Home Keuangan Cara Mengatasi Kredit Macet Di Bank Dengan Teknik Sederhana

Cara Mengatasi Kredit Macet Di Bank Dengan Teknik Sederhana

9 min read
0
0

Semakin berkembangnya teknologi yang ada saat ini semakin memudahkan seseorang untuk melakukan akses pembayaran misalnya penggunaan kartu kredit. Jaman sekarang jika ingin mengambil uang tidak harus pergi ke bank langsung karena sekarang sudah tersedia mesin ATM yang memudahkan Anda untuk mengambil uang di mana pun Anda berada.

Adanya kartu kredit maka Anda dapat membayar barang yang Anda inginkan tetapi pembayarannya dicicil per bulan tergantung pengeluaran Anda. Agar hutang Anda tidak semakin menumpuk yang menyebabkan kredit macet maka diperlukan cara mengatasi kredit macet.

Hutang yang menumpuk tentu akan membuat Anda pusing apalagi jika jumlah pendapatan tidak mencukupi untuk membayar hutang tersebut.

Advertisements

Jika Anda meminjam hutang ke bank akan dikenai bunga yang sangat tinggi. Jika Anda tidak menggunakan strategi mengatur keuangan dengan baik maka Anda kesulitan untuk membayar hutang tersebut.

Banyaknya jenis peminjaman dari bank dengan persyaratan yang mudah memberikan kemudahan untuk membeli barang yang Anda inginkan, sehingga Anda tergiur untuk mengikuti kredit tersebut.

Tips Mengatasi Kredit Macet Di Bank

Pinjaman yang tidak dibayar atau telat melakukan proses pembayaran disebut sebagai kredit macet. Ada banyak cara mengatasi kredit macet. Baca Denda Pembayaran Yang Telat Di Bank

Kredit macet terjadi jika orang yang meminjam tidak mampu lagi melakukan pembayaran hutang kepada bank karena pendapatannya tidak mencukupi untuk membayar kredit tersebut. Selain itu juga faktor bunga bank yang tinggi menyebabkan seseorang melakukan pembayaran kredit yang telat.

Jika kredit Anda macet pasti Anda bingung untuk membayar kredit tersebut karena pendapatan Anda yang tidak sebanding dengan pengeluaran Anda.

Pihak bank akan terus menagih hutang kredit Anda selama Anda tidak membayar cicilan hutang tersebut. Sekarang Anda tidak perlu bingung karena kami akan memberi Anda cara menghindari kredit yang macet yaitu :

  1. Jangan telat membayar cicilan. Semakin Anda telat membayar cicilan maka semakin banyak hutang Anda yang menumpuk. Dengan mencicil hutang tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan akan meringankan beban hutang Anda.
  2. Pinjam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayarnya. Jika Anda ingin mengajukan kredit bank salah satu hal yang terpenting yaitu jangan meminjam uang melebihi pendapatan Anda per bulan. Jika Anda meminjam uang seperlunya maka kredit tidak akan macet.
  3. Hindari gaya hidup konsumtif. Jika Anda menginginkan kredit yang Anda ajukan tidak macet di tengah jalan sebaiknya gaya hidup Anda jangan terlalu konsumtif. Pastikan pinjaman uang Anda hanya digunakan untuk keperluan penting bukan untuk memenuhi gaya hidup konsumtif.  Gaya hidup konsumtif hanya akan membuat Anda terlilit banyak hutang.

Jika Anda menerapkan cara mengatasi kredit macet maka hutang Anda akan cepat lunas dan tidak akan terjadi penumpukan hutang.

Advertisements

Hukum Tidak Membayar Hutang Di Bank Dalam Islam

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang hukum tidak membayar hutang. Dalam Islam berhutang tidak dilarang asalkan hutang yang Anda pinjam sifatnya tidak riba. Riba yang dimaksud di sini yaitu bunga bank yang bertentangan dengan rukun Islam dan rukun iman. Meminjam hutang ke bank ada dua versi menurut para ulama. Baca 5 Solusi Terlilit Hutang Bank

Yang pertama menyebutkan jika hutang di bank merupakan riba. Sedangkan versi ulama kedua mengatakan meminjam hutang di bank tidak termasuk riba. Seiring dengan perkembangan teknologi maka perkembangan hukum Islam tentang meminjam hutang di bank akan mengikuti perkembangan teknologi.

Sekarang bunga bank bukanlah riba dan meminjam di bank tidak diharamkan juga tidak bertentangan dengan rukun Islam dan rukun iman.

Jika Anda mempunyai hutang maka Anda wajib membayar hutang tersebut sesuai dengan perjanjian hutang piutang. Hukum tidak membayar hutang itu haram karena dalam Islam seseorang yang meminjam hutang harus mengembalikan hutang tersebut. Apabila Anda masih mampu membayar hutang tersebut maka wajib hukumnya hutang tersebut dilunasi.

Hukum Meminjam Uang Di Bank Dalam Islam

Ada beberapa pendapat ulama yang berbeda tentang hukum meminjam uang di bank dalam Islam. Sebagian ulama mengatakan hutang di bank itu adalah riba dan sebagian ulama lain mengatakan jika hutang di bank adalah tidak sama dengan riba.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai hukum meminjam uang di bank dalam Islam yaitu :

  1. Umar mengatakan bunga bank itu tidak haram karena jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu. Dengan seiring perkembangan jaman, Anda tidak dapat menyamakan antara riba dengan bunga bank , banyak ulama yang setuju akan hal ini.
  2. Rasyid mengatakan jika bank konvensional adalah riba. Rasyid berpendapat jika riba yang dimaksud yaitu tambahan uang yang berlipat ganda atau bunga bank.
  3. Quraish mengatakan bahwa bunga bank yang ada di bank konvensional tidak sama dengan riba. Latar belakang dari perkataan Quraish tersebut sebenarnya ada di dalam Al-Quran tentang riba.
  4. Pendapat orang secara umum yaitu hukum Islam mengikuti perkembangan Islam karena Anda tidak mengetahui kapan inflasi terjadi maka uang yang Anda tabungkan itu akan aman. Meminjam uang di bank tidak diharamkan.

Selagi Anda masih mampu untuk membayar uang tersebut walaupun dengan diberi perpanjangan waktu itu akan lebih baik daripada tidak membayar hutang tersebut sama sekali. Hutang adalah kewajiban yang harus dibayarkan. Baca Jika Tidak Membayar KUR Bank

Hukum tidak membayar hutang tidak diperbolehkan dalam Islam maupun dalam hukum. Selama Anda mempunyai hutang di dunia maka Anda wajib untuk melunasinya. Bagi Anda yang beragama Islam maka wajib hukumnya melunasi hutang ke bank, teman dekat, keluarga, saudara, dan lain-lain.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan