Home Keuangan Bisakah Kartu Jamsostek Digadaikan?? (PENGALAMAN)

Bisakah Kartu Jamsostek Digadaikan?? (PENGALAMAN)

4 min read
0
0
Bisakah Kartu Jamsostek Digadaikan?? (PENGALAMAN)

Jamsostek merupakan program publik yang memberikan hak bagi pengusaha dan tenaga kerja untuk mendapatkan santunan tunai dan juga perawatan medis. Namun, peserta Jamsostek juga dibebani kewajiban berupa membayar iuran program setiap bulan.

Program ini menanggulangi permasalahan ekonomi dan kesehatan, seperti untuk wanita hamil dan bersalin, jaminan kecelakaan kerja, perawatan sakit, jaminan hari tua, dan meninggal dunia. bisakah kartu jamsostek digadaikan??

Selain untuk jaminan kesehatan, Jamsostek yang kini menjadi BPJS juga menyediakan program lain berupa pinjaman uang.

Advertisements

Pinjaman dari Jamsostek ini memiliki beberapa jenis, diantaranya; Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), program ini menjadi solusi bagi karyawan yang ingin memiliki rumah namun berkendala untuk memenuhi syarat uang muka untuk membeli rumah melalui KPR.

Pinjaman ini hanya berlaku bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, dan maksimal waktu pinjaman hingga 15 tahun. Baca Pinjaman Jamsostek Perorangan

Bisakah Kartu Jamsostek digadaikan??

Kemudian ada program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), program ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu, KPR subsidi dan KPR non-subsidi.

Program KPR subsidi merupakan program yang diberikan untuk rumah yang harganya disesuaikan dengan ketentuan pemerintah. Pembiayaan melalui program ini mencapai 99%, dan bunga yang berlaku saat ini sebesar 5%.

Sedangkan untuk program KPR non-subsidi, akan mendapatkan bantuan pembiayaan hingga 95% dan suku bunga yang ditetapkan sebesar 3%. bisakah kartu jamsostek digadaikan??

Jawabannya adalah, masih ada program lain dari Jamsostek untuk pengajuan pinjaman, yakni untuk PRP dan Kredit Konstruksi.

Advertisements

Pinjaman ini dapat digunakan peserta Jamsostek untuk melakukan renovasi bangunan rumah dengan suku bunga mencapai 3%. Dan waktu maksimal pinjaman  adalah 10 tahun.

Untuk Kredit Konstruksi, program ini diberikan khusus kepada pengembang yang membangun rumah susun untuk peserta. Baca Produk Program Pinjaman Jamsostek

Program ini memberikan waktu pinjaman maksimal hingga 5 tahun dan biaya pinjaman yang diberikan mencapai 80%.

Syarat-syarat untuk pengajuan pinjaman yang harus dipenuhi oleh peserta adalah, telah berusia 21 tahun atau sudah menikah, merupakan seorang karyawan, merupakan seorang Warga Negara Indonesia, sudah terdaftar di Jamsostek/BPJS minimal selama satu tahun.

Selain Itu surat keterangan yang menyatakan bahwa perusahaan dari anggota tersebut bertanggung jawab atas pinjaman yang diajukan, berpenghasilan maksimal sebanyak 4 juta rupiah yang dikuhususkan bagi karyawan yang mengajukan pinjaman KPR subsidi.

Bisakah kartu jamsostek digadaikan?? Jika syarat-syarat tersebut telah dipenuhi, maka selanjutnya perlu meminta surat rekomendasi dari perusahaan tempat peminjam bekerja yang akan diajukan kepada pihak bank.

Dan jika pihak bank menyetujui, maka bank akan menerbitkan Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit yang dapat menjadi bukti jika pengajuan pinjaman telah disetujui. Baca Pinjaman Karyawan Jaminan Jamsostek

Setelah persetujuan turun, maka peserta dapat langsung mendatangi kantor Jamsostek/BPJS untuk mengikuti program pinjaman. Mengenai perihal pinjaman ini, terdapat gadai kartu Jamsostek di Pegadaian dan KTA jaminan Jamsostek.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan