Home Keuangan Beberapa Alasan KPR Ditolak Bank 2018 (Pengalaman Saya Sendiri)

Beberapa Alasan KPR Ditolak Bank 2018 (Pengalaman Saya Sendiri)

5 min read
0
0
Beberapa Alasan KPR Ditolak Bank (Pengalaman Saya Sendiri)

Alasan KPR Ditolak Bank – Jika PNS banyak mendapatkan kemudahan dalam mengajukan kredit bank dan bahkan justru ditawari kredit dari bank maka berbeda dengan wiraswasta dan freelancer. Mereka justru sering kali ditolak untuk mengajukan kredit.

Padahal salah satu agar bisa mempunyai rumah adalah dengan jalan KPR atau kredit pemilikan rumah, karena sekarang ini harga tanah maupun rumah sangat tinggi.

Lalu mengapa KPR ditolak bank, apa saja yang menyebabkan KPR yang Anda ajukan tidak diterima oleh pihak bank?

Advertisements

Jika Anda mengetahui hal ini paling tidak bisa diambil pelajaran agar Anda dapat mempersiapkan pengajuan KPR dengan lebih baik.

6 Alasan Mengapa KPR Ditolak Bank

Mengenai KPR ditolak bank, tentunya terdapat beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Berikut merupakan hal-hal yang melatarbelakangi KPR yang Anda ajukan ditolak bank;

Advertisements
  1. Jika kredit pemilikan rumah atau KPR yang Anda ajukan ditolak bank maka bisa jadi persyaratan yang Anda ajukan sebenarnya tidak memenuhi syarat. Syarat utama untuk dapat mengajukan pinjaman apapun termasuk KPR di bank adalah kecakapan hukum, yaitu seseorang yang telah mempunyai kewenangan melakukan kontrak atas namanya sendiri. Untuk itu syaratnya adalah berusia sekurang-kurangnya 21 tahun. Jadi walaupun Anda mempunyai penghasilan besar di usia muda, Anda belum diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman.
  2. Kemudian alasan KPR yang Anda ajukan ditolak bisa jadi karena dokumen yang Anda sertakan tidak lengkap. Padahal pengumpulan dokumen merupakan gerbang utama untuk verifikasi data nasabah. Bank khawatir jika pada tahap pertama saja, calon debitur tidak taat jadi akan lebih sulit untuk mempercayakan dana tersebut.
  3. Kemungkinan selanjutnya adalah karena penghasilan yang kecil. Jika penghasilan calon debitur minimal tiga kali besarnya cicilan pinjaman yang akan diajukan maka besar kemungkinan tidak akan menjadi masalah bagi pengajuan KPR. Namun jika kurang dari itu maka kemungkinan besar KPR ditolak. Jika yang mengajukan KPR adalah pasangan suami istri maka yang dihitung adalah penghasilan total suami istri tersebut. Sehingga besarnya cicilan yang dapat diajukan adalah 30-35% setiap bulannya. Sedangkan pada wiraswasta dan freelancer, maka perhitungannya sangat unik karena dihitung berdasarkan pendapatan terendah dalam satu tahun tersebut.
  4. Alasan selanjutnya jika KPR ditolak bank adalah alamat yang dicantumkan, yaitu alamat domisili dan alamat tempat kerja tidak ditemukan. Kemudian bagi wiraswasta juga dicek mengenai lokasi usahanya, jika ditemukan namun setelah diverifikasi ternyata bukan miliknya maka hal ini dapat menjadi kendala untuk pengajuan KPR.
  5. Jaminan yang tidak layak juga dapat menjadi kendala. Sudah terdapat peraturan yang mengatur tentang hal jaminan bahwa nilai jaminan untuk KPR rumah tapak di atas 70 meter persegi, nilai maksimalnya 85% dari jaminannya. Jika di luar dari ketentuan tersebut maka pengajuan pinjaman perlu ditinjau ulang.
  6. Telepon tidak dapat dihubungi, nomor telepon yang yang perlu dicantumkan dan akan diverifikasi oleh pihak bank adalah nomor telepon rumah serta kantor tempat bekerja. Anda perlu memastikan agar orang yang mengangkat telepon tersebut mengenal Anda.

Demikian informasi mengenai beberapa hal yang menyebabkan pengajuan KPR yang Anda lakukan mendapat penolakan.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan