Home Panduan Begini 5 Metode Pembayaran Cicilan Kredit Mobil Silahkan Di Pilih

Begini 5 Metode Pembayaran Cicilan Kredit Mobil Silahkan Di Pilih

7 min read
0
0
Begini 5 Metode Pembayaran Cicilan Kredit Mobil Silahkan Di Pilih

Pembayaran Cicilan Kredit Mobil – Cicilan kredit mobil adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh debitur kredit mobil. Saat ini, ada 4 metode pembayaran untuk cicilan kredit mobil. Apa saja metode pembayaran cicilan kredit mobil itu? Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut:

  1. Minimum Payment

Seperti namanya, minimum payment berarti debitur membayarkan cicilan kredit mobil dengan nominal terendah yang harus dibayar saat jatuh tempo. Rata-rata nominal terendah yang harus dibayar adalah 10% dari total kredit. Jadi semisal, Anda membeli mobil seharga 300 juta untuk kurun waktu 1 tahun. Sehingga tiap bulannya tagihan kartu kredit Anda adalah sebesar 25 juta.

Namun, dengan minimum payment, jumlah yang dibayarkan tiap bulannya akan menjadi kurang dari 25 juta. Sehingga, ada tunggakan yang dimasukkan ke tagihan bulan berikutnya.

Advertisements

Masalahnya tunggakan itu juga disertai bunga yang besarannya sekitar 3,5%. Tentu ketika dijumlahkan, Anda sebenarnya dikenakan bunga yang banyak dengan metode minimum payment ini.

  1. Full Payment

Full payment ini berarti debitur membayarkan total tagihan cicilan kredit mobil secara penuh. Metode pembayaran ini sangat direkomendasikan. Karena metode ini tidak menimbulkan tunggakan pada tagihan berikutnya sehingga debitur terbebas dari bunga. Baca Dokumen Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Kredit Mobil?

  1. Installment Payment

Keuntungan dari installment payment adalah debitur akan dikenakan sistem bunga flat atau besaran suku bunga yang sama tiap bulannya. Installment payment berarti debitur mengubah jumlah tagihan untuk dicicil dalam jangka waktu 3, 6 maupun 12 bulan. Jangka waktu dipilih berdasarkan kemampuan dari debitur.

  1. Pembayaran nominal antara jumlah minimal tagihan dengan jumlah tagihan berikutnya

Dengan metode pembayaran ini, artinya debitur membayarkan tagihan bulan ini dan juga sebagian dari tagihan di bulan berikutnya. Pembayaran ini bisa dilakukan jika debitur memiliki uang yang lebih besar dari tagihan bulan ini. Dengan metode ini, debitur meringankan beban tagihan di bulan berikutnya.

Itu tadi metode pembayaran cicilan kredit mobil. Selain metode pembayaran cicilan kredit mobil, ada juga bermacam-macam cara pembayaran cicilan kredit mobil.

Ada 5 cara pembayaran yakni melalui ATM, teller bank, internet banking dan mobile banking, autodebet serta dropbox. Kira-kira mana cara yang paling cocok untuk Anda?

  1. Melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Pembayaran melalui ATM berarti Anda datang ke mesin ATM dan mengoperasikan transaksi transfer. Cara ini banyak disukai karena ATM dapat ditemukan dimana saja, tidak perlu mengantri di bank, serta waktu pembayarannya lebih fleksibel, tidak harus pada jam kerja.

Advertisements

Biaya yang dikenakan untuk transfer melalui ATM berkisar antara Rp.5000 – Rp.10.000 apabila tujuan bank berbeda dengan kartu kredit. Baca Bagaimana Menghitung Cicilan Kredit Mobil?

  1. Melalui Teller Bank

Pembayaran melalui Teller Bank berarti Anda datang ke bank sembari membawa slip pembayaran kartu kredit. Teller bank akan mengurus pembayaran cicilan mobil kredit Anda. Dengan cara ini, Anda akan dikenakan biaya sekitar 10 – 30 ribu tiap transaksi.

  1. Melalui Internet Banking dan Mobile Banking

Pembayaran cicilan kredit mobil melalui internet banking atau mobile banking lebih mudah lagi. Debitur hanya perlu membuka website atau mengirim SMS, sesuai dengan cara-cara yang telah ditentukan pihak bank. Dengan internet banking dan mobile banking, pembayaran cicilan kredit mobil dapat dilakukan dari mana saja, tanpa terkendala ruang dan tempat.

  1. Melalui Autodebet

Auto artinya sama dengan kata otomatis. Autodebet berarti pembayaran cicilan kredit mobil akan berlangsung secara otomatis. Tiap bulannya, rekening tabungan Anda akan terpotong untuk transfer pembayaran cicilan kredit mobil.

Begini 5 Metode Pembayaran Cicilan Kredit Mobil Silahkan Di Pilih

Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengatur tanggal pembayaran sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Dengan pembayaran secara autodebet, debitur tidak perlu takut untuk lupa atau terlambat membayar cicilan kredit mobil.

Namun, perlu diingat bahwa autodebet ini bisa dilakukan jika kartu kredit yang digunakan berasal dari bank yang sama dengan rekening tabungan. Baca Proses Pengajuan Kredit Mobil Sampai Serah Terima

  1. Melalui Drop Box

Pembayaran cicilan kredit mobil melalui Drop Box berarti debitur mengisi sebuah formulir yang dapat dilipat menjadi amplop. Setelahnya, uang cicilan dapat dimasukkan ke amplop. Amplop itu dimasukkan ke kotak Drop Box. Cara pembayaran ini biasanya hanya dilakukan oleh bank asing saja.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan