Home Panduan Cara Cerdas Investasi Emas yang Halal

Cara Cerdas Investasi Emas yang Halal

7 min read
0
0
Cara Cerdas Investasi Emas yang Halal

Tahukah anda bahwa emas termasuk dalam barang ribawi? Barang ribawi seperti emas ini dalam hukum islam diatur wajib dilakukan transaksi tunai. Artinya ketika anda membeli emas dengan uang, maka secara tunai harus anda terima emas tersebut yang dibeli. Hal ini tentunya tidak dilakukan dalam sistem investasi emas yang banyak dilakukan saat ini.

Sistem investasi emas yang dilakukan saat ini adalah menabung emas dengan menyetorkan sejumlah uang. Atau dengan kata lain adanya transaksi penukaran uang dengan emas secara tidak tunai. Mengapa disebut tidak tunai padahal anda menyetorkan uang secara tunai? Hal ini kaitannya dengan emas yang tidak diterima atau fiktif keberadaannya. Anda hanya seakan-akan saja memiliki emas tersebut.

Prinsip investasi emas seperti haram hukumnya dalam islam. Walau begitu masih ada juga yang mendebat belum ada yang menjelaskan bahwa praktik tersebut haram  karena tidak adanya larangan. Secara keseluruhan investasi emas dengan prinsip yang umum digunakan saat ini masih menjadi perdebatan posisinya. Baca Lihat 10 Keuntungan Investasi dan Tabungan Emas di Pegadaian

Advertisements

Lalu bagaimana jika anda tetap ingin melakukan investasi emas? Apakah ada cara investasi emas yang halal untuk anda lakukan? Di manakah anda bisa mendapatkan informasi terkait cara investasi emas yang halal ini? Semua informasinya bisa anda temukan pada bagian berikut ini. Semoga informasi yang diberikan dapat menjadi manfaat untuk anda yang membutuhkan.

5 Cara Investasi Emas yang Halal Upayanya

Pada bagian sebelumnya sudah dijelaskan bahwa praktik investasi emas saat ini masih terus menjadi perdebatan. Perdebatan tersebut berkaitan dengan bagaimana bisa investasi emas dilakukan dengan tetap mengikuti aturan dalam hukum islam agar tetap halal transaksinya.

Ternyata hal ini bisa diupayakan dengan berbagai cara investasi emas yang halal. Anda ingin mencoba juga mengupayakan investasi emas yang anda lakukan halal? Jika iya, maka simak terus penjelasannya pada bagian berikut ini.

  1. Lakukan Investasi Emas di Lembaga Syariah

Cara pertama untuk mengupayakan bahwa investasi emas yang anda lakukan adalah halal yaitu dengan melakukannya di lembaga syariah. Investasi emas saat ini ditawarkan di banyak lembaga baik bank atau pegadaian. Agar investasi emas anda dikelola sesuai syariat islam, maka anda wajib memilih lembaga syariah baik bank atau pegadaian yang ada di sekitar anda. Baca Begini Cara Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian.co.id

Advertisements
  1. Lakukan Penyetoran Uang Non-Tunai

Jika tertulis dalam hukum islam bahwa penukaran uang dan emas harus dilakukan tunai dengan tunai, maka penyetoran uang untuk investasi saat ini pun sudah bisa dilakukan secara non-tunai. Anda tidak prlu menyetorkan lagi secara tunai karena tabungan emas di pegadaian misalnya sudah bisa dibayarkan non-tunai karen terintegrasi dengan ATM di berbagai lokasi.

  1. Lindungi Laju Inflasi

Anda juga bisa membantu mengupayakan investasi emas yang anda lakukan halal dengan melindungi laju inflasi. Inflasi membuat harga emas menjadi merugikan anda. Jadi uang yang anda setorkan akan tergerus dengan adanya inflasi yang tinggi ini.

Sebaiknya anda berupaya melindungi laju inflasi sekaligus memeriksa secara berkala tabungan anda. Jika terlalu beresiko, segera tutup dan cairkan saja tabungan anda.

  1. Pastikan Tujuan Investasi Positif

Jika dihubungkan kembali dengan niat investasi, maka cara investasi emas yang halal harus dimulai dengan niat yang positif juga. Niat investasi emas seperti mengejar keuntungan bunga/ riba tentu bertentangan dengan ajaran agama. Anda harus memastikan bahwa hal-hal yang bertentangan dengan agama bukanlah niat atau tujuan anda melakukan investasi emas tadi.

  1. Pahami Fatwa MUI tentang Investasi Emas yang Tergolong Mubah

Terakhir, yakinkan diri anda bahwa memang investasi emas sudah tergolong mubah atau boleh dilakukan oleh MUI dengan ketentuan tertentu. Pahami fatwa MUI tersebut dan pastikan bahwa investasi emas yang anda lakukan memang sudah sesuai dengan apa yang dibolehkan dan tidak dibolehkan dalam ajaran agama islam yang dianut. Baca Kelebihan Aplikasi Cek Saldo Tabungan EMAS Pegadaian

Demikianlah informasi yang bisa diberikan mengenai cara investasi emas yang halal diupayakannya. Semoga informasi yang diberikan tadi bisa membantu anda dalam mengupayakan agar berbagai investasi yang anda lakukan tidak bertentangan dengan ajaran agama. Semoga anda juga bisa segera mengupayakan yang terbaik untuk investasi emas anda. Jadi selamat mencoba berinvestasi emas yang halal!

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan