Home Panduan Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan,Ketenagakerjaan Mati Dan Tidak Aktif

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan,Ketenagakerjaan Mati Dan Tidak Aktif

9 min read
0
0

Bagaimana caranya mengaktifkan BPJS ketenagakerjaan yang sudah tidak aktif? Karena setelah lama Anda tidak membayar tagihan karena Anda sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja dulu maka secara otomatis pihak BPJS juga menonaktifkan akun BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Padahal Anda tidak mengetahui hal tersebut karena pihak BPJS dan perusahaan tidak memberitahu Anda serta Anda baru tahu saat Anda ingin menggunakan kartu BPJS Anda. Nah bagaimana cara mengaktifkannya silahkan disimak ulasan kami berikut ini.

Cara Mudah Aktifkan kembali BPJS Ketenagakerjaan Anda

Biasanya Anda ketika pertama kali memilih layanan kelas apa Anda akan ditentukan akan membayar iuran dengan harga yang telah ditentukan sesuai dengan kelas.Nah iuran yang Anda bayar tidak boleh melebihi tanggal 10 setiap bulannya jika melebihi batas waktu satu bulan maka Anda akan diberhentikan sementara status keaktifannya.

Advertisements

Berikut tips mengaktifkan BPJS ketenagakerjaan yang sudah tidak aktif.

  1. Membayarkan Langsung dikantor BPJS terdekat

Caranya justru sangat mudah bagi Anda yang ingin mengaktifkan kembali Kartu BPJS Anda. Tunggakan Anda hanya bisa maksimal sebanyak 12 bulan dan tidak bisa melebihi 12 bulan.Apabila melebihi 6 bulan maka Anda harus mengaktifkan kembali kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda.

  1. Membayarnya langsung di Kantor BPJS

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali Anda cukup datang ke kantor BPJS terdekat di kota Anda kemudian Anda biasanya diwajibkan untuk memberikan ke nomor kartu BPJS Anda.

Kemudian jika tunggakan Anda lebih dari 12 bulan maka Anda diwajibkan untuk membayar jumlah iuran Anda beserta dengan denda yang ada. Kemudian terhitung sejak April 2016 tarif BPJS kemudian berubah sebagai berikut

  • Kelas 1 Rp 80.000/bulan
  • Kelas 2 Rp 50.000/bulan
  • Kelas 3 Rp 25.500/ bulan

Jika Anda menunggak selama satu tahun maka iuran yang wajib Anda bayarkan jika Anda menggunakan fasilitas kelas 2 adalah Rp 612.000 dengan tambahan denda yang harus Anda bayarkan.

Kemudian Anda cukup membayarkannya langsung  dikantor BPJS untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS Anda tanpa harus repot dan tunggu hingga maksimal 2 minggu maka kartu Anda dapat kembali digunakan. Baca Perhitungan Denda Angsuran FIF

Kemudahan dengan menggunakan BPJS

Ada banyak sekali kemudahan ketika Anda menggunakan layanan BPJS selain Anda gotong royong untuk membantu orang lain Anda juga akan dibantu bila Anda sedang dalam keadaan tidak baik. Kemudahannya adalah Anda tidak perlu repot mengurusi administrasi rumah sakit. Cukup mendaftar sebagai peserta BPJS dan Anda akan dilayani sesuai dengan kelas yang Anda pilih dalam BPJS tersebut.

Sangat Mudah mengaktifkan BPJS ketenagakerjaan yang sudah tidak aktif dan Anda hanya tinggal datang ke kantor BPJS terdekat untuk mengurusnya kembali dan setelah itu kartu Anda dapat digunakan. Selamat mencoba.

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan Yang Sudah Mati

Menjadi peserta BPJS memang sudah memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya. Besarnya iuran yang disetorkan tergantung dari besarnya pendapatan Anda setiap bulan. Ada yang mendapat subsidi namun ada pula yang tidak mendapatkan subsidi.

Advertisements

Bila Anda telat untuk membayar iuran untuk beberapa bulan berturut-turut, maka secara otomatis penggunaan kartu Anda akan terblokir atau akan nonaktif. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan kartu BPJS yang sudah mati?

Penyebab Kartu BJPS Mati

Banyak yang belum paham mengenai penyebab kartu BPJS mati atau terblokir secara otomatis. Ada beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa kartu BPJS Anda mati atau terblokir.

  • Iuran menunggak

Baik disengaja maupun tidak disengaja, menunggak iuran BPJS selama 1 bulan. Hal ini dapat menyebabkan kartu BJPS Anda akan terblokir secara otomatis. Anda tidak dapat menggunakan kembali kartu Anda untuk biaya rawat inap. Bila Anda telah mengaktifkan kembali, kartu dapat digunakan setelah 45 hari dari waktu pengaktifan. Baca Pinjaman Uang Jaminan SK PNS

  • Peserta telah berusia lebih dari 21 tahun

Aturan menyebutkan bahwa peserta BPJS yang telah berusia lebih dari 21 tahun wajib untuk beralih ke BPJS mandiri. Bila tidak, maka kartu BPJS akan otomatis dinonaktifkan.

Bila yang bersangkutan telah berusia 21 tahun namun masih kuliah, wajib mengajukan laporan bahwa yang bersangkutan belum bekerja. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang kepesertaan BPJS. Karena, untuk peserta di bawah usia 21 tahun biaya BPJS ditanggung oleh perusahaan (PPU).

  • Premi

Dalam hal ini bukan menjadi kesalahan peserta 100%, premi adalah keterlambatan perusahaan dalam menyetor iuran untuk karyawannya. Bila perusahaan terlambat untuk menyetor biaya BPJS karyawannya, maka secara otomatis kartu BPJS karyawan akan dimatikan.

  • System Error

Kesalahan sistem sering menjadi kasus kartu BPJS mati atau terblokir. Hal ini tentunya menjadi PR bagi pemerintah untuk memperbaiki sistem BPJS agar masyarakat dapat menggunakannya dengan baik.

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Yang Mati

Walaupun ada banyak alasan untuk terblokir, namun kartu BPJS Anda dapat diaktifkan kembali. Walaupun ada beberapa syarat dan juga ketentuan, namun hal ini juga untuk kemudahan pengguna BPJS. Berikut ini cara mengaktifkan kartu BPJS yang sudah mati dan juga ketentuannya.

  • Menunggak iuran

Bila alasan kartu Anda terblokir karena menunggak iuran, maka upaya untuk mengaktifkan kembali kartu Anda adalah membayar seluruh biaya yang menunggak. Anda dapat membayarnya di ATM atau tempat pembayaran lainnya. Kartu akan aktif kembali paling lambat 2x24jam setelah pelunasan.

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan,Ketenagakerjaan Mati Dan Tidak Aktif

  • Peserta telah berusia 21 tahun

Bila yang bersangkutan telah berusia 21 tahun, maka secepatnya untuk mengganti BPJS PPU menjadi BPJS mandiri agar tidak terblokir. Baca  Syarat Gadai SK Karyawan Tetap

  • Premi

Perusahaan bertanggungjawab atas masalah penunggakan karyawannya. Bila perusahaan telah melunasinya, maka Anda bisa segera melapor via telepon atau datang langsung ke kantor BPJS.

  • Nonaktif secara mendadak

Masalah ini sebaiknya Anda segera untuk mengunjungi kantor BPJS apabila Anda merasa tidak melakukan kesalahan apa pun.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan