3 Sistem Penagihan Kredit Pintar Kepada Peminjam yang Menunggak

3 Sistem Penagihan Kredit Pintar Kepada Peminjam yang Menunggak

Diposting pada
Advertisements

Kredit Pintar merupakan salah satu perusahaan penyedia pinjaman yang banyak diminati masyarakat. Pinjaman jangka pendek yang ditawarkan menjadi solusi terbaik bagi yang membutuhkan dana cepat. Resiko banyak peminjam adalah tunggakan yang mungkin terjadi.

Oleh sebab itu, terdapat 3 sistem penagihan Kredit Pintar yang dilakukan untuk menangani masalah tunggakan pembayaran hutang.

Advertisements

3 Sistem Penagihan kepada Peminjam yang Mangkir Membayar Hutang

  1. Mengirimkan pesan peringatan

Penagihan dengan memberikan ‘peringatan’ dapat dikatakan sebagai prosedur awal yang dilakukan oleh Kredit Pintar. Cara ini masih tergolong sebagai cara penagihan yang paling halus kepada peminjam. Peringatan yang dikirimkan oleh pihak Kredit Pintar adalah berbentuk pesan singkat melalui SMS, Whatsapp, atau medium lain selama itu dapat menjangkau peminjam secara tepat.

Pesan peringatan tersebut berupa pemberitahuan mengenai sejumlah tagihan yang harus segera dilunasi. Rincian tagihan akan diberikan sebagai pengingat sekaligus penjelas. Selain itu, tenggat waktu pelunasan juga dituliskan.

Nantinya, apabila peminjam tidak kunjung memberi respons sampai melewati tempo yang diberikan, maka pihak Kredit Pintar akan mengambil langkah selanjutnya yang lebih direct.

  1. Menagih melalui telepon

Selain memberikan pesan peringatan, sistem penagihan yang dilakukan Kredit Pintar dapat dilakukan melalui panggilan telepon. Petugas akan langsung menelpon peminjam untuk memberitahukan bahwa tagihan harus segera dilunasi.

Cara ini terbilang lebih agresif dibanding mengirim pesan. Sisi positif dari penagihan lewat telepon adalah akan mendapatkan respons secara langsung dari peminjam.

Namun, masih terdapat kendala yang kerap muncul seperti nomor telepon peminjam tidak aktif sehingga sulit sekali dihubungi, dan panggilan tidak diterima oleh si peminjam secara langsung.

Apabila, panggilan diterima oleh anggota keluarganya yang lain maka tidak menjadi masalah karena setidaknya informasi mengenai penagihan dapat disampaikan kepada peminjam. Tetapi, bagaimana dengan kendala yang pertama?

Apabila nomor telepon peminjam tidak kunjung dapat dihubungi, maka akan diambil cara lain. Cara tersebut adalah menelpon nomor darurat yang sudah peminjam isi saat pertama kali mengajukan pinjaman. Nomor darurat tersebut merupakan nomor pihak keluarga peminjam atau pihak lain yang dipercaya oleh peminjam. Saat kehilangan jejak peminjam, nomor darurat dapat dimanfaatkan.

Alasan lain untuk menggunakan nomor darurat antara lain:

  1. a) peminjam mengabaikan pesan peringatan hutang, dan sama sekali tidak menunjukkan sikap yang kooperatif
  2. b) peminjam selalu mangkir dari tagihan, dan tidak memberikan respons yang patut kepada tim penagih
  3. c) saat pihak Kredit Pintar akan menempuh jalur hukum untuk melakukan penagihan

Mendatangi rumah peminjam

Sistem penagihan lainnya yang dilakukan oleh Kredit Pintar adalah dengan mendatangi rumah peminjam. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan respons dari peminjam secara lebih cepat dan jelas. Sebenarnya tidak hanya rumah, tim penagih dapat pula mendatangi peminjam di lokasi mana pun dia berada. Penagihan hutang akan dilakukan secara langsung di lokasi tersebut.

Apabila peminjam tetap tidak dapat ditemui secara langsung karena keberadaannya menghilang, maka tim penagih akan memanfaatkan nomor darurat untuk menggali informasi mengenai peminjam dari keluarga atau kerabat lainnya. Saat masih juga susah dilacak, maka pihak Kredit Pintar akan melakukan cara lain sampai peminjam terlacak dan membayar hutang-hutangnya.

Sistem penagihan tersebut dilakukan oleh Kredit Pintar saat peminjam tidak mampu melunasi hutang. Tim penagih akan memilih cara yang paling tepat karena tiap-tiap peminjam memiliki riwayat tunggakan dan perilaku yang berbeda-beda. Dari cara yang masih terbilang halus yaitu mengirim pesan peringatan hingga cara keras yang sudah merambah jalur hukum.

IKUTI KAMI DI YOUTUBE

Tinggalkan Balasan