Home Keuangan Berikut Kisaran Denda Telat Bayar KUR BRI Per Harinya

Berikut Kisaran Denda Telat Bayar KUR BRI Per Harinya

4 min read
0
0
Berikut Kisaran Denda Telat Bayar KUR BRI Per Harinya

Artikel kali ini akan membahas kisaran denda telat bayar KUR BRI. KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang merupakan pembiayaan berupa modal atau investasi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi/UMKMK yang produktif dan layak.

Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan biaya modal untuk menjalankan usaha mikro Anda tetapi dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Pada umumnya pinjaman tersebut bisa Anda dapatkan di bank-bank yang telah di tunjuk oleh pemerintah untuk dapat mencairkan dana KUR.

Advertisements

Daftar Bank yang Dapat Memberi Pinjaman Dana KUR

  • Bank Rakyat Indonesia
  • Bank Mandiri
  • Bank Negara Indonesia
  • Bank Tabungan Negara
  • Bank Bukopin
  • Bank Syariah Mandiri
  • Bank BNI Syariah

Tahapan dan Syarat Pengajuan KUR

Bagi Anda yang ingin mengajukan KUR tentu saja Anda dapat langsung mendatangi bank-bank di kota Anda seperti misalnya Bank BRI yang menyediakan pencairan dana KUR. Berikut ini tahapan dan syarat pengajuannya.

  • Anda mendatangi kantor bank dengan membawa berkas dokumen seperti: Identitas diri nasabah antara lain KTP/SIM, Kartu Keluarga dan lain-lain. Kemudian legalitas usaha seperti akta pendirian dan akta perubahan, perizinan usaha seperti SIUP, TDP, SK, Domisili dan lain-lain, catatan pembukuan atau laporan keuangan, dan copy bukti agunan.
  • Kemudian bank akan menganalisa studi kelayakan atas permohonan Anda.
  • Anda akan dikenai biaya proses kredit yang dibayarkan secara langsung seperti provisi, notaris dan biaya lain sesuai dengan kebijakan bank.

Untuk angsurannya sendiri, Anda akan dikenakan bunga sebesar 7% yang biasanya akan dibayarkan secara berkala. Misalnya per bulan atau per enam bulan bahkan per tahun tergantung perjanjian dan kebijakan pihak bank.

Advertisements

Suku bunga juga akan terus naik turun secara tidak menentu, tetapi tetap tidak terlalu besar dan memberatkan para pelaku usaha.

Kisaran Denda Telat Bayar KUR BRI Per Hari

Kemudian bagaimana bagi Anda yang sudah mengikuti KUR ini tetapi telat membayar denda? Tentu tetap ada penalti atau denda bagi Anda. Berikut ini kisaran denda telat bayar KUR BRI.

  • Biaya denda sejumlah 5% dari jumlah kredit apabila Anda telat dalam membayar angsuran pada pelunasan awal
  • Biaya denda sejumlah 2% di atas suku bunga yang berlaku, dengan biaya keterlambatan Rp. 20.000 per harinya

Kisaran tersebut tidaklah mutlak dikarenakan kebijakan bank yang memang dapat berubah sewaktu-waktu. Tetapi untuk menghindari bentuk penalti atau denda, sebaiknya Anda membayarkan angsuran Anda dengan tepat waktu. Baca Syarat Ikut Undian Simpedes

Sebab jika telat tentu saja akan memberatkan Anda karena Anda harus mengeluarkan uang lebih selain bunga yang wajib Anda bayarkan pula.

Demikian artikel tentang kisaran denda telat bayar KUR BRI, bagi Anda yang ingin mengajukan KUR tidak perlu khawatir. Selama Anda dapat mengatur keuangan usaha Anda dengan baik, maka Anda dapat membayarkan angsuran Anda dengan tepat waktu.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan