Home Panduan Cara Menghitung Tunggakan BPJS Via Online Maupun Offline

Cara Menghitung Tunggakan BPJS Via Online Maupun Offline

9 min read
0
0

Menghitung Tunggakan BPJS – Salah satu kewajiban yang harus Anda penuhi sebagai peserta layanan BPJS (Badan Penyedia Jasa Kesehatan) adalah melakukan pembayaran secara tepat waktu.

Namun ada beberapa kasus di mana kita tidak memiliki uang yang cukup untuk melakukan proses pembayaran, sehingga terjadilah tunggakan. Terkadang kita juga tidak menghitung tunggakan BPJS yang kita miliki sehingga pada akhirnya kita terkejut dengan tunggakan yang membengkak jumlahnya.

Oleh karena itu sebagai pengguna yang baik, Anda selalu disarankan untuk melunasi tunggakan BPJS sesegera mungkin. Atau jika Anda melakukan tunggakan, Anda harus mengecek jumlah tunggakan Anda secara rutin sehingga Anda bisa mempersiapkan uang yang harus Anda bayarkan.

Advertisements

Ada beberapa cara yang mudah untuk menghitung dan melihat jumlah tunggakan yang harus Anda bayar. Anda bisa melakukan pengecekan secara online dan secara off line. Berikut di bawah ini beberapa langkah mudah melakukan pengecekan jumlah tunggakan secara online maupun secara off line.

Langkah-langkah Menghitung Tunggakan BPJS Secara Online

    • Pastikan Anda memiliki akses terhadap jaringan internet.
    • Langkah pertama, Anda harus mengunjungi laman resmi dari BPJS, yaitu bpjs-kesehatan.go.id. Lalu akan muncul sebuah tampilan yang berisi beberapa kolom. Isi informasi mengenai nomor kartu, tanggal lahir serta angka validasi pada kolom yang telah disediakan. Kemudian klik tombol cek.
    • Langkah selanjutnya, Anda akan dapat melihat beberapa informasi mengenai data kartu BPJS Anda yang meliputi nama peserta, nomor peserta, status peserta, jenis peserta, jumlah anggota keluarga, informasi tagihan, denda, total tagihan dan informasi mengenai pembayaran terakhir. Demikian langkah menghitung tunggakan BPJS via online.

Langkah-langkah Menghitung Tunggakan BPJS Secara Off Line

  • Perbedaan menghitung tunggakan tanggungan BPJS via online dengan via off line adalah hanya pada medianya saja. Untuk pengecekan via online, Anda menggunakan media jaringan internet. Sedangkan untuk pengecekan via off line, Anda tidak menggunakan jaringan internet,
  • Anda dapat langsung mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat untuk menanyakan berapa jumlah tunggakan yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa transaksi seperti transaksi pelunasan tunggakan serta pencairan uang asuransi.
  • Anda juga dapat mengunjungi kantor pos terdekat. Sama halnya dengan kantor BPJS, kantor pos juga dapat melayani beberapa transaksi pembayaran serta keuangan lainnya terkait dengan BPJS.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Indomaret dan Alfamart. Kedua mini market ini memang sudah terintegrasi dengan layanan BPJS sehingga segala informasi serta layanan transaksi bisa dilakukan di sini

Demikian beberapa langkah menghitung tunggakan BPJS secara online maupun secara off line yang dapat Anda coba. Segala fasilitas dan layanan disediakan BPJS untuk memberi kemudahan untuk Anda dan agar Anda lebih nyaman dalam menggunakan jasa BPJS.

Cara Termudah Mengetahui Tunggakan BPJS di 2 Lokasi Berikut

Tunggakan pembayaran BPJS (Badan Penyedia Jasa Kesehatan) merupakan kasus yang umum terjadi di kalangan pengguna BPJS. Hal ini disebabkan karena kelalaian ataupun memang orang tersebut sedang tidak memiliki uang untuk membayar, sehingga timbullah tunggakan.

Advertisements

Sebagai pengguna yang baik, Anda harus melakukan pengecekan untuk mengetahui tunggakan BPJS Anda sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan uang dalam melakukan pelunasan.

Konsekuensi dari menunggak atau tidak melakukan pelunasan selama 3 bulan atau lebih adalah kartu BPJS Anda akan di blokir. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak dapat menikmati seluruh layanan yang di sediakan oleh BPJS.

Oleh karena itu Anda sangat disarankan untuk mengecek secara rutin berapa jumlah tanggungan tunggakan Anda. Setidaknya ada beberapa cara yang mudah dalam melakukan pengecekan tunggakan BPJS Anda. Anda bisa melakukannya dengan via online maupun offline. Baca Gadai Jamsostek di Pegadaian

Langkah-langkah Mudah Mengecek Jumlah tunggakan BPJS

Anda dapat mengetahui tunggakan BPJS Anda secara online. Maksudnya adalah Anda dapat langsung mengeceknya melalu laman resmi dari BPJS, yaitu bpjs-kesehatan.go.id. Setelah itu, akan muncul sebuah tampilan yang mengharuskan Anda mengisi beberapa informasi. Anda harus mengisi informasi terkait nomor kartu, tanggal lahir serta angka validasi pada kolom-kolom yang sudah tersedia lalu Anda dapat klik tombol cek.

Setelah itu, akan muncul tampilan yang akan menunjukkan beberapa informasi mengenai kartu BPJS Anda. Informasi yang muncul yaitu nama peserta, nomor peserta, jenis peserta, status ke pesertaan, jumlah anggota keluarga peserta, informasi mengenai jumlah dengan, tagihan, tagihan dan juga informasi waktu pembayaran terakhir yang Anda lakukan. Dengan demikian Anda dapat melihat secara jelas berapa jumlah tunggakan yang harus Anda bayar sebelum 3 bulan ke depan agar kartu BPJS Anda tidak diblokir oleh manajemen BPJS.

Selain dengan cara online, Anda dapat mengetahui berapa tunggakan BPJS Anda secara offline. Yaitu tidak melalu jaringan internet, tetapi mengunjungi langsung tempat-tempat yang memiliki layanan transaksi BPJS. Ada beberapa tempat yang dapat ada kunjungi, yang pertama adalah kantor cabang terdekat.

Hal ini sudah sangat jelas dapat Anda kunjungi untuk mengecek jumlah tunggakan Anda sekaligus Anda dapat melakukan beberapa transaksi terkait BPJS. Tempat selanjutnya adalah kantor pos, kantor pos telah terhubung dengan layanan BPJS sehingga dapat memberi Anda informasi mengenai jumlah tunggakan BPJS Anda serta informasi lainnya. Baca Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan

Tempat yang ketiga adalah Indomaret dan Alfamart. Kedua mini market ini juga telah terhubung dengan layanan BPJS sehingga Anda bisa melakukan banyak transaksi terkait BPJS di sini.

Demikian beberapa cara yang mudah untuk mengetahui tunggakan BPJS yang harus Anda bayarkan. Anda disarankan untuk melunasinya sesegera mungkin agar kartu BPJS Anda tidak di blokir oleh BPJS dan Anda tetap bisa menikmati seluruh layanan BPJS.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan