Home Panduan Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Secara Online 2018

Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Secara Online 2018

4 min read
0
0
Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Karena Meninggal Dunia Secara Online

Sebenarnya ada beberapa alasan untuk menonaktifkan BPJS Kesehatan, namun sebenarnya bukan nonaktif secara menyeluruh tapi hanya sementara saja.

Menurut keputusan presiden kepesertaan BPJS Kesehatan tidak bisa dinonaktifkan kecuali peserta BPJS tersebut meninggal dunia.

Apabila peserta meninggal dunia bisa langsung dihapuskan atau dinonaktifkan selama keluarga langsung melaporkan dan menonaktifkannya.

Disarankan untuk segera melaporkannya ke kantor BPJS Kesehatan terdekat karena bila terlalu lama maka tagihan akan tetap muncul.

Apabila tagihan tersebut tidak dibayar maka peserta yang masih satu kartu keluarga juga tidak bisa menggunakan jasa dari BPJS Kesehatan itu.

Jadi lebih baik bila langsung melaporkan ke kantor BPJS terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Bisakah Menonaktifkan BPJS Kesehatan Secara Online?

Kepesertaan BPJS kesehatan sebenarnya sangatlah menguntungkan karena apapun penyakitnya dan apapun tindakan medisnya semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Karena ini merupakan lembaga milik negara, maka tujuan dari lembaga ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Lembaga ini dibangun dengan tujuan supaya seluruh masyarakat Indonesia memiliki jaminan kesehatan, maksudnya adalah supaya seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pengobatan yang layak bila menderita sakit.

Karena tujuannya yang bisa dikatakan berat maka sistem dari BPJS Kesehatan sangat berbeda dengan asuransi, sebab sistemnya adalah subsidi silang antara yang sakit dengan yang tidak sakit. Jadi yang sakit akan dibiayai oleh iuran peserta BPJS Kesehatan yang sehat.

Meskipun menuai pro dan kontra, nampaknya BPJS Kesehatan ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia terutama masyarakat miskin menengah.

Tentunya di sini rakyat miskin jadi bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan untuk mengobati penyakitnya sehingga tujuan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia bisa tercapai.

Kepesertaan BPJS Kesehatan adalah seumur hidup, sehingga menonaktifkan BPJS kesehatan tidak bisa dilakukan kecuali peserta tersebut meninggal dunia.

Sistem kerja dari BPJS Kesehatan pun sangatlah berbeda dengan asuransi, karena iuran yang dibayarkan tidak akan bisa ditarik kembali.

Akan tetapi sebenarnya selama terdaftar dalam BPJS Kesehatan dan rutin membayar iuran, maka sakit apapun dan kapanpun juga sudah terjamin oleh BPJS Kesehatan.

Sekarang ini BPJS Kesehatan sudah menghadirkan beberapa pembaruan yang bisa memudahkan orang untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan karena memang lembaga negara ini menargetkan seluruh warga negara Indonesia menjadi pesertanya.

Hal ini dilakukan supaya tujuan dibangunnya lembaga ini yaitu menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia bisa tercapai.

Untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan sebenarnya sangatlah mudah, bahkan sekarang ini sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi yang ada di Android ataupun IOS.

Akan tetapi untuk menonaktifkan BPJS Kesehatan belum bisa dilakukan secara online, jadi harus datang ke kantor BPJS dengan membawa semua persyaratannya.

Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *