Home Keuangan Apakah Bisa Saat Pengajuan KPR Atas Nama Istri? 2018 (Pengalaman Kami)

Apakah Bisa Saat Pengajuan KPR Atas Nama Istri? 2018 (Pengalaman Kami)

4 min read
0
0
Apakah Bisa Saat Pengajuan KPR Atas Nama Istri? (Pengalaman Kami)

KPR Atas Nama Istri – Di era sekarang ini harga tanah dan rumah semakin mahal. Kebanyakan orang membutuhkan waktu yang lama untuk dapat melakukan pembangunan rumah ataupun renovasi rumah. Salah satu yang menjadi kendala adalah dana.

Untuk masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas tentu itu bukan menjadi masalah, namun untuk masyarakat dengan ekonomi golongan menengah ke bawah tentu membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dana.

Lalu, bagaimana jika ingin melakukan proses tersebut dalam waktu yang lebih cepat? Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pinjaman.

Advertisements

Ada beberapa jenis pinjaman yang dapat anda pilih, salah satunya adalah KPR. Di Indonesia sudah mulai banyak orang yang menggunakan pinjaman tersebut.

Untuk dapat melakukan pengajuan KPR, maka anda harus menyiapkan beberapa dokumen.

Syarat Pengajuan KPR Atas Nama Istri

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus anda persiapkan ketika akan pengajuan KPR:Baca dulu Pinjaman Bank BTN Jaminan Sertifikat

  1. KTP suami serta istri (jika anda sudah menikah)
  2. Kartu keluarga (KK)
  3. Surat keterangan kerja
  4. Slip gaji
  5. SIUP
  6. NPWP
  7. Buku rekening tabungan
  8. Rekening koran
  9. Beberapa dokumen yang diminta oleh bank

Selain menyiapkan dokumen tersebut, anda juga harus memenuhi persyaratan untuk melakukan pinjaman KPR. Berikut ini adalah beberapa persyaratan tersebut:

Advertisements
  1. WNI
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Usia di bawah 50 tahun saat mengajukan KPR
  4. Bekerja sebagai pegawai tetap selama 2 tahun

Jika anda sudah memenuhi berbagai macam syarat tersebut, maka selanjutnya anda dapat melakukan pengajuan pinjaman KPR. Pengajuan pinjaman KPR dapat menggunakan nama anda sendiri atau dengan menggunakan nama orang lain. Baca Harga Gadai Ijazah di Pegadaian

Sayangnya, tidak semua nama orang dapat anda gunakan datanya untuk melakukan pengajuan pinjaman KPR, hanya beberapa orang yang memiliki hubungan vertikal yang dapat digunakan namanya untuk mengajukan KPR.

Hubungan vertikal tersebut dapat ditujukan dengan hubungan ibu dan anak, ayah dan anak, mertua dan mantu, serta beberapa hubungan lainnya.

Saat anda akan melakukan pengajuan atas nama orang lain, maka anda harus menyertakan surat pernyataan dari orang tersebut yang menyatakan bersedia untuk menjadikan namanya sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman.

Pihak Bank Indonesia mengeluarkan peraturan yang menyatakan bahwa dalam sebuah keluarga, suami dan istri tidak dapat melakukan pinjaman KPR secara bersamaan. Suami dan istri tersebut dijadikan sebagai satu debitor untuk mencegah semakin banyaknya orang yang melakukan pinjaman KPR.

Untuk itu, bagi anda yang akan melakukan pengajuan KPR atas nama istri, maka anda tidak dapat melakukannya jika anda sendiri sudah melakukan pinjaman KPR. Baca Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain

Akan tetapi hal ini masih dapat terjadi jika sebelumnya anda sudah melakukan perjanjian mengenai pemisahan harta yang kemudian disahkan oleh pihak notaris.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan