Home Keuangan 4 Keuntungan Pelunasan Kredit Motor Sebelum Jatuh Tempo

4 Keuntungan Pelunasan Kredit Motor Sebelum Jatuh Tempo

4 min read
0
0
4 Keuntungan Pelunasan Kredit Motor Sebelum Jatuh Tempo

Pelunasan Kredit Motor Sebelum Jatuh Tempo – Setelah membaca judul di atas, Anda tentu tertarik untuk melakukan pelunasan di awal atau sebelum jatuh tempo.

Apalagi bagi Anda yang memiliki dana lebih, enggan untuk mengangsur setiap bulannya, atau bahkan beranggapan bahwa pelunasan kredit akan sangat menguntungkan. Tetapi pada kenyataannyapelunasan kredit motor sebelum jatuh tempo tidaklah demikian.

Anggapan yang Salah Mengenai Pelunasan Kredit Kendaraan Bermotor

Ada banyak alasan mengapa kreditor ingin segera melunasi hutang-hutangnya. Misalnya kreditor mempunyai dan lebih yang dapat digunakan untuk melunasi semua hutangnya.

Advertisements

Alasan lain yaitu kreditor ingin menghindari adanya bunga yang terus bertambah seiring dengan angsuran tiap bulannya ataupun kreditor justru enggan untuk mengangsur. Berikut adalah beberapa hal anggapan dalam masyarakat yang salah terkait pelunasan kredit kendaraan bermotor :

  • Mendapat Potongan

Beberapa kreditor beranggapan bahwa dengan melunasi kredit motornya sebelum jatuh tempo maka akan mendapatkan potongan angsuran. Baca Perhitungan Denda Angsuran FIF

Akan tetapi kenyataannya tidaklah demikian. Kreditor tetap membayar biaya angsuran penuh sesuai dengan perjanjian di awal. Jadi tidak ada bedannya dengan melakukan pelunasan setiap bulannya.

  • Mendapatkan keringanan bunga

Anggapan selanjutnya yang sering berkembang di masyarakat yaitu dengan melakukan pelunasan kredit motor sebelum jatuh tempo maka akan memperoleh keringanan bunga. Anggapan mereka tidak harus membayar bunga yang melekat pada angsuran di tiap bulannya.

Advertisements

Akan tetapi, anggapan tersebut tidaklah benar tidak ada potongan bunga sama sekali apabila Anda melakukan pelunasan di awal. Anda tetap membayar angsuran sebagaimana mestinya bahkan lebih berat karena diakumulasikan di awal.

  • Mendapatkan cashback dan hadiah lain

Selanjutnya, anggapan yang sering berkembang di masyarakat terkait pelunasan kredit kendaraan bermotor yaitu akan mendapatkan cashback atau hadiah menarik lainnya. Yang perlu Anda ketahui adalah pihak leasing tentu tidak akan memberikan cashback, maupun hadiah menarik lainnya.

Bahkan Anda perlu bersyukur apabila pihak perusahaan leasing tidak menarik biaya penalti pada Anda dikarenakan Anda telah melakukan pelunasan di awal yang merupakan pelanggaran dalam kesepakatan yang dibuat oleh Anda bersama dengan pihak Leasing.

Demikianlah beberapa anggapan yang salah dalam masyarakat terkait pelunasan kredit kendaraan bermotor sebelum jatuh temponya. Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena pihak leasing tentu tidak mau merugi.

Adanya pelunasan di awal menyebabkan pihak leasing kehilangan pelanggannya yang tentu akan berpengaruh terhadap manajerial bisnisnya. Baca KUR BRI Jaminan BPKB Motor

Maka hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap proses produksinya seperti tambahan biaya untuk mencari pelanggan yang baru maupun akan merusak rincian perencanaan dana pada bulan-bulan selanjutnya.

Jadi, pilihan terletak di tangan Anda sekarang, apakah Anda akan tetap melakukan pelunasan kredit motor sebelum jatuh tempo atau tetap mengangsurnya setiap bulan sesuai dengan perjanjian awal.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan