Home Panduan Berapa Besar Uang Muka yang Harus Disiapkan untuk Kredit Mobil?

Berapa Besar Uang Muka yang Harus Disiapkan untuk Kredit Mobil?

6 min read
0
0
Berapa Besar Uang Muka yang Harus Disiapkan untuk Kredit Mobil?

Uang Muka Kredit Mobil ? – Uang muka atau DP (Down Payment) adalah komponen yang harus dibayarkan sebelum kredit kendaraan bermotor bisa dilakukan. Uang muka untuk tiap kendaraan bermotor besarnya berbeda-beda.

Untuk kredit mobil, uang muka umumnya berkisar antara 20-30% dari harga mobil. Sebelum mengajukan kredit mobil, sangat penting untuk mengkalkulasikan berapa uang muka yang harus Anda bayarkan, sehingga perkiraan pengeluaran untuk kredit mobil tidak melebihi kapasitas.

  1. Menghitung uang muka untuk kredit mobil

Semisal perusahaan pembiayaan yang Anda pilih adalah Adira. Di Adira misalnya, besar uang muka yang dikenakan adalah 30%. Jadi semisal mobil impian Anda berharga 300 juta rupiah, maka:

Advertisements

Uang muka     = 30% x Harga mobil

= 30% x Rp.300.000.000,-

= Rp. 90.000.000,-

Jadi, uang muka yang harus dibayarkan untuk pembelian mobil seharga 300 juta adalah 90 juta rupiah.Selain memperhitungkan uang muka, ada biaya-biaya lain yang harus diperhitungkan sebelum mengajukan kredit mobil.

  1. Menghitung pokok kredit

Pokok kredit adalah biaya harus dibayarkan melalui proses kredit atau pencicilan. Pokok kredit mobil diperoleh dari selisih harga mobil dikurangi dengan nilai uang muka. Semisal harga mobil impian Anda adalah 300 juta dan uang muka adalah 90 juta, maka:

Pokok kredit    = Harga mobil – uang muka

= Rp.300.000.000,- – Rp.90.000.000,-

= Rp.210.000.000,-.

Jadi pokok kredit mobil Anda adalah Rp.210.000.000,- atau Rp.4.375.000,-/bulan.

  1. Menghitung cicilan tiap bulan

Cicilan tiap bulan terdiri dari pokok kredit dan suku bunga yang dikenakan oleh perusahaan pembiayaan. Suku bunga yang ditetapkan oleh tiap perusahaan pembiayaan berbeda-beda besarnya. Sistem bunganya pun bermacam-macam.

Jika Anda memilih Adira sebagai perusahaan pembiayaan kredit mobil, maka suku bunga yang dikenakan merupakan suku bunga flat dengan besar 12% per tahun. Semisal pokok kredit mobil adalah Rp.210.000.000,- dengan tenor 4 tahun, maka penghitungan cicilan per bulannya adalah:

Rumus penghitungan kredit dengan suku bunga flat adalah sebagai berikut:

Bunga per bulan = (P x i x t) : jb

P          = Pokok pinjaman awal

i           = Suku bunga per tahun

t           = Jangka waktu kredit (tahun)

jb         = Jangka bulan waktu kredit

 

Bunga per bulan          = (Rp.210.000.000,- x 12% x 4) : 48

= Rp.2.100.000,-

Cicilan per bulan         = pokok kredit + bunga per bulan

= Rp.4.375.000,- + Rp.2.100.000,-

= Rp.6.475.000,-

Advertisements

Jadi, cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan selama 48 bulan adalah senilai Rp. Rp.6.475.000,-.

  1. Biaya administrasi

Saat mengajukan kredit jenis apapun, Anda juga diharuskan membayarkan biaya administrasi untuk meningkatkan pelayanan administrasi. Besarnya biaya administrasi yang dikenakan oleh perusahaan pembiayaan berbeda-beda. Semisal di perusahaan pembiayaan Adira, biaya administrasi yang dikenakan adalah Rp.20.000,- per transaksi.

  1. Biaya asuransi

Dalam mengajukan kredit mobil, ada baiknya untuk juga menggunakan jasa asuransi sebagai manajemen resiko apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil yang sedang dikredit. Biaya asuransi kredit mobil berbeda-beda tergantung pada perusahaan asuransi dan jenis asuransi yang dipilih.

Berapa Besar Uang Muka yang Harus Disiapkan untuk Kredit Mobil?

Jenis asuransi pada mobil ada 2, yakni TLO (Total Risk Only) dan All Risk. Jika memilih TLO, maka pihak asuransi hanya akan menanggung apabila kerusakan lebih dari 75% atau mobil hilang. Sedangkan asuransi All Risk berarti pihak asuransi mau menanggung resiko-resiko yang lebih beragam dari TLO. Baca Dokumen Apa Saja yang Diperlukan untuk Kredit Motor?

Itu tadi uang muka, serta biaya-biaya lain yang harus diketahui sebelum mengajukan kredit mobil. Dengan mengetahui biaya-biaya tersebut, diharapkan bisa merencanakan pendanaan sehingga benar-benar siap untuk melakukan kredit mobil. Selain biaya-biaya dalam mengajukan kredit mobil, ada baiknya untuk mengetahui persyaratan dokumen dalam mengajukan kredit mobil.

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan oleh pemohon dalam mengajukan kredit mobil adalah:

  • Kartu pengenal diri, bisa berupa KTP atau SIM,
  • Slip gaji, sebagai bukti pekerjaan atau pendapatan,
  • Kartu Keluarga,
  • Bukti domisili, bisa berupa PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), rekening listrik maupun PDAM,
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (jika ada),
  • Foto tempat usaha beserta fotokopi SIUP (jika pemohon merupakan wiraswasta dan profesional),
  • Surat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak),
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.
Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan