itulah mengapa untuk memudahkan anda memahami perhitungan denda telat bayar cicilan motor di FIF ini, anda akan diberikan sebuah contoh kasus. Simak contoh kasus dan perhitungan dendanya pada bagian di bawah ini.

Jika Telat Bayar Cicilan Motor FIF Kena Denda Berapa Ya? Simak Contoh Kasusnya Berikut!

Penjelasan di atas sudah menjelaskan bahwa pasti ada denda yang dikenakan untuk pembayaran cicilan motor anda yang terlambat. Sebelum anda ketahui berapa dendanya, marilah pelajari kasus berikut ini untuk memudahkan anda mengetahui dan mengambil kesimpulan bagaimana denda pada pembayaran cicilan motor yang terlambat dilakukan. Semoga informasinya bisa bermanfaat! Baca Cara Mencairkan Tabungan EMAS Pegadaian Pemula

Advertisements

Contoh Kasus:

Seorang Karyawan mencicil motor dengan layanan FIF Astra selama 24 bulan (2 tahun). Cicilan motor per bulan yang harus dia bayar adalah Rp670.000. Pembayaran cicilan ini jatuh tempo pada tanggal 20 setiap bulannya. Pada pembayaran yang kedua, ternyata dia lupa untuk membayar cicilan di tanggal 20, sehingga baru ingat membayar di tanggal 25. Karyawan ini terlambat membayar cicilan selama 5 hari. Berapa besar denda yang dikenakan padanya?

Berdasarkan contoh kasus di atas, bisa diketahui bahwa besar cicilan per bulan adalah Rp670.000 dan jatuh tempo setiap tanggal 25. Keterlambatan pembayaran terjadi selama 5 hari, sehingga denda yang akan dikenakan kepada nasabah ini adalah denda selama 5 hari tersebut. Tentunya pembayaran cicilan menjadi besar cicilan sebelumnya ditambah denda.

Denda per hari dari cicilan FIF dihitung sebesar 0,5%. Jadi selama 1 hari karyawan ini terkena denda keterlambatan sebesar Rp670.000 x 0,5% = Rp3.350.  Lalu berapa denda selama 5 hari? Tinggal kalikan saja Rp3.350 sebanyak 5 hari, yaitu Rp16.750. Bagaimana mudah bukan cara menghitung denda dari cicilan motor di FIF yang terlambat dibayar.

Secara umum denda bisa dihitung per hari yaitu 0,5% dari besar cicilan anda. Inilah yang menyebabkan besar denda pada setiap orang bisa saja berbeda. Jika keterlambatan tidak terlalu, besar dendanya pun tidak terlalu berat. Anda bisa segera melunasi pembayaran cicilan motor di FIF tadi dengan keterlambatannya agar tidak semakin bertumpuk-tumpuk. Baca Kelebihan Aplikasi Cek Saldo Tabungan EMAS Pegadaian

Demikian informasi yang bisa diberikan mengenai pertanyaan jika telat bayar cicilan motor FIF kena denda berapa ya? Sekarang anda sudah tahu bagaimana cara menghitungnya dan bisa menghitung sendiri besar cicilan yang dikenakan pada anda.

Semoga dengan informasi ini, anda bisa menjadi semakin giat membayar cicilan dan menghindari keterlambatan. Jangan sampai denda terus menumpuk dan malah menyusahkan anda dikemudian hari nantinya.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan