Home Keuangan Bisakah Menggadaikan Kartu Jamsostek di Pegadaian?? 2018

Bisakah Menggadaikan Kartu Jamsostek di Pegadaian?? 2018

4 min read
0
0
Bisakah Menggadaikan Kartu Jamsostek di Pegadaian??

Jamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja merupakan fasilitas dari pemerintah untuk para tenaga kerja. Tenaga kerja yang bisa menjadi peserta jamsostek merupakan tenaga kerja dari suatu perusahaan atau tenaga kerja perorangan. Bisakah menggadaikan kartu jamsostek di pegadaian?? Jawabannya adalah bisa.

Pemerintah telah memberikan banyak layanan bagi peserta jamsostek. Mulai dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian.

Selain itu, peserta jamsostek juga akan mendapatkan jaminan kesehatan secara lengkap. Jaminan kesehatan terdiri dari rawat jalan, rawat inap, pemeriksaan, sampai dengan proses persalinan.

Advertisements

Namun, bagaimana kalau mau mengajukan pinjaman menggunakan jamsostek? Setiap tenaga kerja yang sudah menjadi peserta jamsostek secara aktif selama satu tahun bisa mengajukan pinjaman.

Pinjaman tersebut bisa berupa dana tunai, biaya pendidikan, membangun rumah, dan lain sebagainya. Bahkan banyak peserta jamsostek yang mengajukan pinjaman untuk modal usaha.

Bisakah Menggadaikan Kartu Jamsostek di Pegadaian

Saat ini jamsostek telah bekerjasama dengan pegadaian atau beberapa bank untuk urusan keuangan. Jadi apabila Anda bertanya-tanya mengenai bisakah menggadaikan kartu jamsostek di pegadaian??

Anda bisa melakukan gadai di pegadaian dengan jamsostek apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  1. Status tenaga kerja

Anda harus terdaftar sebaga tenaga kerja di sebuah perusahaan atau mempunyai usaha sendiri dibuktikan dengan surat keterangan usaha. Surat Keterangan Usaha (SKU) bisa didapatkan dari kelurahan.

  1. Peserta Jamsostek Minimal 1 tahun

Bagi Anda yang sudah lama menjadi peserta jamsostek tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengajukan gadai kapan saja.

Advertisements

Namun bagi peserta baru harus menunggu sampai 1 tahun menjadi peserta jamsostek.Baca Apakah Bisa Pinjaman Uang jaminan BPJS?

  1. Tertib mengenai Riwayat Pinjaman

Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan dimana Anda bekerja selalu tertib dalam membayar iuran jamsostek. Apabila ini sudah beres maka proses gadai Anda akan berjalan dengan sesuai harapan.

  1. Mengumpulkan syarat-syarat administrasi

Setiap lembaga pembiayaan atau gadai mempunyai syarat masing-masing untuk pemohon. Namun syarat yang paling umum adalah berupa dokumen-dokumen yang mendukung proses gadai.

Diantaranya yaitu Fotokopi KTP, KK, Surat Nikah apabila sudah menikah, NPWP jika diperlukan, dan Kartu Jamsostek.

Seperti halnya lembaga pembiayaan yang lainnya, apabila Anda mengajukan gadai di pegadaian akan dikenakan bunga tertentu. Bunga sesuai dengan jumlah pinjaman. Apabila Anda mengikuti sistem pegadaian yang konvensional maka biaya ini dinamakan bunga.

Bunga dimulai dari 0,75% sampai dengan 1,15%. Namun jika mengikuti sistem syariah dinamakan biaya jasa penitipan. Biaya jasa penitipan mulai dari 0,45% sampai dengan 0,65%.

Baik sistem konvensional dan syariah juga akan dikenakan biaya administrasi untuk transaksi ini. Biaya administarsi sangat murah dimulai dari 2.000 rupiah sampai dengan 100.000 rupiah. Baca Produk Program Pinjaman Jamsostek

Biaya administrasi juga berdasarkan jumlah pinjaman. Bisakah menggadaikan kartu jamsostek di pegadaian?? Kini sudah terjawab.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan