Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Motor Hilang

Diposting pada
Advertisements

Bagi Anda yang merasa kehilangan motor dan sudah mengikuti asuransi tidak perlu lagi khawatir karena dengan adanya asuransi maka akan ada uang ganti untuk motor Anda tersebut. Namun banyak yang mempertanyakan berapa lama proses klaim asuransi motor hilang.

Memang sangat penting untuk mengetahui berapa lama prosesnya. Apalagi Anda sebagai seorang pemilik polis kendaraan harus mengurusi banyak dokumen untuk melengkapinya. Sebenarnya prosesnya bisa cepat asalkan Anda benar-benar sigap dalam mengurus kehilangan motor Anda tersebut.

Advertisements

Prosedur Mengklaim Asuransi Motor

Agar tahu berapa lama proses klaim, Anda harus mengikuti prosedur di bawah ini. Baca Jika Ingin Kredit Motor di Pegadaian Syariah Bisa Gak Ya ?

Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Motor Hilang

  1. Membuat laporan ke pihak asuransi

Setelah Anda mengetahui motor Anda hilang, ada baiknya untuk langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak asuransi.

Anda bisa juga melaporkannya lewat agen terdekat. Untuk melakukan laporan bisa dengan menggunakan email atau telepon dalam kurun waktu 72 jam.

Dalam melaporkan kehilangan tersebut akan ada wawancara mengenai kenapa, bagaimana, dan kapan kendaraan Anda tersebut hilang. Pastikan untuk memberikan jawaban yang memuaskan dan harus jujur. Anda juga bisa melaporkan kejadian tersebut kepada pihak leasing jika motor Anda masih dalam masa kredit.

  1. Membuat berita acara

Langkah selanjutnya adalah membuat berita acara di kepolisian. Anda harus membuat berita acara secara jelas dan tentu saja harus jujur karena nantinya pihak kepolisian akan mengkonfirmasikan kejadian tersebut dengan dua orang saksi.

Jadi agar prosesnya cepat, buatlah berita acara secara jelas dan jujur. Waktu pembuatannya maksimal 24 jam. Setelah itu, Anda akan mendapatkan Lapju.

  1. Mengurus surat pemblokiran

Mengenai berapa lama proses klaim asuransi motor hilang, Anda masih harus melakukan pemblokiran terhadap surat atau dokumen kendaraan di kepolisian agar tidak disalahgunakan. Baca Cara Pinjaman Bank Danamon Jaminan BPKB Motor

Surat tersebut nantinya dikeluarkan oleh Ditlantas pada Polda setempat. Surat pemblokiran tersebut nantinya juga berguna untuk proses klaim.

  1. Mengunjungi Direktorat Reserse

Untuk mengurus kendaraan Anda yang hilang, Anda harus meminta surat dari Kepala Direktorat Reserse. Ada formulir yang harus diisi dengan melampirkan berbagai dokumen seperti fotokopi KTP, BPKB, faktur pembelian, polis asuransi, dan dokumen penting lainnya.

  1. Mengajukan klaim

Nah, untuk berapa lama proses klaim asuransi motor hilang, setelah semua proses di atas terlaksana dengan baik dan sudah melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim, langkah terakhir adalah mengunjungi pihak asuransi untuk mengklaim asuransi dari motor yang telah hilang tersebut. Jelas ada formulir yang harus diisi dengan disertai lampiran dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Jika semua sudah lengkap dan Anda sudah mengajukan klaim, pihak asuransi akan memprosesnya. Jika nantinya klaim diterima maka Anda akan langsung dihubungi oleh pihak asuransi.

Pihak kepolisian sendiri akan memberikan waktu selama 30 hari bagi pihak asuransi untuk memberikan uang ganti. Hal tersebut dimaksudkan agar pihak asuransi tidak melakukan kecurangan sehingga kewajibannya terpenuhi. Jika tidak maka pihak kepolisian akan memberikan sanksi.

Jadi lamanya proses klaim bisa tergantung dari pemilik kendaraan sendiri. Jika cepat mengajukan dan sudah melengkapi berbagai persyaratannya, maka prosesnya akan cepat. Begitu juga dengan pihak asuransi yang harus memproses pengajuan tersebut. Baca Keuntungan Gadai BPKB Motor Di BCA Finance

Jadi berapa lama proses klaim asuransi motor hilang sangat tergantung dari pemilik kendaraan dan pihak asuransi. Semoga informasi ini bisa jadi masukan bagi Anda yang ingin mengajukan asuransi untuk kendaraan Anda nantinya.

IKUTI KAMI DI YOUTUBE

Tinggalkan Balasan