Home Keuangan Bisakah Saat Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain? 2018

Bisakah Saat Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain? 2018

5 min read
0
0
Bisakah Saat Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain?

KPR Atas Nama Orang Lain – Memiliki rumah menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh hampir semua keluarga. Sayangnya sekarang ini harga tanah semakin mahal sehingga membuat beberapa orang sulit memiliki rumah di tanah sendiri.

Beberapa di antaranya ada yang menyewa rumah dan ada pula yang membelinya secara langsung. Untuk beberapa orang, membeli rumah dengan uang tunai tentu bukan menjadi masalah yang besar.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki uang dalam jumlah yang cukup untuk membeli rumah beserta tanahnya.

Advertisements

Akan tetapi bagaimana untuk mereka yang memiliki ekonomi menengah ke bawah? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

KPR merupakan kredit yang digunakan dalam pembelian rumah atau beberapa kebutuhan konsumtif lainnya dengan menjadikan rumah sebagai jaminannya dengan SKema pembiayaan mencapai 90% harga rumah.Baca Agunan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Apakah Bisa Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain???

Pengajuan KPR harus menggunakan nama sendiri, akan tetapi beberapa orang ada yang ingin mengajukan KPR atas nama orang lain.

Pada dasarnya untuk mengajukan KPR, maka harus menggunakan data-data pribadi. Akan tetapi dalam beberapa kasus ada yang menggunakan data orang lain untuk mengajukan KPR atas nama orang lain.

Akan tetapi yang harus diingat adalah tidak semua orang dapat anda gunakan datanya untuk mengajukan KPR. Hanya orang yang memiliki hubungan kekeluargaan secara vertikal saja yang dapat anda gunakan datanya sebagai pengajuan KPR.

Advertisements

Sebagai contoh, jika anda seorang ibu maka anda dapat menggunakan data anak anda untuk mengajukan KPR dan begitu juga sebaliknya. Baca Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri

Ayah ke anak, mertua ke menantu, ataupun ayah ke anak. Kebanyakan pihak pemberi pinjaman tentu tidak akan langsung memberikan persetujuan.

Mereka akan meminta sebuah syarat berupa surat pernyataan yang dibuat oleh pemilik sertifikat serta anak-anaknya yang kemudian telah dilegalisir oleh pihak notaris.

Surat pernyataan tersebut berisi bahwa orang tersebut mau dan bersedia jika sertifikatnya digunakan sebagai jaminan kredit.

Tidak hanya itu beberapa pihak pemberi kredit biasanya juga akan meminta pihak pemilih sertifikat beserta anaknya untuk datang saat melakukan akad kredit.

Ada beberapa kelebihan yang akan anda peroleh saat melakukan pengajuan KPR, salah satunya adalah anda dapat memiliki rumah, membangun, atau bahkan melakukan renovasi rumah tanpa harus menabung terlebih dahulu.

Beberapa orang memiliki kendala saat renovasi rumah karena mereka tidak dapat mengumpulkan uang dalam waktu yang cepat.

Dengan melakukan peminjaman melalui KPR, maka anda dapat melakukan renovasi ataupun membangun rumah dalam waktu yang lebih cepat.

Sebelum anda akan mengajukan KPR atas nama orang lain, tentunya anda harus menemukan pihak pemberi pinjaman yang terpercaya. Baca Harga Gadai Ijazah di Pegadaian

Anda harus memperhatikan suku bunga, platform kredit, masa peminjaman KPR, lama dalam proses pengajuan KPR, serta biaya penalti untuk pelunasan KPR.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan