Home Keuangan Hal Wajib di Lakukan Sebelum Pelunasan Kredit Mikro Mandiri Perorangan

Hal Wajib di Lakukan Sebelum Pelunasan Kredit Mikro Mandiri Perorangan

4 min read
0
0
Hal Wajib di Lakukan Sebelum Pelunasan Kredit Mikro Mandiri Perorangan

Anda berkeinginan untuk melunasi pinjaman? Memiliki pinjaman memang terkadang membuat beban tersendiri, apalagi bagi Anda yang memiliki kredit lebih dari satu. Biasanya, kebutuhan pinjaman akan muncul ketika kita dihadapkan pada situasi yang mendesak dan membutuhkan biaya yang besar.

Contohnya yaitu biaya sekolah, biaya rumah sakit, maupun biaya renovasi rumah. Namun jika Anda berkeinginan untuk melakukan pelunasan kredit mikro mandiri perorangan ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan

Hal- Hal yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Melakukan Pelunasan Kredit

Sebagai nasabah yang baik, tentu Anda harus memperhatikan peraturan-peraturan yang terdapat dalam bank. Terutama yang berkaitan dengan pembayaran angsuran maupun pelunasan angsuran.

Advertisements

Beberapa bank memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing dalam pelunasan kredit. Berikut adalah hal-hal yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan pelunasan kredit mikro mandiri : Baca Tidak Sanggup Bayar KUR Di Bank

  • Memeriksa perjanjian awal

Memeriksa perjanjian awal dengan pihak bank akan sangat bermanfaat bagi Anda. Karena didalamnya mengatur segala bentuk kesepakatan mulai dari kesepakatan angsuran, agunan, hingga pelunasan.

Perjanjian awal juga dapat dijadikan sebagai bukti, apabila salah satu pihak melanggar kesepakatan bahkan untuk menuntut suatu pihak atas kewajibannya.

  • Membayar biaya penalti

Hal wajib selanjutnya yang harus Anda lakukan apabila akan melakukan pelunasan kredit mikro mandiri perorangan yaitu dengan membayar biaya penalti yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Advertisements

Besarnya biaya penalti biasanya akan membuat nasabah mengurungkan niatnya untuk melakukan pelunasan.

Akan tetapi biaya penalti merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pihakbank yang mencegah terjadinya kehilangan nasabah bank.

  • Memastikan dana yang dimiliki cukup

Hal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pelunasan kredit yaitu dengan memastikan kecukupan dana yang dibutuhkan untuk membayar lunas semua angsuran.

Jangan sampai pelunasan kredit justru membuat Anda untuk membuka kredit lainnya yang jangkanya lebih panjang. Hal tersebut bahkan dapat memperburuk keadaan perekonomian Anda.

  • Jangan menjual investasi Anda

Jangan sampai pelunasan kredit Anda justru dapat terpenuhi ketika Anda menjual sebagian atau bahkan seluruh aset investasi Anda. Hal tersebut dikarenakan bila Anda akan mengalami kesulitan ekonomi maka aset yang dimiliki tidak dapat membantu Anda mengatasi kesulitan ekonomi.

Demikianlah beberapa hal yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan pelunasan kredit mikro mandiri. Mungkin melunasi kredit akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Tetapi jangan sampai pelunasan justru membawa sesuatu yang tidak baik.  Pelunasan  yang dipaksakan justru akan membawa Anda pada kesulitan ekonomi. Baca Jatuh Tempo Angsuran KUR BRI

Melihat betapa banyaknya kerugian pelunasan angsuran sebelum jatuh tempo dapat membuat nasabah mengurungkan niatnya untuk melakukan pelunasan.

Tetapi jika Anda sudah mantap untuk melakukan pelunasan kredit sebelum jatuh tempo maka pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda.Maka pertimbangkanlah secara baik-baik sebelum Anda melakukan pelunasan kredit mikro mandiri perorangan.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan