Home Panduan 5 Kelebihan Beli Emas di Pegadaian Secara Tunai

5 Kelebihan Beli Emas di Pegadaian Secara Tunai

6 min read
0
0
5 Kelebihan Beli Emas di Pegadaian Secara Tunai

Beli Emas di Pegadaian – Emas adalah salah satu investasi yang menguntungkan, sebab nilainya selalu stabil bahkan cenderung meningkat setiap tahunnya. Saat ini, emas bisa dibeli di Pegadaian. Ada 2 pilihan saat membeli emas di Pegadaian, yakni dicicil dan dibeli secara tunai.

Hmm, antara pembelian emas secara tunai dan cicil lebih menguntungkan yang mana ya? Kira-kira rugi gak ya membeli emas di pegadaian secara tunai?

Sebenarnya, membeli emas secara tunai di Pegadaian tidak rugi kok. Justru, dengan membeli emas secara tunai Anda lebih untung. Sebab tidak dikenakan biaya pembiayaan. Sedangkan kalau membeli emas secara cicilan, nantinya Anda akan dikenakan biaya sebesar 1% per bulan dari emas yang dibeli. Sebenarnya, pembelian emas secara cicilan juga menguntungkan, jika memang tidak ada uang tunai. Semuanya tergantung pada kondisi keuangan Anda.

Advertisements

Nah, sebelum Anda membeli emas di Pegadaian, sebaiknya pelajari produk investasi emas yang dimiliki oleh Pegadaian. Ada 3 jenis produk yang berkaitan dengan emas di Pegadaian. Berikut rinciannya :

  1. Mulia

Mulia adalah jenis investasi emas di Pegadaian yang melayani pembelian emas secara tunai maupun cicilan. Mulia dapat menjadi pilihan investasi emas yang aman dan mudah. Nantinya emas investasi Anda bisa dijual kembali ke Pegadaian di saat membutuhkan dana untuk pendidikan, haji, dan keperluan lainnya. Kelebihan dari Mulia adalah Anda bisa membeli emas secara individu, kelompok maupun arisan.

Jika hendak membeli emas batangan secara cicilan, Anda mesti membayar uang muka sebesar 20% dari harga emas. Besar biaya pembiayaan yang dikenakan kepada Anda per bulannya adalah 1% dari harga emas. Pilihan emas yang bisa dibeli di Pegadaian juga bervariasi, yakni mulai 5 gram sampai dengan 1 kg.

Emas tersebut dapat diangsur dalam periode 3 bulan – 36 bulan. Perlu diketahui bahwa apabila membeli emas secara tunai, maka emas dapat diperoleh pada saat itu juga. Tetapi jika pembelian emas dilakukan secara cicilan, maka emas diperoleh saat angsuran sudah selesai.

Kenapa mesti menggunakan layanan Mulia sih? Dilansir dari situs resminya, Pegadaian membeli kembali emas Anda dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga pasaran. Baca Sedang Terlilit Utang Ke Bank ? Tips Ini Mungkin Bisa Membatu

Advertisements
  1. Tabungan Emas

Berbeda dengan Mulia, di Tabungan Emas ini Anda bisa membeli sekaligus menitipkan emas yang dibeli di Pegadaian. Jadi, Anda hanya membawa buku tabungan emas untuk mengetahui jumlah tabungan emas Anda. Menabung emas di Pegadaian bisa menjadi pilihan aman untuk investasi emas.

Pembelian emasnya  juga bisa dilakukan dalam nominal yang kecil, yakni mulai berat 0,01 gram. Menabung emas ini tidak mengharuskan Anda untuk datang ke Pegadaian. Penyetoran uang untuk tabungan emas bisa melalui ATM, melalui agen pegadaian, maupun melalui aplikasi Pegadaian Digital. Mudah sekali bukan?

Apakah ada biaya yang dikenakan pada fasilitas ini? Nah, tiap tahunnya tabungan emas Anda akan dipotong sebesar Rp.30.000 untuk biaya fasilitas titipan. Jika tabungan emas tidak pernah diisi dan terus terpotong biaya tahunan hingga saldo tersisa 0,01 gram emas, maka Pegadaian akan menutup akun tabungan emas secara otomatis. Emas ini juga bisa dicetak dengan membayar biaya percetakan emas.

  1. Konsinyasi Emas

Diantara produk investasi emas di Pegadaian, Konsinyasi Emas bisa dibilang sebagai produk investasi yang paling menguntungkan. Konsinyasi Emas ini adalah layanan titip jual emas batangan. Sehingga jika ada keuntungan penjualan emas, maka keuntungan itu akan diberikan kepada nasabah. Baca Pengajuan Pinjaman Bank Tanpa Slip Gaji, Ajukan Pada 5 Bank Ini

Minimal emas yang bisa dijualkan oleh Pegadaian adalah seberat 5 gram. Maksimal masa kontrak untuk penjualan emas di Pegadaiana adalah 3 bulan. Jika sampai masa 3 bulan emas belum terjual, maka kontrak bisa diperpanjang lagi atau diputus kontraknya. Jika emas Anda terjual, maka 2 per 3 bagian keuntungan akan menjadi hak Pegadaian, sedangkan Anda memperoleh bagian 1 per 3.

Untuk mendaftar Konsinyasi Emas, siapkan saja fotokopi identitas diri seperti KTP. Syaratnya hanya itu saja. Selebihnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan konsinyasi emas dan mengisi berita acara serah terima emas.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan